Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tips Menolak Cowok yang PDKT Denganmu Tanpa Harus Menyakitinya

Baca dulu sebelum menolak si dia.

Anisya Fitrianti

Menolak cinta seseorang tentu jadi hal yang nggak mudah dilakukan. Terutama bagi kamu si pemilik sifat 'nggak enakan'. Ketika menolak perasaan seseorang, kadang terbersit di pikiran bahwa kita telah menyakiti orang tersebut atau membuat mereka kesal. Sehingga sebagian orang merasa kesusahan untuk menolak perasaan orang yang mendekatinya. 

Nggak jarang, mereka juga berkelit atau melakukan banyak kebohongan untuk menolak perasaan seseorang karena takut menyakitinya. Padahal menolak adalah hak kita lho, Bela. 

Dalam kondisi PDKT atau hubungan asmara sebenarnya penolakan adalah hal yang sah-sah saja di lakukan. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara menolak pria yang mendekatimmu, kamu perlu simak tips-tips di bawah ini! 

1. Utarakan dengan cara yang simpel.

freepik.com/nensuria

Ketika kamu ingin menolak seorang pria, cobalah untuk melakukannya tanpa berbelit-belit. Kamu bisa menjelaskannyadengan satu kalimat tegas seperti "Maaf, aku sebenarnya nggak tertarik untuk menjalani hubungan yang lebih jauh" . Dengan sikap yang tegas, si dia juga akan lebih mudah memahami maksudmu. 

2. Kamu nggak wajib menjelaskan.

Pexels.com/Ira Dulger

Sebagian orang mungkin merasa penasaaran ketika ditolak. Namun, kamu sebagai orang yang menolak sebenarnya nggak punya kewajiban untuk menjelaskan hal tersebut. Terutama bila PDKT ini masih terjadi di awal, misalnya saat kenalan. Kamu nggak perlu menjelaskan panjang lebar kalau kamu tidak tertarik dengan pendekatan yang dilakukan. 

3. Bicara dengan jelas.

https://www.freepik.com/svetlanasokolova

Terlepas dari kamu akan menolaknya secara langsung atau melalui pesan singkat, kamu perlu memastikan kalau kamu menggunakan pemilihan kata yang jelas, ya, Bela. Dengan begitu maksud kamu terungkap secara jelas. Misalnya, kamu bisa jelaskan bahwa kamu nggak merasa ada 'klik' dengannya.

4. Pastikan kamu berani bilang 'tidak'.

freepik.com

Ketika kamu menolak seseorang, terkadang orang tersebut nggak mudah menyerah dan terus mendekatimu. Kalau hal ini terjadi, kamu harus berani untuk bilang 'tidak' pada orang tersebut. 

5. Tetap hormati dia.

https://www.pexels.com/@tim-douglas

Tips lain untuk menolak perasaan pria yang mendekati kamu adalah menolaknya tanpa menjatuhkan harga dirinya. Perlakukan dia dengan cara yang tetap sopan saat kamu menolaknya. Kamu juga nggak ingin, kan, suatu saat ditolak dengan buruk? 

6. Jelaskan kamu nggak menemukan chemistry.

Freepik.com

Kamu juga bisa mengungkapkan bahwa kamu nggak menemukan chemistry di antara kalian berdua. Misalnya kamu bisa sebutkan "Kamu sebenarnya punya personality yang baik tapi sayangnya aku nggak menemukan chemistry saat kita bersama". 

7. Bersikap tegas saat si dia berperilaku kasar.

Freepik.com

Kamu nggak akan pernah tahu bagaimana respons seseorang ketika menerima penolakan. Nggak menutup kemungkinan juga orang tersebut akan mengeluarkan emosi seperti memaksa atau bersikap kasar saat kamu tolak perasaannya. Untuk itu, pastikan kamu tetap tegas tanpa perlu membalas perilaku kasarnya.

8. Jangan memberi harapan palsu.

Freepik.com

Ketika menolak perasaan seorang laki-laki, sebaiknya kamu juga hindari alasan-alasan yang memberikan kesan bahwa kamu memberi harapan. Misalnya kamu mengungkapkan bahwa kamu belum siap menjali hubungan. Alasan ini bisa membuat dia menunggu, hingga kamu merasa siap. Itu sama saja memberi harapan palsu padanya.

9. Jangan ditunda.

https://www.pexels.com/@alex-green

Sebenarnya nggak ada waktu yang tepat untuk kamu menolak seseorang. Tolaklah dirinya sesegera mungkin saat kamu yakin soal perasaanmu. Ketika kamu mengulur waktu, kamu hanya akan mempersulit keadaan. Nggak mau, kan, membuang-buang waktu?

10. Terima kenyataan kalau kamu akan menyakiti perasaannya.

unsplash.com/Bruno Emmanuelle

Well, yang namanya penolakan pada akhirnya akan memberikan rasa sakit bagi seseorang. Sehalus apa pun penolakan yang dilakukan pasti orang yang ditolak merasakan ketidaknyamanan. Namun kamu juga perlu mengutamakan persaaanmu, kamu perlu sadar bahwa menolak adalah hak dan hal ini akan menyakiti orang tersebut. 

Itulah beberapa tips untuk menolak saat ada seorang laki-laki yang PDKT padamu. Lebih cepat dilakukan, lebih baik, Bela. Mengulur-ulur waktu hanya akan memberi dia harapan palsu dan kamu makin merasa 'nggak enak' untuk menolaknya.

IDN Media Channels

Latest from Dating