Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Masih Suka Chattingan Sama Mantan? Mungkin Saja Dia Sedang Orbiting

Hal ini bisa saja mengganggumu

Anatasia Anjani

Dalam sebuah hubungan atau relationship, putus merupakan hal yang biasa terjadi kepada siapa pun. Baik itu mereka yang hubungannya baru seumur jagung, atau yang sudah bertahun-tahun sekalipun, kemungkinan untuk putus tentunya ada. Jika putusnya baik-baik, biasanya hubungan keduanya masih terjalin dan tetap berkomunikasi.

Apalagi, tidak sedikit mereka yang menjalin hubungan dengan mantan secara intens. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, menjalin komunikasi dengan seseorang bisa dengan mudah lewat chat atau media sosial. Tapi, kalian perlu tahu ya, bisa jadi mantan masih jalin komunikasi denganmu adalah bentuk dari orbiting.

1. Apa itu orbiting?

Freepik

Orbiting diambil dari istilah pergerakan planet yang mengelilingi matahari. Orbiting berarti mengorbit atau peredaran. Itu artinya sifat orbiting yaitu selalu berada di dekat sebuah benda tanpa melakukan kontak fisik secara langsung alias dari jauh.

Dalam hal relationship, orbiting berarti mantan yang tetap menjalin komunikasi denganmu via chat atau media sosial meski baru putus. Intensitasnya pun bermacam-macam, bisa setiap hari atau beberapa hari sekali. Biasanya mereka yang melakukan orbiting membahas hal-hal yang kamu sering lakukan setiap harinya, contohnya seperti kerjaan.

Nggak cuma chat, foto di media sosial dikomentari mantan pun juga bisa termasuk dalam bentuk orbiting, lho. Orbiting hanya lewat virtual saja, tidak untuk bertemu langsung atau kontak fisik. Tidak jarang mantan akan membahas apa yang sedang kamu pamerkan di media sosial, seperti stories atau postingan.

2. Sama kayak ghosting?

Pexels.com/Liza Summer

Banyak yang mengira kalau orbiting itu sama dengan ghosting. Walaupun hampir mirip, orbiting berbeda dengan ghosting. Bedanya ada di status. Jika orbiting, statusnya harus sudah mantan, sedangkan ghosting tidak.

Kesamaan dari orbiting dan ghosting adalah keduanya bisa dengan mudah hilang tanpa alasan. Pada kasus orbiting, karena sudah jadi mantan, maka ia bisa punya alasan kuat untuk menghilang begitu saja dari sekitarmu. Sedangkan untuk ghosting, yang tidak memiliki status sebelumnya, akan meninggalkan kesan yang amat buruk ketika hilang begitu saja.

3. Ciri-ciri orbiting

Freepik

Sifat orbiting sebenarnya mudah dilihat. Mantan akan tetap menjalin hubungan via chat atau media sosial. Nggak cuma lewat chat atau DM, kolom komentar pun bisa menjadi wadah mantan untuk tetap berinteraksi denganmu. Seperti disebutkan sebelumnya, mantan masih tetap menjalin hubungan denganmu secara virtual.

Orbiting memang baru muncul di zaman serba teknologi seperti ini. Sifatnya yang masih mampu menjalin komunikasi dari jarak jauh sangat cocok di era serba digital seperti ini. Maka dari itu, jangan kaget jika praktik orbiting terjadi pada banyak orang di sekitarmu.

4. Hal negatif dari orbiting

Pexels.com/Hadi Slash

Sebenarnya, orbiting bukanlah suatu masalah jika kedua individu nyaman melakukannya. Namun, tidak sedikit juga mereka yang merasa risi jika si mantan masih beredar di sekitarnya.

Ada beberapa hal negatif yang bisa ditimbulkan dari orbiting. Pertama, kamu bisa saja susah move on karena mantan selalu berada di sekitarmu. Lalu, jika kamu baper, sedangkan si mantan biasa-biasa saja, tentu saja kamu yang akan rugi. 

Kedua, kamu bisa saja susah PDKT atau dekat dengan seseorang. Jika kamu sedang dekat dengan seseorang dan mengetahui kamu masih menjalin komunikasi dengan mantan, bisa-bisa si dia kabur.

5. Cara mengatasi orbiting

Pexels.com/Polina Zimmerman

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mantan yang suka orbiting. Cara yang paling gampang dan sederhana adalah kamu bisa block atau mute akun media sosialnya agar mantan tak bisa menghubungimu lagi. 

Jika kamu tidak ingin block mantan, kamu juga bisa mencari kegiatan yang tidak berhubungan dengan gadget. Karena dengan jauh dari gadget, kamu tidak akan punya waktu untuk membuka chat atau komentar postingan dari si mantan.

Orbiting memang bisa bikin nyaman ataupun risi sekalipun. Pilihannya ada di kamu, Bela.

IDN Channels

Latest from Dating