Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Perlu Dipertahankan, Ini 5 Tanda Sudah Saatnya Hubunganmu Berakhir

Kalau sudah terlalu buruk, dipertahankan pun jadinya percuma

Afifah Hanim

Saat menjalin hubungan dengan seseorang, tentu kita ingin langgeng dan selama-lamanya bersama kekasih. Namun, apa yang terjadi di masa depan tentu tidak bisa dikendalikan. Apakah hubungan itu menjadi lebih buruk, atau tetap baik-baik saja.

Tapi kembali lagi, bahwa sekuat apa pun usahamu dalam mempertahankan hubungan, jika tidak membaik sama sekali, maka kamu pun harus peka terhadap tanda yang menunjukkan kalau sudah waktunya bagimu mengakhiri hubungan dan ikhlas melepaskan dia. Yuk, simak lima tandanya di bawah ini!

1. Dia berulangkali melakukan kesalahan fatal dengan sengaja

Freepik.com/Beststudio

Tanda pertama yang menunjukkan kalau sudah waktunya hubunganmu putus dan harus ikhlas melepaskan dia adalah jika dia dengan sengaja mengulangi kesalahan fatal. Entah itu perselingkuhan atau yang lainnya, karena itu artinya dia tidak belajar dari kesalahan, dan hanya akan menyakitimu saja kalau terus memaksakan hubungan itu berlanjut.

2. Hubungan kalian sudah tak ada bahagianya lagi dan hanya diisi pertengkaran

Freepik.com/Beststudio

Tanda lain yang menunjukkan bahwa sudah saatnya hubunganmu berakhir ialah jika kalian sudah tidak saling merasa bahagia lagi dan hanya diisi pertengkaran saja. Itu artinya hubungan tersebut sudah mencapai batas maksimal, sebab kedua belah pihak sama-sama sudah merasa tidak nyaman. Jadi daripada dipaksakan, lebih baik putus saja, kan?

3. Orangtuanya tidak memberi restu meski kamu serius dan sangat memperjuangkannya

Freepik.com/Yanalya

Jika kamu sudah sangat berjuang dan serius, namun tetap tidak mendapatkan restu dari orangtuanya, mungkin ini saatnya kamu harus merelakannya. Kamu harus tahu batasan dalam memperjuangkan seseorang, jangan sampai malah kamu jadi kehilangan segalanya dan berjuang sendiri. Lagipula, melepaskan cinta yang telah kamu perjuangkan bukan berarti kamu kalah, kok.

4. Terlalu banyak orang yang ikut campur dan menginginkan kalian pisah

Freepik.com/Yanalya

Kalau sudah terlalu banyak orang yang ikut campur hubungan kalian dan membawa pengaruh toxic, maka hal itu juga menjadi tanda kalau sudah waktunya hubunganmu berakhir. Apalagi kalau mereka semua sepakat untuk memisahkan dia darimu. Itu berarti kamu sangat tidak diinginkan untuk masuk ke dalam hidupnya. Kalau sudah seperti itu, maka lebih baik lepaskan saja, daripada meneruskannya tapi malah membuatmu terkucil.

5. Dia minta dilepaskan olehmu dan ingin bebas

Freepik.com/Ufabizphoto

Terakhir, jika pasanganmu sudah berulangkali minta agar dilepaskan, maka itu juga merupakan pertanda kalau hubunganmu harus selesai. Kamu tidak bisa memaksakan seseorang untuk berada di sisimu kalau dia sendiri tidak mau. Jadi sebaiknya ikhlaskan saja dia pergi dan lepaskanlah dia. Karena sekuat apa pun kamu berusaha mempertahankan seseorang, hatinya tetap tidak kamu kendalikan dan paksakan.

Itulah tadi beberapa tanda bahwa sudah waktunya bagimu untuk mengakhiri hubungan dan ikhlas melepaskan dia. Jangan memaksakan hubungan yang tidak bisa dipertahankan lagi.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Tanda Sudah Waktunya Hubunganmu Berakhir dan Ikhlas Melepaskan Dia"

IDN Media Channels

Latest from Dating