Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Alasan Berkencan di Usia 30-an Lebih Baik daripada Usia 20-an

Nggak akan ada banyak drama!

Astri Amalia

Banyak yang mengatakan bahwa usia 20-an merupakan fase kehidupan yang paling buruk. Pada rentang usia ini, sering kali terjadi perubahan dan penyesuaian, nggak heran deh kalau hidup di usia 20-an rasanya seperti menaiki wahana roller coaster. Namun, ketika kamu memasuki usia 30-an, kehidupanmu diperkirakan akan relatif lebih stabil dibandingkan fase kehidupan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan, pada usia 30-an, kamu semakin punya banyak pengetahuan mengenai kehidupan dan bagaimana kamu belajar dari pengalaman hidupmu tersebut, serta pemikiranmu pun akan jauh lebih dewasa. Termasuk pemikiranmu soal berkencan. Bukan nggak mungkin bahwa berkencan di usia 30-an akan terasa lebih baik dibandingkan usia 20-an.

Nah, di bawah ini Popbela sudah merangkum 15 alasan mengapa berkencan di usia 30-an lebih baik daripada usia 20-an, yang dilansir dari BOLDE. Simak artikelnya sampai selesai, ya!

1. Kamu nggak lagi menolerir omong kosong

Pexels.com/Vera Arsic

Di usia 30-an, kamu tahu nilai dirimu dan kamu nggak akan membiarkan siapa pun menghalangimu menjadi diri sendiri. Saat kamu menyadari bahwa seseorang melakukan perilaku gaslighting, atau menunjukkan perilaku narsistik, kamu akan secara cepat meninggalkan mereka.

2. Kamu paham apa yang kamu inginkan

Pexels.com/juan mendez

Di usia 20-an, kemungkinan besar kamu masih mencari tahu apa yang ingin kamu lakukan dengan hidupmu, termasuk tipe orang yang ingin kamu kencani. Di sisi lain, berkencan di usia 30-an akan terasa jauh lebih damai, karena kamu sangat paham intensimu dalam berkencan dan tentang hal-hal yang dapat kamu toleransi dalam diri pasangan, serta hal-hal yang tidak dapat kamu toleransi.

3. Kamu mampu melihat red flag, bahkan dari kejauhan

pexels.com/timur-weber

Di usia 20-an, kamu mungkin beberapa kali mengabaikan red flag atau tanda bahaya. Kamu bahkan tidak tahu cara mengenali tanda bahaya dalam diri seseorang. Namun, ketika kamu berkencan di usia 30-an, kamu akan lebih bijaksana, berpengetahuan lebih luas, dan dapat dengan cepat menyadari tanda bahaya. Dengan demikian, kamu cenderung nggak akan terjebak dalam hubungan yang toxic.

4. Kamu belajar banyak dari kesalahanmu

Pexels.com/picjumbo.com

Pada saat kamu mencapai usia 30, kamu mungkin telah mempelajari banyak pelajaran berharga di masa lalu. Maka dari itu, saat berkencan di usia 30-an, kamu akan lebih berhati-hati untuk nggak mengulangi kesalahan yang kamu buat di usia 20-an.

5. Kamu akan memilih sosok pasangan yang lebih “berbobot”

Pexels.com/Andre Furtado

Di usia 20-an, mungkin kamu akan cenderung puas dengan siapa pun yang menunjukkan minat padamu, atau setidaknya kamu mencoba berkencan dengan seseorang, walaupun kamu tahu hubungan tersebut nggak akan bertahan lama. Tetapi di usia 30-an, kamu akan sangat peduli dengan seberapa berkualitasnya sosok pasanganmu. Saat kamu merasa ada ketidakcocokan, kamu akan meninggalkan orang tersebut dan mencari yang lebih baik.

6. Kamu nggak takut sendirian

Pexels.com/Garon Piceli

Apakah kamu pernah berkencan dengan seseorang hanya karena semua orang terdekatmu berkencan, dan kamu nggak mau tertinggal? Pada usia 30-an, kemungkinan besar kamu nggak akan melakukan hal itu lagi. Karena faktanya, di usia 30-an kamu akan menghargai waktu kesendirianmu. Bukan nggak mungkin kalau kamu akan memilih untuk melajang, daripada terjebak dalam hubungan yang nggak membahagiakan.

