Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Tanda Cemburu Berlebihan yang Nggak Sehat dalam Hubungan

Hubungan kamu bisa jadi toxic, lho!

Andhina Effendi

Katanya, cemburu itu adalah bumbu dalam hubungan. Kadang jika kamu melihat pasangan cemburu tanpa alasan, kamu malah merasa tersanjung. Memang, sih, tak ada yang salah dalam rasa cemburu. Hanya saja jika berlebihan, rasa cemburu tersebut malah bikin hubungan kamu nggak sehat.

Apakah kamu pernah merasa cemburu atau pasanganmu yang justru cemburu berlebihan? Simak saja 9 tanda nyata cemburu berlebihan pada pasangan yang bikin hubungan nggak sehat berikut ini, ya!

1. Kamu ingin bersama pasangan setiap saat

unsplash.com/KulliKittus

Ya, normal jika kamu merindukan pasanganmu ketika kalian sedang tidak bersama. Tapi akan jadi hal lain jika kamu menginginkan pasanganmu selalu bersamamu terus-menerus dan tidak menginginkan dia punya kehidupan lain di luar hubungan kalian. Cintamu pada pasangan akan menjadi egois, jika kamu tidak menginginkan dia mengeksplorasi diri, mengejar mimpinya, atau bersosialisasi dengan orang lain, hanya karena kamu takut kehilangannya. Percaya, deh, perilaku seperti ini justru bisa menjauhkan dirinya.

2. Kamu selalu mengecek keberadaannya tiap menit

Pexels.com/Karolina Grabowska

Saat kamu dan dia sedang tak bersama, kamu selalu mengecek keberadaannya hampir tiap menit, baik lewat pesan singkat maupun telepon. Ini merupakan satu tanda jelas bahwa kecemburuanmu sudah tidak sehat. Jika kamu terus-menerus bertanya detail tentang keberadaannya atau aktivitasnya, hal ini bisa membuat dia lelah dengan kecemburuanmu. Jangan salahkan dia, kalau pada akhirnya hubungan kalian kandas.

3. Dia tak diperbolehkan pergi bersama temannya

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Jika kamu tak suka melihat pasanganmu bersenang-senang dengan temannya, hanya karena takut dia menikmati kebersamaan dengan orang lain, itu artinya kamu cemburu buta. Lagi-lagi, pasangan bukan hanya milikmu semata. Dia punya kehidupan sosial lainnya, bersama teman atau keluarganya. Jika kamu melarang dia pergi bersama teman-temannya, hal itu akan berdampak buruk bagi hubungan kalian, lho.

4. Kamu tak suka jika dia bicara dengan lawan jenis

clickrelationships.org

Asal kamu tahu, pasanganmu akan selalu berada di sekeliling orang-orang saat dia melakukan aktivitas, laki-laki maupun perempuan. Jadi kamu tak bisa menghentikan dia untuk bertemu dengan orang lain atau bekerja sama dengan mereka yang lawan jenis. Sangat tidak sehat jika kamu akan merasa cemburu dan marah, hanya karena dia bicara dengan perempuan lain.

5. Kamu memonitor kegiatannya di media sosial

Pexels.com/Cottonbro

Kamu saling berteman dengan pasangan di media sosial adalah hal wajar. Kalian saling bertukar komentar pun nggak masalah. Namun jika kamu diam-diam mengetahui password media sosial pasangan dan mengintip kegiatannya, itu adalah sikap paranoid yang nggak sehat, Bela.

6. Kamu menguntit semua orang yang memberi komentar di media sosial pasangan

Pexels.com/Ira Dulger

Masih seputar media sosial. Jika kamu stalking orang-orang yang memberi tanda hati atau komentar di media sosial pasangan, artinya kecemburuan kamu nggak sehat, tuh. Kamu seakan-akan sedang mencari-cari kesalahan pasangan atau merasa dia telah selingkuh darimu. Tanpa kamu sadari, kecurigaanmu itu lama-lama bisa merusak hubungan kamu dan si dia.

7. Kamu sering menuduhnya selingkuh

Pexels.com/Keira Burton

Jika kamu tidak bisa menahan diri untuk selalu menuduhnya selingkuh, itu menunjukkan betapa kecemburuan kamu sudah tidak sehat. Kamu tak bisa mengharapkan sebuah hubungan yang langgeng, jika hubungan itu terus-menerus diwarnai tuduhan perselingkuhan. Ketidakpercayaan adalah sebuah indikasi dari hubungan yang retak. Seperti kata pepatah, cinta tak bisa hadir di mana tidak ada kepercayaan.

8. Kamu tak suka dia pergi tanpamu untuk bersenang-senang

Pexels.com/Vlada Karpovich

Kecemburuanmu akan sangat jelas jika kamu tak membiarkan pasanganmu bersenang-senang. Misalnya saja, ketika dia ingin pergi berlibur sendiri atau ketika dia harus outing keluar kota bersama teman-teman kantornya. Jika menurutmu pasangan tak boleh bersenang-senang tanpamu, kecemburuanmu sudah nggak sehat, Bela.

9. Selalu bertanya dia di mana, sama siapa, dan pulang jam berapa

Pexels.com/Daria Shevtsova

Ketika pada akhirnya dia pergi bersama teman-temannya, kamu akan selalu bertanya dengan detail tentang dia berada di mana, bersama siapa saja, dan dia akan pulang jam berapa. Pertanyaan-pertanyaan ini pada dasarnya sangat mengganggu, lho. Jika kamu sering melakukan ini, cobalah ubah kebiasaanmu, Bela. Dia bisa lelah dan akhirnya meninggalkanmu.

Itulah 9 tanda cemburu berlebihan pada pasangan yang nggak sehat dalam hubungan. Coba hentikan kebiasaan cemburumu, ya, Bela, jika kamu menginginkan hubungan asmara yang langgeng dan menyenangkan. Salah satu cara untuk mengurangi kecemburuan ini adalah komunikasi yang transparan dan tentu hilangkan rasa insecure dalam dirimu.

IDN Media Channels

Latest from Dating