Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Kekayaan Budaya dan Keindahan Indonesia Lewat Ilustrasi 

Gambar bisa berbicara banyak ya…

Rosita Meinita

Indonesia, negara dengan sejuta kekayaannya pastilah mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya. Di lihat dari aspek manapun, entah budaya, destinasi, kekayaan flora dan fauna, Indonesia memang sudah dikenal di mata dunia. Terlebih dari segi budaya, di mana Indonesia masih memegang kukuh tradisi dari nenek moyang, rumah adat per masing-masing wilayah.

Inilah beberapa ilustrasi kekayaan budaya Indonesia yang digambarkan oleh Prajana, seorang gadis asal Rembang dengan nama akun Instagram @prajanapsp.

1. Raja Ampat

instagram.com/prajanapsp

Surga dunia yang terkenal dengan kekayaan di Papua Barat ini memang merupakan destinasi wisata yang harus dibanggakan oleh Indonesia. Wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong pergi ke sana tiap tahunnya. Nggak hanya itu, kekayaan budaya seperti Atraksi Budaya Suling Tambur, Seni ukir Papua, dan Ikan Parimanta juga ada di sana.

2. Pulau Flores

instagram.com/prajanapsp

Nah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini juga kaya akan kekayaan alamnya. Nggak hanya Pulai Komodo dan Danau Kelimutu, Pulau Flores juga punya Kampung Wae Rebo. Kampung ini berasal dari bamboo dan bentuknya yang mengerucut ke atas. Di kekayaan budayanya, Pulau Flores mempunyai Tari Caci dan Tenun Ikat Flores.

3. Pulau Derawan

instagram.com/prajanapsp

Pulau yang terletak di Kalimantan Timur ini merupakan destinasi yang sangat digemari akhir-akhir ini. Dengan cottage dengan gaya rumah apung ala Maldives, Pulau Derawan mampu mencuri hati banyak orang dengan lautnya yang biru kehijauan, dan banyaknya spot diving disana. Nggak hanya itu Pulau Derawan juga mempunyai Penangkaran Penu di Pulau Sangalaki, Tari Dalling di Suku Bajau.

4. Pulau Wakatobi

instagram.com/prajanapsp

Kepulauan Wakatobi berada di Sulawesi Tenggara. Terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya membuat destinasi ini juga sangat digemari apalagi di Pulau Tomia. Nggak hanya itu di Pulau ini mempunyai Suku Bajo dengan rumah apungnya yang unik, kain tenun Homoru, Tari Lariangi.

5. Kepulauan Karimun Jawa

instagram.com/prajanapsp

Kepulauan Karimun Jawa berlokasi di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dari lokasi dan budgetnya, destinasi ini termasuk ramah di kantong untuk me-refresh rutinitasmu yang penat. Lautnya masih jernih berwarna biru dan juga beragam cottage ada di sana. Nggak hanya itu, ada Tradisi Barikan Kubro atau biasa dikenal sebagai sedekah bumi, kerajinan kayu stigi dan tentunya landmark Karimun Jawa yang hits.

6. Pulau Nias

instagram.com/prajanapsp

Siapa sih yang nggak kenal dengan Pulau Nias? Bahkan atraksi lompat batu yang terkenal itu menjadi salah satu icon di uang pecahan seribu yang lama. Mungkin untuk menjangkaunya kamu harus menempuh perjalanan laut dahulu ya Bela. Di Pulau ini juga mempunyai kekayaan fauna Ciong atau Burung Beo Nias.

7. Pulau Belitung

instagram.com/prajanapsp

Nah Pulau yang menjadi lokasi shooting Film Laskar Pelangi ini juga sering disebut sebagai Kamoung Ahok. Di pulau ini mempunyai kekayaan alam dan budaya yang luar biasa seperti batu granit raksasa di bibir-bibir pantai, Mercusuar Pulau Lengkuas, Tari Campak dan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi.

IDN Media Channels

Latest from Travel