7. Kamu menghadapi putus cinta dengan lebih baik

Unsplash.com/Kelly Sikkema

Di usia 30-an, kemungkinan besar kamu dapat menangani rasa sakit hati karena putus cinta dengan cara yang lebih baik. Setelah kamu putus dengan seseorang, kamu akan tetap membutuhkan waktu untuk pulih, namun kamu akan jauh lebih mampu melanjutkan hidupmu dengan penuh percaya diri.

8. Kamu nggak menunggu seseorang untuk berubah

Pexels.com/RODNAE Productions

Di usia 30-an, kamu sudah paham betul bahwa kamu nggak bisa mengubah siapa pun, termasuk dengan mengubah pasangan. Karena, dia sendiri yang harus benar-benar sadar untuk mengubah dirinya.

9. Kamu sadar bahwa kebahagiaanmu adalah prioritas utama

Pexels.com/Lucas Guimarães

Pada akhirnya, di usia 30-an kamu akan menyadari bahwa mengorbankan kebahagiaanmu sendiri demi orang lain di masa lalu adalah omong kosong belaka. Di usia ini, jika pasanganmu merusak kebahagiaanmu, kamu akan langsung membiarkan dia untuk pergi dari hidupmu.

10. Kamu akan sangat menghargai kesehatan mentalmu

pexels.com/andrea piacquadio

Menangisi seseorang yang tidak peduli dengan kesehatan mental kamu hanyalah kenangan di masa lalu. Di usia 30-an, kemungkinan besar kamu nggak akan mengulangi hal tersebut. Saat kamu berkencan di usia 30-an, kamu akan jauh lebih menghargai kesehatan mentalmu dan menghindari segala hal yang dapat mengancam kedamaian hidupmu.

11. Kamu punya niat yang jauh lebih jelas saat berada di dalam hubungan

pexels.com/andie-venzl-2418920

Saat berkencan di usia 30-an, kamu akan jauh lebih paham tentang niatmu berada di dalam suatu hubungan. Karena kamu sudah lebih paham tentang niatmu di dalam hubungan, otomatis kamu pun nggak merasa takut untuk bertanya pertanyaan yang sulit pada pasangan, seperti, "apa tujuan kita sebenarnya di dalam hubungan ini?".

12. Kamu menangani konflik dengan lebih baik

Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Konflik adalah hal yang nggak akan terpisahkan dari setiap hubungan. Meskipun demikian, kamu akan jauh lebih mudah menanganinya di usia 30-an. Saat marah, kamu tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Kamu juga akan memilih meluangkan waktu untuk menenangkan diri, sebelum menangani masalah di dalam hubunganmu.

13. Kamu membuat keputusan yang tegas

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Berkencan di usia 30-an akan terasa lebih manis dan lebih damai karena kamu tahu bagaimana membuat keputusan secara lebih tegas. Bahkan, kamu nggak akan terpengaruh pendapat temanmu lagi saat menentukan pilihan terbaik bagi hidupmu, tidak seperti saat kamu berusia 20-an.

14. Kamu mampu mengungkapkan kebutuhanmu dengan berani

Pexels.com/Moose Photos

Di usia 20-an, mengekspresikan diri mungkin menjadi hal yang sangat sulit. Terkadang, kamu harus diam untuk menghindari konflik, atau untuk menenangkan ego seseorang. Tetapi di usia 30-an, kamu mampu mengungkapkan pikiranmu dengan berani. Jika seseorang nggak bisa menerimanya dengan baik, kamu paham bahwa itu merupakan tanggung jawab pribadinya.

15. Kamu nggak ambil pusing dengan apa yang orang lain pikirkan

Pexels.com/Miguel Arcanjo Saddi

Hal terbaik tentang berkencan di usia 30-an adalah kamu nggak perlu memalsukan dirimu sendiri agar dapat dicintai. Pada usia ini, kamu akan merasa baik-baik saja menjadi diri sendiri dan membiarkan semesta menyesuaikan. Kamu juga nggak akan peduli lagi jika ada orang yang nggak menyukai bentuk tubuh, warna kulit, atau hal lain yang ada pada dirimu.

Nah, jadi itulah beberapa alasan mengapa berkencan di usia 30-an lebih baik daripada usia 20-an. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating