Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Melakukan Guardrailing, Tren Kencan Baru yang Positif

Menjaga batasan dan kesehatan emosional!

Adinda Tasya Mutiara

Bela, pernahkah kamu mendengar istilah guardrailing? Guardrailing merupakan sebuah tren kencan baru di tahun 2023 yang diciptakan oleh aplikasi kencan Bumble sebagai pembatas untuk melindungi kedamaian dalam menjalin suatu hubungan.

Setelah banyaknya kejadian ghosting atau toxic relationship yang berdampak negatif bagi kesehatan emosional seseorang, istilah guardrailing hadir untuk menempatkan batasan dan harapan yang baik terhadap kesehatan mental serta emosional setiap pasangan yang dapat melindungi energi ketika berkencan.

Jadi, secara singkatnya tren kencan guardrailing adalah mengenai ketetapan batasan dan perlindungan energi untuk memprioritaskan diri sendiri dalam menjaga kesehatan emosional agar lebih bijaksana dalam berkomitmen. Misalnya, dalam kultur bekerja di kantor dan aktivitas sosial yang sangat meningkat, setiap pasangan harus memberi batasan untuk dan waktu untuk melindungi emosionalnya sendiri.

Lalu, bagaimana cara melakukan guardrailing? Berikut Popbela sudah rangkum delapan cara untukmu, melansir dari BOLDE. Yuk, langsung simak artikelnya sampai selesai, ya!

1. Bersikap terbuka tentang sedari awal

Unsplash.com/Disruptivo

Meskipun pada umumnya kamu terlalu meremehkan pembicaraan yang serius mengenai suatu hubungan saat pertama kencan, namun dalam guardrailing, topik tersebut seharusnya dapat dibicarakan sedetail mungkin secara jujur dan terbuka.

Yup, dengan jujur dan terbuka sejak awal, kamu bisa menyeleksi banyak orang yang sekiranya tidak cocok dengan pilihanmu. Jadi, kamu tidak perlu membuang waktu untuk menemukan seseorang yang tepat. Cukup pasang batasan sedari awal untuk menjaga kesehatan emosionalmu.

2. Komunikasikan kebutuhan, keinginan, dan harapan dengan jelas

Pexels.com/Andy Barbour

Tren kencan guardrailing mengajarkan kamu dan pasangan untuk menjalin hubungan dengan energi yang positif. Jadi, sebisa mungkin kamu harus mengomunikasikan kebutuhan, keinginan, dan harapan hubungan kamu dan pasangan dengan jelas.

Dengan begitu, akan banyak keuntungan yang didapat selama berkencan dengan menyuarakan setiap persoalan yang terjadi, seperti minimnya konflik dan salah paham.

3. Jangan terlibat dalam kepicikan dalam dendam

Pexels.com/Katerina Holme

Terkadang sebagai seseorang yang pernah tersakiti sebelumnya, balas dendam merupakan pilihan yang sering dilakukan. Namun dalam guardrailing, merendahkan diri ke level orang-orang yang pernah mengacaukan kamu adalah cara yang salah dan sebenarnya tidak akan membantu apa pun.

Kamu harus berada di atas mereka yang telah menyakitimu, tidak ada kepicikan dan balas dendam untuk melindungi emosional ke depannya dengan orang baru. Ingat, kamu terlalu baik untuk melakukan hal tersebut!

4. Jangan berikan kesempatan kedua, ketiga, atau seterusnya

Pexels.com/Edward Eyer

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kebaikan hati yang luar biasa, tetapi jangan biarkan itu membuat diri kamu menjadi bodoh dengan memberikan kesempatan pada seseorang yang sudah mengacaukan dirimu.

Jika seseorang itu ingin mempertahankan hubungan yang kamu jalani, pasti akan ada suatu perubahan atau penyesalan yang serius, bukan hanya sekadar ucapan. Kamu harus bisa membedakannya, ya.

5. Menanggapi berdasarkan tindakan, bukan kata-kata

Pexels.com/Vjapratama

Kata-kata itu terlalu mudah dan murah untuk diucapkan bagi seseorang apalagi jika tidak didukung oleh suatu tindakan.

Semua orang biasanya sangat mudah mengatakan sesuatu, tetapi tidak dalam bertindak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu harus menanggapi seseorang berdasarkan tindakan saja bukan sekadar kata-katanya.

6. Prioritaskan kebahagiaan sendiri

Pexels.com/Jessica Hearn

Menemukan cinta memang penting, namun tidak ada salahnya jika kalian lebih memprioritaskan diri sendiri terlebih dahulu. Coba luangkan sedikit waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat kamu merasa puas, bahagia, dan damai. Dijamin kesehatan emosional dan energi kencan kamu akan terjaga.

7. Lepaskan apa pun yang tidak menguntungkan

Pexels.com/Mikhail Nilov

Kamu harus berani melepaskan sesuatu yang tidak menguntungkan dalam hidupmu. Kamu harus memastikan hanya orang-orang penting yang bisa masuk dan menawarkan banyak kebahagiaan di dalam hidupmu.

Jika mereka tidak sejalan atau tidak dapat memberikan apa yang kamu butuhkan, sebaiknya kamu harus melepaskannya. Faktanya, itu perlu dilakukan untuk memberi batasan yang baik dalam kehidupan

8. Jujur dan dengarkan naluri kamu

Pexels.com/Gustavo Fring

Pada akhirnya, naluri tahu apa yang terjadi dalam dirimu. Melawannya hanya akan merugikan diri kamu sendiri nantinya. Jika ada sesuatu yang terasa tidak benar, coba dengarkan naluri dan jujur kepada diri sendiri tentang hal itu. Pastikan kamu mendengarkannya agar tidak tersesat dalam dunia percintaan.

Jadi, itulah delapan cara kamu melakukan tren kencan guardrailing. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

IDN Media Channels

Latest from Dating