Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Doa Saat Merindukan Seseorang yang Disayang

Insya Allah rindu dapat terobati

Citra Purnamasari

Tidak bisa dipungkiri, ketika kita jauh dengan seseorang yang dicintai pastinya perasaan rindu kerap menghampiri. Tak hanya pada pasangan, jarak yang memisahkan antara kita dengan keluarga atau sahabat, juga akan menumbuhkan rasa rindu yang kadang menyiksa.

Kemampuan yang terbatas, jarak yang jauh, dan waktu yang tersita menyulitkan kita untuk melepas rindu dengan orang-orang yang disayang. Namun, daripada terus menerus tersiksa karena perasaan rindu yang tidak terobati, cobalah amalkan doa-doa berikut ini supaya setidaknya, perasaanmu jadi lebih tenang.

1. Membaca Surat Thaha Ayat 39

muslimmatters.org

Surat Thaha ayat 39 dapat menjadi doa saat merindukan seseorang yang disayang. Selain itu, dianjurkan juga untuk membaca doa ini setelah melaksanakan ibadah solat lima waktu. Jangan lupa juga untuk memperkuat rasa ikhlas dan tulus ketika mengamalkan doa satu ini.

…..wa alqaitu 'alaika mahabbatam minni, wa litusna'a 'ala 'aini

Artinya:

“Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku, dan supaya kamu di asuh atas pengawasan-Ku.”

2. Membaca Surat Yusuf Ayat 4

learnreligions.com

Tidak hanya diamalkan untuk mengobati rasa rindu, banyak yang mengatakan bahwa Surat Yusuf ayat 4 ini juga dapat mempermudah seseorang untuk mendapatkan jodoh. Jadi, tak ada salahnya untuk mengamalkan doa satu ini.

Iz qala yusufu li'abihi ya abati inni ra'aitu ahada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra'aituhum li sajidin

Artinya:

“Ingatlah, ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan. Aku melihat semuanya bersujud kepadaku.”

3. Membaca Aurat Al-Fatihah

pexels.com/Rodnae Productions

Surat Al-Fatihah merupakan salah satu doa dengan banyak manfaat. Kamu mungkin belum mengtahui ini, tapi mengamalkan surat ini dapat mendatangkan banyak keberkahan dan kebaikan. Salah satunya adalah mengobati perasaan rindu.

Bismillahir-rahmanir-rahim, al-hamdu lillahi rabbil-'alamin, ar-rahmanir-rahim, maliki yaumid-din, iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in, ihdinas-siratal-mustaqim, siratallazina an'amta 'alaihim gairil-magdubi 'alaihim wa lad-dallin

Artinya:

“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam, yang Maha Pengasih Maha Penyayang, Pemilik hari pembalasan, hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat kepadanya, bukan jalan mereka yang dimurkai, juga bukan jalan mereka yang sesat.”

4. Membaca Aurat Al-Baqarah Ayat 165

Pixabay.com/8499117

Doa saat merindukan seseorang yang disayang berikutnya adalah Surat Al-Baqarah ayat 165. Kamu dapat mengamalkan ini juga saat sedang sedih dan galau, InsyaAllah perasaanmu akan jadi lebih baik.

…Yuhibbunahum kahubbillah wallazina amanu asyaddu hubbal lillahi

Artinya:

“Mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yg beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah.”

5. Membaca Surat Al-Imran Ayat 14

Freepik.com

Doa saat merindukan seseorang yang kelima terdapat pada Surat Al-Imran ayat 14. Setelah membaca doa satu ini Insya Allah perasaanmu akan jadi lebih tenang dan tentram.

Zuyyina lin-nasi hubbusy-syahawati minan-nisa'i wal-banina wal-qanatiril-muqantarati minaz-zahabi wal-fiddati wal-khailil-musawwamati wal-an'ami wal-hars, zalika mata'ul-hayatid-dun-ya, wallahu 'indahu husnul-ma'ab

Artinya:

“Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu; perempuan-perempuan, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (surga).”

6. Belajar mencintai karena Allah SWT

Freepik.com

Tidak hanya sekedar memanjatkan doa, kita juga harus mengingat hal-hal penting lain, salah satunya adalah belajar mencintai seseorang karena Allah SWT. Ketika kita mencintai seseorang karena Allah maka kita akan diliputi perasaan tenang dan bahagia.

7. Amalkan doa dengan baik dan benar

freepik.com/freepik

Bukan hanya mengucap doa, pastikan hatimu juga tulus ketika mengamalkan berbagai doa di atas. Jangan lupa juga untuk tetap istiqomah dan yakinlah kepada Allah SWT. Doa juga merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan Sang Pencipta, jadi kamu juga harus khusyuk dan yakin.

Itulah beberapa doa saat merindukan seseorang yang disayang. Semoga artikel ini dapat membantumu mengobati perasaan rindu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Dating