Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Alasan Pelukan Rindu Ampuh Atasi Rasa Kangen pada Seseorang

Apa saja?

Astri Amalia

Pelukan mungkin merupakan tindakan kasih sayang universal yang sederhana, tapi memiliki kekuatan besar dalam meningkatkan suasana hati, hingga menjadi salah satu ‘obat’ ampuh untuk melepaskan rasa rindu. Nggak jarang saat kita bertemu dengan orang yang dirindukan, kita secara otomatis memeluk orang tersebut. Lantas, kira-kira kenapa ya, Bela kita cenderung memeluk orang lain saat merasa rindu?

Pelukan rindu untuk mengatasi rasa kangen

pexels.com/cottobro studio

Faktanya, ada beberapa manfaat pelukan bagi kesehatan yang dapat berdampak positif, baik secara emosional maupun fisik. Jika ditinjau dari aspek psikologis, berpelukan memiliki efek relaksasi yang mampu menghantarkan perasaan nyaman dan kehangatan, hingga dapat membantu kita melepaskan rindu. Berikut beberapa alasan mengapa pelukan rindu adalah cara yang ampuh untuk melepas kangen dengan orang lain.

1. Bentuk komunikasi lain untuk menyampaikan kerinduan

Freepik.com/Freepik

Mengutip laman Sheba Global, pelukan dapat memberikan keuntungan pada semua jenis hubungan. Mengapa demikian? Sebab berpelukan merupakan bentuk komunikasi lain untuk menyampaikan pesan dan perasaan yang terkadang nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Jadi, sangat wajar, Bela, ketika kita kangen dengan seseorang hal yang pertama kita lakukan adalah memeluknya.

Di samping itu, menurut seorang ahli saraf integratif, Ilene Ruhoy, MD., Ph.D., disebutkan bahwa pelukan mampu meningkatkan kedekatan antar manusia dan mempererat hubungan dengan orang lain. Ini disebabkan pada hormon oksitosin yang dilepaskan oleh tubuh saat berpelukan yang membantu kita menjalin ikatan yang dekat dengan orang lain.

2. Menandakan bahwa kamu nggak sendirian

pexels.com/cottonbro studio

Pelukan dianggap menjadi salah satu sinyal paling jelas bahwa kamu nggak sendirian. Yup, dikutip dari laman UVA Today, ketika seseorang menempelkan tubuhnya ke tubuhmu, otak akan menangkap sinyal bahwa kamu sedang bersama dengan seseorang.

Ini didasarkan pada anggapan bahwa kesendirian bagi manusia terasa bak kesengsaraan. Karena sebagai manusia, kita adalah makhluk sosial yang sangat senang mencari sinyal sumber daya sosial di sekitar kita, dan ketika kita menyentuh bahkan memeluk seseorang, sinyal itu akan terpancar sangat kuat.

Berpelukan akan mengingatkan otak agar kita nggak perlu merasa terancam ataupun takut pada dunia. Maka dari itu, ketika kita akhirnya bertemu sosok yang kita rindukan dan memeluknya, sering kali tercipta perasaan aman dan nyaman.

3. Menciptakan perasaan bahagia

pexels.com

Berpelukan juga mampu menciptakan perasaan tenang, rileks, dan bahagia. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat berpelukan, hormon oksitosin atau hormon cinta akan dilepaskan oleh tubuh yang mampu membuat kita merasa bahagia.

Di samping memberikan perasaan rileks, oksitosin pun memberikan beragam manfaat kesehatan untuk tubuh, di antaranya meningkatkan penyembuhan luka, mengurangi peradangan, hingga menghilangkan stres.

4. Mengurangi rasa kesepian

Pexels.com/Muhammad Lutfy

Rasa kesepian yang timbul saat kita merindukan seseorang memang sangat menyiksa ya, Bela. Itulah mengapa mendapat satu pelukan dari orang yang dirindukan akan sangat berarti dan terasa menenangkan. Dalam sebuah penelitian, dijelaskan bahwa pelukan memang efektif menghilangkan perasaan kesepian yang dirasakan seseorang, serta beberapa efek fisik yang berbahaya dari stres, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Pelukan dan persetujuan

Shutterstock/paulaphoto

Faktanya, nggak semua orang nyaman dengan sentuhan fisik. Meskipun pelukan rindu bisa bantu atasi rasa kangen, tapi persetujuan dari orang yang kamu peluk adalah hal yang nggak boleh diabaikan. Ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu, apakah dia nyaman untuk dipeluk ataukah tidak. Jika jawabannya iya, silahkan untuk memberikannya pelukan hangat. Akan tetapi jika jawabannya tidak, utarakan kerinduanmu itu lewat kata-kata saja ya, Bela.

Jadi itulah 4 alasan pelukan mampu atasi rasa rindu. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya.

IDN Media Channels

Latest from Dating