Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Awas Red Flags, Ini 7 Ciri-ciri Pasangan yang Tidak Menghargaimu

Bisa menjadi pertanda untuk mengakhiri hubungan

Citra Purnamasari

Memilih pasangan hidup jelas tidak boleh asal-asalan. Pendamping hidupmu kelak, akan memengaruhi banyak aspek kehidupan yang kamu miliki termasuk kesehatan mental.

Bukan tak mungkin, kamu akan tersiksa secara batin karena perlakuan atau ucapan pasangan. Salah satu indikasinya adalah ketika pasangan tidak menghargaimu. Bahkan, saking seringnya tidak dihargai dan diperlakukan buruk justru membuatmu mempertanyakan apa yang salah dengan dirimu sendiri.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui ciri-cirinya dan jadikan tanda bahwa hubungan yang kamu jalani sudah tidak sehat lagi.

1. Melihat kerentananmu sebagai sebuah kelemahan

https://www.pexels.com/@katerina-holmes

"Masa gitu aja gak bisa sih?" atau "Makanya harus kuat dong, jangan gampang sakit!". Kalimat tersebut mungkin terdengar sepele, tapi sebenarnya menyakitkan hati.

Kemampuan manusia tentu ada batasnya dan sudah sewajarnya kita memiliki ketakutan atau kelemahan terhadap sesuatu. Jelas tidak bijak, jika pasanganmu justru menjadikan ketakutanmu sebagai sebuah kelemahan. Bahkan ada juga yang menjadikan kondisi rentanmu sebagai sebuah lelucon.

Tak bisa dipungkiri, hal seperti ini akan terus terjadi dan makin parah bahkan jika sampai hubungan kalian menuju jenjang yang lebih serius.

2. Membandingkanmu dengan orang lain

Freepik.com/Freepik

"Lihat deh si ‘A’ udah cantik, pinter masak lagi".

Membandingkanmu dengan orang lain juga jadi pertanda bahwa pasangan tidak bisa menghargaimu. Kalimat seperti ini tentu akan membuatmu merasa kurang dan tidak baik sebagai seseorang.

Kepercayaan diri dan rasa cintamu pada diri sendiri pun akan terus turun karena perkataan pasangan yang membandingkan dirimu dengan orang lain.

3. Membandingkanmu dengan dirimu yang dulu

Pexels

Tak hanya membandingkan dirimu dengan orang lain, membandingkanmu dengan versi lama dari dirimu juga menandakan bahwa dia tidak bisa menghargaimu.

Manusia tentu berubah, termasuk kamu dan termasuk dia. Jika pasangan tidak bisa menghargai perubahan itu maka kamu jelas bisa pergi.

Apalagi, jika pasangan membahas versi lamamu yang tidak kamu banggakan, justru luka masa lalu bisa terbuka kembali.

4. Tidak bersimpati dengan masalahmu

Freepik/azrbaijan_stocker

Tidak peduli dengan kondisi sulitmu atau mengabaikan ketika kamu sedang berkeluh kesah?

Sikap ini juga bisa menjadi ciri bahwa dia tidak menghargaimu. Hubungan percintaan haruslah dilandasi dengan kasih sayang dan kepedulian. Tapi jika dia tidak bisa menunjukkan rasa peduli ketika kamu dilanda masalah, berarti ada yang salah dengan dia, bukan kamu.

Apalagi jika dia mengeluarkan kalimat, "Kamu aja yang berlebihan", dan berhasil membuatmu ragu dengan masalahmu sendiri, tentu bisa jadi red flags dalam hubungan, lho, Bela.

Masalah dan perasaanmu itu valid, jadi jangan sampai dia membuatmu berpikir sebaliknya ya!

5. Tidak mendukung mimpi dan passion-mu

pexels.com

Jika pasangan tidak mendukung minat dan mimpimu jelas dia tidak menghargai dirimu. Pasangan seharusnya memberikan dukungan pada setiap cita-cita positif yang kita punya, tapi ketika dia sudah meremehkanmu dan membuatmu ragu dengan potensimu, jelas dia bukanlah seseorang yang baik buatmu.

6. Dia membuatmu merasa ‘kecil’

Pexels.com/Kay Jayne

Merendahkanmu dan membuatmu mempertanyakan ‘nilai’ yang kamu punya, jelas merupakan tanda bahwa dia tak bisa menghargaimu.

Kamu bisa mengetahuinya ketika mengobrol berdua. Apakah dia terlihat tidak antusias? Apakah dia malas menanggapi pembicaraan? Apakah ada kalimat sarkasme yang merendahkanmu?

Jika iya, maka ini merupakan tanda bahwa hubungan yang dijalani sudah tidak sehat lagi. Kamu tentu tidak mau, kan, merasa kecil seumur hidupmu? Yuk, cari pasangan hidup yang bisa menghargai dan menjagamu!

7. Membuatmu ragu akan dirimu sendiri

Pexels.com/Rodnae Productions

Ketika dia merendahkanmu tentu pada akhirnya kamu akan ragu pada dirimu sendiri. Ini adalah situasi yang berbahaya, bisa-bisa kamu tidak merasa cukup baik bahkan mengubur potensi yang kamu miliki.

Memiliki pasangan yang memperlakukanmu seperti ini jelas akan menghambat kesuksesanmu, lho. Bahkan, kesehatan mentalmu juga bisa terganggu, jadi segera akhiri, ya!

Saling menghargai jelas dapat menjadi ciri bahwa hubungan yang kamu jalani itu sehat dan baik. Jika pasangan sudah tidak bisa menghargai dan membuatmu merasa kecil, sudah waktunya untuk mengakhiri hubungan dan mencari seseorang yang lebih pantas buatmu. Semoga kamu bisa menemukan seseorang itu, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating