Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Alasan Kenapa Kamu Harus Travelling di Alam

Ambilah cutimu sekarang!

Rosita Meinita

Padatnya aktivitas selama bekerja membuatmu merasa jenuh dan bosan akan kegiatan yang itu-itu saja. Ditambah lagi untuk berangkat dan pulang ke kantor, kamu harus dihadapkan oleh macetnya jalanan dan sesaknya transportasi umum. Hal-hal seperti ini pastinya membuat tingkat stres yang tinggi, terlebih belum urusan di luar pekerjaan yang menyita waktu.

Untukmu yang sedang jenuh, terkadang skip dari dunia kerjaan bisa menjadi solusi ampuh untuk me-refresh otakmu. Yaps, melakukan travelling di alam dapat membuatmu segar kembali dan siap menghadapi urusanmu.

Lebih terasa rileks, inilah alasan kenapa travelling di alam bisa membuatmu lebih fresh.

1. Alam baik untuk otakmu

instagram.com/ egimoto_

Sebuah artikel Boston Globe 2009 melacak studi yang menunjukkan bahwa pasien rumah sakit pulih lebih cepat ketika mereka dapat melihat pohon dan beberapa tumbuhan hijau dari jendela mereka. Para ilmuwan berteori bahwa alam dapat meningkatkan kinerja otak dengan baik. Hal ini juga dapat memulihkan mental yang capek dan meningkatkan kognitif otak.

2. Alam membantumu menghilangkan stres

instagram.com/ tyo_soetyo

Dr. William Bird, penasihat kesehatan untuk Natural England, telah mengumpulkan bukti bahwa orang lebih sehat jika mereka keluar ke pedesaan, taman atau kebun. Bird mengatakan penelitian menunjukkan bahwa orang yang kehilangan kontak dengan alam akan berisiko besar mengalami depresi dan kecemasan.

Tingkat stres akan menurun setilah melihat tanaman hijau. Oleh karena itu travelling kea lam bisa membantu untuk mengurangi stres.

3. Travelling di alam membuat kita tetap fit

instagram.com/ adoelsohib

Biasanya ketika kamu travelling di alam, kegiatan yang kamu lakukan lebih aktif. Seperti, memanjat tebing, melakukan penyelaman, mendayung di arum jeram ataupun melakukan pendakian. Hal ini akan membuatmu lebih bergerak lebih banyak dan mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, asma, dan osteoporosis.

Banyak kegiatan alam yang bisa dieksplorasi di Indonesia, nggak perlu mahal, kamu bisa mendapatkannya secara mudah.

4. Alam menawarkan petualangan yang otentik

instagram.com/ cobiandewey

Banyak destinasi travelling yang bisa kamu temukan, mungkin ada untuk menikmati arsitektur bangunan, wisata belanja atau melakukan petualangan di alam. Jika kamu memilih untuk mengeksplorasi Raja Ampat, akan banyak petualangan yang kamu dapatkan.

Selain melihat hijau dan birunya pemandangan terbentang, kamu bisa melakukan diving. Saat diving, kamu akan menemukan spesies tanaman juga ikan yang otentik. Tetapi ingat ya Bela, kamu hanya boleh melihatnya saja, jangan merusak kekayaan bawah laut yang ada agar bisa dinikmati oleh anak cucu kelak.

5. Tetap menjaga kebersihannya

instagram.com/ thewanderfullyfe

Nah satu yang harus diingat adalah, tetap menjaga kebersihan destinasi travelling. Jangan sampai sampah yang kamu tinggalkan menjadi boomerang terhadap destinasi tersebut. Kamu juga nggak boleh merusaknya.

Ingatkah kamu beberapa waktu lalu Gili Lawa terbakar karena ulah orang yang tak bertanggung jawab? Hal-hal sepele ini akan merusak destinasi yang dirawat dengan susah payah. Jangan sampai kamu termasuk bagian dari mereka ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel