Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Gurun Terluas di Dunia, Gurun Sahara Posisi ke Berapa?

Gurun terluas mencapai 14 juta km²

Zikra Mulia Irawati

Sejumlah padang tandus menyabet gelar gurun terluas di dunia. Tak main-main, luasnya bisa mencapai hampir 14 juta km².

Meski identik dengan padang pasir, beberapa gurun juga ada yang dipenuhi dengan salju. Kira-kira, gurun terluas di dunia ini berlokasi di mana saja, ya? Simak daftarnya di bawah ini, yuk!

1. Gurun Antartika

polarguidebook.com

Gurun Antartika dinobatkan sebagai gurun terluas di dunia dengan total wilayah 13.829.430 km². Seperti namanya, gurun ini terletak di Benua Antartika.

Tandusnya hamparan salju ini disebabkan oleh minimnya pasokan air. Meskipun masih ada curah hujan tahunan di pesisir pantai, air langsung berubah jadi butiran es. Hal ini pula yang membuat Gurun Antartika sebagai gurun terdingin, terkering, serta paling berangin.

2. Gurun Arktik

grida.no

Gurun kutub terluas lainnya adalah Gurun Arktik. Tak heran jika padang ini memiliki luas 13.726.937 km². Lokasinya meliputi Rusia, Alaska, Kanada, Greenland, Swedia, dan Norwegia.

3. Gurun Sahara

facts.net

Gurun Sahara rupanya menempati posisi ketiga sebagai gurun terluas di dunia. Hamparan pasir ini terletak di Benua Afrika bagian utara, meliputi negara Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Maroko, Mauritania, Niger, Sahara Barat, Sudan, dan Tunisia.

Dengan luas 9.100.000 km², Gurun Sahara menjadi 25% bagian Benua Afrika. Nama gurun ini bahkan menjadi salah satu potongan lirik lagu "Parasit" yang dinyanyikan oleh Gita Gutawa, lho! Pernahkah kamu mendengarnya?

4. Gurun Arabia

worldatlas.com

Gurun Arabia atau biasa disebut juga dengan Gurun Arab berada di wilayah Semenanjung Arab. Total luasnya adalah 2.330.000 km². Bagian terluas gurun ini bernama Rub'al Khali, dengan luas area sekitar 650.000 km².

5. Gurun Gobi

bradtguides.com

Nama "Gobi" berasal dari bahasa Mongolia yang berarti sangat besar dan kering. Gurun yang terletak di Tiongkok dan Mongolia ini memang termasuk ke dalam dalam gurun terluas di dunia, dengan total area 1.300.000 km².

Gurun musim dingin yang satu ini menjadi lokasi favorit para arkeolog karena banyak terdapat fosil dinosaurus yang bersejarah. Padang yang didominasi bebatuan gundul ini terkenal dengan suhu ekstremnya, yaitu -40 derajat Celcius saat dingin dan 45 derajat Celcius saat panas.

6. Gurun Kalahari

wikipedia.org

Gurun terluas di dunia yang juga terdapat di Benua Afrika, tepatnya di Afrika Selatan, Botswana, dan Namibia adalah Gurun Kalahari. Meski kering, rumput masih bisa tumbuh di padang seluas 900.000 km² setelah hujan turun.

Oleh karena itu, terdapat sebuah penangkaran hewan bernama The Central Kalahari Game Reserve (CKGR). Di sana, terdapat berbagai satwa, seperti hyena cokelat, singa, meerkat, jerapah, babi hutan, jackal, dan spesies lainnya.

7. Gurun Patagonia

askqotd.com

Gurun Patagonia merupakan gurun terluas di dunia yang menjadi rumah bagi rubah, llama, dan armadillo. Dengan luas wilayah 670.000 km², sebagian besar gurun akan tertutup salju saat musim dingin tiba. Gurun yang terletak di Argentina ini dipenuhi oleh semak-semak berbatu dan berduri.

8. Gurun Great Victoria

worldatlas.com

Benua Australia memiliki bentang alam yang cukup beragam, gurun salah satunya. Gurun Great Victoria yang terletak di Australia Barat bahkan dinobatkan sebagai top 11 gurun terbesar di dunia dengan luas wilayah mencapai 647.000 km².

Nama gurun ini diambil dari nama ratu Inggris, Ratu Victoria. Nama ini diberikan oleh penemunya, penjelajah asal Inggris bernama Ernest Giles, pada 1875. Saat ini, area Gurun Great Victoria dihuni oleh para penduduk asli. Kegiatan di sana meliputi pertambangan dan uji coba nuklir.

9. Gurun Suriah

wikimedia.org

Gurun Suriah menghampar seluas 520.000 km² di wilayah Suriah, Irak, Yordania, dan Arab Saudi. Bagian selatan gurun ini berbatasan langsung dengan Gurun Arab. Sejumlah satwa hidup di area ini, seperti hamster Suriah, bangau, kuntul, ular, kalajengking, rusa, serigala, dan masih banyak lagi.

10. Gurun Great Basin

britannica.com

Gurun Great Basin ada di posisi kesepuluh gurun terluas di dunia. Luasnya yang mencapai: 492.000 km² meliputi wilayah Sierra Nevada dan pegunungan Wasatch. Gurun ini juga memiliki taman nasional dan rentan terhadap cuaca ekstrem.

11. Gurun Taklamakan

en.wikipedia.org

Posisi kesebelas gurun terluas di dunia ditempati oleh Gurun Taklamakan yang terletak di barat daya Provinsi Xinjiang, Tiongkok. Gurun seluas 337,000 km² ini berbatasan dengan sejumlah gunung. Bahkan, bagian timurnya berbatasan langsung dengan Gurun Gobi.

Sama halnya dengan Gurun Gobi, cuaca di Gurun Taklamakan cenderung ekstrem, dengan suhu terendah -20 derajat Celcius dan suhu tertinggi 40 derajat Celcius. Area ini memiliki air yang sedikit.

Kalau punya kesempatan untuk berkunjung, apakah kamu tertarik untuk berlibur ke salah satu gurun di atas, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel