Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Harus Mahal, Inilah 7 Ide Staycation Untukmu

Bisa coba hal baru di tengah pandemi, nih!

Rosita Meinita

Bagaimana Bela, sudah aktif dengan rutinitas yang kembali padat? Jika kamu butuh menyegarkan otak dan bepergian ke destinasi yang jauh, mungkin saat ini waktunya kurang tepat. Selain masih masa pandemi, pengeluaran jadi bisa lebih boros. Tetapi, kamu bisa menggantinya dengan melakukan staycation ataupun kegiatan seru lainnya.

Melakukan staycation nggak harus jauh dan mahal kok, Bela. Bahkan dengan ide-ide yang nggak mainstream, justru akan membuatmu semakin bahagia. Inilah berbagai ide staycation untukmu.

1. Pergi ke spa

freepik.com/ andrey.a.v

Memanjakan diri dengan pergi ke tempat spa sepertinya menjadi ide yang menarik. Apalagi di saat pandemi seperti ini, tempat spa juga menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Ada banyak paket spa yang bisa kamu pilih, mulai dari perawatan wajah, tubuh hingga menicure dan pedicure.

2. Memasak bersama di malam hari

freepik.com/ master1305

Nah, jika kamu melakukan staycation di sebuah villa baik bersama sahabat ataupun keluarga, memasak bersama menjadi salah satu ide menarik. Selain lebih hemat dalam membagi harga penginapan, kamu dan rombongan bisa memilih makanan apa yang kalian sukai dan memasaknya bersama. Lebih seru daripada membelinya di restoran, bukan?

3. Lakukan perjalanan sehari

freepik.com/ ArthurHidden

Jika kamu nggak ingin menginap, kamu bisa melakukan perjalanan darat pulang-pergi untuk datang ke suatu tujuan. Naiklah mobil atau kereta api untuk liburan satu hari ke suatu tempat terdekat dari kotamu. Misalnya ke air terjun atau trekking di perbukitan.

Membuat petualangan sendiri di perjalanan juga akan menyenangkan. Jangan lupa untuk membuat playlist untuk kamu dengarkan, ya. Jika kamu naik mobil, nggak ada salahnya untuk singgah ke kota yang kamu lewati untuk mencoba kuliner khas di sana.

4. Berkemah di halaman belakang

freepik.com/ freepik

Jika kamu nggak bisa pergi untuk camping di alam, maka manfaatkan halaman belakang rumah sendiri saja, Bela. Keluarkan perlengkapan berkemah atau pinjam tenda jika kamu nggak memilikinya.

Selain itu, kamu bisa melakukan kebiasan berkemah di alam terbuka, seperti membuat jagung bakar atau membakar marshmellow.

5. Maraton film di rumah sendiri

freepik.com/ seventyfour

Mungkin sekarang kamu akan rindu berat dengan suasana bioskop, antri untuk membeli tiket, popcorn dan minuman, kemudian duduk di kursi yang sudah ditentukan. Tenang saja Bela, kamu bisa membuat festival film sendiri.

Coba jadwalkan untuk memutar beberapa serial ataupun film yang kamu sukai, selama beberapa jam. Siapkan tata lampu yang tepat, speaker yang mumpuni, sofa yang empuk dan camilan yang lengkap. Bioskop pribadi siap kamu nikmati!

6. Ikut kelas seni

freepik.com/ prostooleh

Nah, kelas seni merupakan hal yang baru untukmu? Kamu bisa mencari tahu komunitas lokal yang ada di kotamu, baik itu kelas seni tanah liat, melukis ataupun merangkai bunga.

Hal ini akan memberimu pengalaman dan skill baru lho, Bela.

7. Gowes di tempat yang sejuk

freepik.com/ prostooleh

Gowes atau bersepeda, sekarang menjadi kegiatan yang kerap dilakukan. Dengan mencari track yang sejuk serta bonus pemandangan alam, kamu bisa berolahraga sambil menyegarkan mata dan pikiran.

Lakukanlah pada pagi ataupun sore hari bersama orang-orang terdekatmu. Dijamin kamu akan tidur pulas di malam harinya dengan perasaan bahagia.

Itulah ide staycation yang bisa membuatmu kembali bersemangat, meski dalam suasana yang masih perlu kewaspadaan tinggi.

IDN Media Channels

Latest from Travel