Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Katanya Suka, Kenapa Gebetan Malah Bersikap Menjauh? Ini Alasannya!

Sikap laki-laki memang kadang suka membingungkan

Elga Windasari

Perempuan sering disebut memiliki sifat yang labil oleh para laki-laki. Padahal, laki-laki juga kadang sama anehnya dengan perempuan. Banyak tindakan laki-laki yang bisa membuat perempuan bertanya-tanya.

Misalnya saja saat melakukan PDKT. Apakah kamu pernah merasa si gebetan justru menjauh setelah memberikan sinyal suka padamu? Rasanya tidak masuk akal dan tidak sejalan dengan sinyal yang dia berikan.

Kamu memang tidak akan tahu alasan sebenarnya sampai bertanya langsung pada gebetan. Namun, beberapa pakar di bawah ini memiliki beberapa alasan yang membuat gebetan menjauh, padahal dia menyukaimu.

1. Dia sadar tidak ingin hubungan serius

Pexels.com/Min An

Jika laki-laki yang sebelumnya mendekatimu, tetapi tidak lama kemudian bersikap menghindar, bisa jadi karena dia sadar tidak ingin sesuatu yang serius dan kamu bukan tipe yang seperti itu.

Jadi agar adil bagimu, dia memutuskan untuk menjauh agar perasaannya atau kamu tidak kebablasan. Dia bisa saja memberi tahu apa yang dirasakannya, tetapi dia takut hal itu bisa membuatmu lebih merasa sakit hati.

2. Dia sebenarnya sudah punya pasangan

pexels.com/ron lach

Ada laki-laki yang memang senang menggoda perempuan lain yang bukan pasangannya. Tidak jarang, hal itu membuat si laki-laki jadi benar-benar menyukai perempuan yang digodanya (baca: kamu).

Nah, laki-laki yang jantan justru akan menjauh setelah dia menyadari perasaannya tersebut. Ini dia lakukan karena tidak ingin menyakiti perasaan pasangan dan juga dirimu. Jadi, meskipun terlihat seperti orang jahat bagimu, tetapi sebenarnya dia adalah orang baik.

3. Dia mengira kamu sudah punya pasangan

Pexels.com/Mart Production

Tidak sedikit laki-laki yang tiba-tiba merasa minder saat mendekati perempuan. Melihat kamu yang “sempurna” di matanya, dia mungkin menganggap kamu sudah punya pacar. Di pikirannya, tidak mungkin orang “sesempurna” dirimu tidak memiliki pasangan.

Karena dia tidak ingin membuatmu merasa tidak nyaman, maka dia memutuskan untuk menjauh tanpa mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu.

4. Dia pemalu

Freepik.com

Laki-laki yang pemalu akan menjauh dari orang yang disukainya karena bisa membuatnya merasa gelisah. Dia ingin berada di dekatmu, tetapi terlalu malu untuk melakukan apa yang sebenarnya dia inginkan.

Perasaan malu itu membuatnya frustasi sehingga dia mengambil jalan paling mudah, menjauh dari dirimu.

5. Dia mungkin takut

unsplash.com/Alexander Popov

“Ketika seorang laki-laki menyukaimu, dia bisa tampak jauh secara emosional, tetapi dekat secara fisik denganmu. Dia mungkin takut tidak cukup baik untukmu, takut menyatakan bagaimana perasaannya dan ditolak olehmu, dan bahkan mungkin takut kamu menyukainya kembali,” jelas pelatih hidup dan hubungan, Ann Papayotis. 

Faktanya, jatuh cinta bisa menjadi hal yang menakutkan bagi seorang laki-laki. Semua rasa takut tersebut akan mencuri kepercayaan dirinya dan menahannya untuk tidak berkomunikasi secara terbuka denganmu.

6. Dia merasa dirinya tidak sebanding denganmu

pexels.com/cottonbro-studio

Ini sebenarnya adalah masalah kepercayaan diri si laki-laki. Dia tidak berpikir layak mendapatkan rasa suka dan cintamu. Padahal ini tidak benar karena, tentu saja, semua orang layak untuk disukai dan dicintai.

Jika kamu juga menyukainya, tidak ada salahnya jika kamu meyakinkan gebetan kalau dia pantas mendapatkan dirimu.

7. Dia berpikir kamu tidak menyukainya

Pexels.com/Trinity Kubassek

Pada dasarnya, laki-laki tidak suka penolakan dan jika merasa akan ditolak, dia akan menghindarinya. Jika dia berpikir kamu tidak menyukainya, dia mungkin tidak akan terlalu sering berada di dekatmu, bahkan jika dia menyukaimu.

8. Tiba-tiba hidupnya semakin sibuk

Pexels.com/Christina Morillo

Cinta memang kadang datang di saat yang tidak tepat. Mungkin saat pertama mendekatimu, gebetan belum bekerja dan sedang mencari pekerjaan. Lalu, dia tiba-tiba mendapatkan pekerjaan yang menyita waktu dan perhatiannya. Tentu saja hal itu membuatnya jadi menjauh darimu.

Jika ini yang terjadi, cobalah untuk tidak tersinggung. Dia mungkin memang menyukainya, hanya saja tidak ada waktu untuk menjalin hubungan.

9. Dia mungkin pernah terluka di masa lalu

unsplash.com/Kelly Sikkema

Luka masa lalu bisa membuat seseorang jadi takut berhubungan kembali. Namun, rasa suka tidak bisa dihindari. Jadi, saat gebetan mulai merasa suka padamu, bisa saja dia tiba-tiba teringat dengan lukanya di masa lalu. Hal itu bisa membuatnya jadi bersikap menjauh.

Dia juga mungkin masih dalam masa penyembuhan dari luka tersebut. Jadi, meskipun merasakan perasaan untukmu, dia tidak yakin atau siap untuk kembali memiliki hubungan romantis.

10. Dia tidak ingin orang lain tahu

moneypebbles.com

Tidak seperti perempuan yang mudah menceritakan perasaannya, tidak semua laki-laki ingin orang tahu saat dirinya menyukai orang lain. Saat gebetan suka padamu, dia mungkin tidak ingin ada orang yang tahu. Itulah mengapa dia akan bersikap jauh di sekitarmu.

Apalagi jika dia memiliki teman-teman yang tidak dewasa dan menggodanya tentang perasaannya. Karena dia tidak ingin selalu digoda, dia jadi justru menjauhimu.

Itulah beberapa alasan yang membuat gebetan bersikap menjauh, meski sebenarnya suka padamu. Cinta itu memang rumit dan memerlukan usaha. Jadi, jika kalian saling menyukai, jangan ragu untuk mendekatinya juga ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating