Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Setipe, Aplikasi Kencan Online buatan Dalam Negeri

Bisa dibantu hingga pertemuan pertama

Amalia Azizah

Di zaman modern seperti sekarang ini seharusnya lebih memudahkan seseorang untuk mencari pasangannya. Mengingat perkembangan akses komunikasi semakin mudah dan canggih. Tentu, perkembangan teknologi ini seperti memiliki dua sisi. Selain memudahkan orang untuk berkomunikasi dan berkenalan, mudah juga para oknum yang nggak bertanggung jawab memanfaatkan perkembangan tersebut seperti dengan nggak memberikan informasi real. Jadi nggak heran jika banyak yang menggunakan aplikasi dating online ini hanya untuk main-main atau hal nggak bertanggung jawab lainnya.

Menyadari hal itu, salah satu anak muda Indonesia membuat aplikasi yang lebih aman. Aplikasi yang didirikan oleh Razi Thalib ini dilatarbelakangi karena sadar modernisasi di Indonesia ternyata membawa permasalahan tersendiri dalam hubungan percintaan. Sebelum bergabung, yuk simak beberapa langkah berikut untuk mempermudah pemahaman kamu, Bela.

1. Pilihan registrasi

setipe.com

Hampir sama seperti kencan online lainnya untuk proses registrasi. Kamu diberikan beberapa pilihan registrasi. Mengingat segala hal terkoneksi dengan Facebook dan hampir semua orang memiliki Facebook, nggak heran jika aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini bisa jadi salah satu pilihan registrasi. Kalau kamu nggak ingin terkoneksi dengan Facebook-mu karena hal privasi, kamu bisa kok registrasi manual.

2. Mengisi formulir data diri

setipe.com

Sama seperti platform registrasi lainnya. Hal umum yang harus ada dalam profilmu seperti nama, kontak, e-mail, tanggal lahir, jenis kelamin serta kata sandi. Ketika menggunakan Setipe.com, mohon isi biodata sesuai dengan dirimu ya Bela, karena kalau kamu memberikan informasi yang nggak sesuai dengan kehidupan asli, kamu bisa dilaporkan oleh pihak ketiga jika terbukti. Meskipun peraturannya agak ketat, hal tersebut dilakukan pihak Setipe.com untuk membuat penggunanya merasa aman.

3. Mengisi data diri lebih lanjut.

setipe.com

Selain biodata singkat, ada beberpa informasi pribadi yang harus kamu lengkapi selain nama dan kontak saja. Di langkah selanjutnya kamu akan diminta mengisi negara tempatmu tinggal, kota, jenis hubungan (pernikahan, hubungan jangka panjang, hanya ingin sekadar berteman, dsb), statusmu punya anak atau nggak, etnis, agama, kesehatan (merokok atau minum alkohol), pendidikan terakhir, tinggi badan, berat badan, tipe tubuh, hobi, bahasa yang dikuasai serta penjelasan tentang dirimu.

4. Mengisi kriteria pasangan.

setipe.com

Selanjutnya, selain menjelaskan tentang diri sendiri, kamu akan diminta kriteria pasanganmu. Jadi kamu bisa mencurahkan ingin pasangan seperti apa. Hal tersebut dilakukan untuk memfilter mana saja yang sekiranya cocok denganmu kelak. Hal itu juga membantumu hanya menemukan yang cocok denganmu.

5. Mengenal diri dengan tes kepribadian.

setipe.com

Sebelum mengenal orang lain, tentu kamu harus mengenal diri sendiri terlebih dahulu, Bela. Setipe.com menggandeng para psikolog untuk ikut serta. Dari tes karakter ini kamu akan mengetahui dirimu lebih lanjut tipe seperti apa. Dari hasilnya selain kamu jadi lebih mengenal diri sendiri, kamu juga akan dikenalkan dengan seseorang yang cocok dengan hasil kepribadianmu. Hal tersebut dilakukan agar hubungan kalian kedepannya berjalan mulus.

6. Beberapa pertanyaan seputar perasaan.

setipe.com

Selain tes psikologi untuk mengenal diri sendiri, ada juga beberapa pertanyaan yang menyangkut perasaan. Seperti pernyataan kecemasan yang biasa dimiliki semua pasangan. Kamu bisa setuju atau nggak setuju dengan gambaran pernyataan yang diajukan. Seperti kekhawatiran nggak dicintai pasangan, seberapa terbukanya kamu pada pasangan dan sebagainya.

7. Mengunggah foto.

setipe.com

Biar nggak seperti membeli kucing di dalam karung, foto sangatlah penting agar kalian bisa saling melihat terlebih dahulu akan cocok atau nggak. Pilihlah foto terbaik tapi yang nggak banyak sekali editannya ya, Bela. Jadilah dirimu apa adanya.

8. Memilih yang cocok.

setipe.com

Setelah mengisi semua formulir aplikasi, waktunya memilih pasangan yang kira-kira cocok denganmu. Mesin matchmaking akan mencarikan kriteria yang cocok. Semakin besar persentasi maka kemungkinan kepribadian kalian semakin cocok. Tapi itu semua tergantung padamu, Bela. Kalau nggak cocok, kamu bisa memilih tanda 'X' atau jika suka kamu bisa memilih tanda hati. Yang membuat kamu merasa aman, orang yang kamu beri tanda hati/favorit nggak akan tahu sebelum kamu chat.

9. Menunggu pencarian berikutnya.

setipe.com

Kalau kamu nggak cocok saat pencarian awal, kamu harus sabar untuk memilih kandidat selanjutnya. Tim Setipe.com butuh waktu hingga 24 jam untuk mencarikan kandidat yang cocok selanjutnya untukmu.

10. Menyediakan layanan VIP

setipe.com

Nah Bela, ada juga pilihan kalau memang kamu memang serius ingin menikah. Setipe.com menyediakan layanan VIP di mana tim secara khusus membantumu memverifikasi identitas (dan fisik) semua calon pasangan, mencarikan match buat kamu serta membantumu offline dating.

TOPIC

IDN Media Channels

Latest from Dating