Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Wisata Horor di Yogyakarta, Salah Satunya Pernah Jadi Lokasi Syuting

Film 'Rumah Kaliurang' pernah syuting di sini

Romi Subhan

Destinasi wisata itu semakin lama semakin beragam. Kini bahkan ada yang namanya destinasi wisata mistis. Bahkan di tiap kota, punya wisata mistis masing-masing yang terkenal dengan mitos dan kisah seramnya.

Dari berbagai macam tujuan, berikut ini daftar wisata horor di Yogyakarta yang wajib kamu ketahui. Berani menjelajahinya di malam hari?

1. Kandang Menjangan

Dok. Internet

Menelisik sejarahnya, Kandang Menjangan atau yang sering disebut juga Panggung Krapyak dibuat pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I di tahun 1760. Awalnya, bangunan berbentuk kubus ini didirikan untuk mengintai binatang buruan--yang salah satunya adalah rusa atau yang dalam bahasa Jawa disebut dengan menjangan.

Konon, Kandang Menjangan awalnya terdapat di tengah hutan belantara. Maka dari itu, bangunan ini didirikan sebagai tempat untuk berlindung dan mengintai binatang buas di hutan lebat itu.

Kini Kandang Menjangan dijadikan sebagai lokasi wisata sejarah. Namun, kisah mistis terkait bangunan tersebut tak luput menyelimutinya. Banyak cerita mistis yang beredar di tempat ini. Tapi, salah satu yang paling familiar di telinga masyarakat sekitar adalah munculnya penampakan perempuan yang tergantung di salah satu jendelanya.

2. Gereja Gothic Sayidan

Dok. Internet

Disebut sebagai Gereja Gothic Sayidan karena bangunannya mirip dengan gereja-gereja di Eropa yang lengkap dengan menaranya yang menjulang. Namun, sebenarnya bangunan ini hanyalah rumah tinggal seorang bangsawan keturunan Tionghoa bernama Esther Widyo Wanandyo, istri dari R. Petrus Haryono, seorang perajin batik yang memiliki relasi dengan Keraton Yogyakarta. 

Bangunan yang dibangun pada tahun 1797 awalnya didirikan untuk tempat tinggal biasa. Namun, pada tahun 1986, rumah tersebut dipugar dengan menambahkan patung dan menara khas arsitektural gothic.

Bangunan yang ada di kawasan Gondomanan, Yogyakarta ini kini kosong tak berpenghuni. Masyarakat sekitar pun kerap mengalami hal mistis karena sudah lama kosong, dan memiliki ruang bawah tanah yang tidak terurus.

3. Benteng Vredeburg

jogjakota.go.id

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau tempat ini peninggalan Belanda. Bangunan tua ini memang dikenal dengan beragam kisah mistisnya. Beberapa orang pun mengaku pernah melihat penampakan di sini.

Salah satu yang paling terkenal adalah penampakan perempuan Belanda berkaki kuda. Perempuan Belanda berkaki kuda ini konon kerap ditemui para pengemudi becak pada tengah malam.

Konon berdasarkan kisah yang beredar dari mulut ke mulut, ada seorang tukang becak yang lewat di depan Benteng Vredeburg bertemu perempuan Belanda dan menawarkan jasa mengantar. Si perempuan kemudian menyibak bagian bawah gaun panjangnya hingga terlihat kaki kuda di baliknya.

Selain itu ada kisah tentara Belanda tanpa kepala. Konon, beberapa kali ada penampakan sekelompok tentara tanpa kepala sedang berbaris di area benteng. Hii... seram, ya!

4. Pantai Parangkusumo

Dok. Internet

Pantai ini kerap dikaitkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Tak heran jika kemudian
pantai ini dikenal pula sebagai gerbang utama atau jalan menuju Keraton Gaib Laut Selatan, Kerajaan Nyi Roro Kidul.

Dikutip dari berbagai sumber, kisah ini bermula ketika Panembahan Senopati tengah bertapa ngeli sebagai upaya untuk menyempurnakan kesaktian. Hingga suatu ketika, terjadi fenomena alam yang luar biasa dahsyatnya. Pohon-pohon tercabut, berterbangan hingga keakar-akarnya, terjadi badai hebat, serta air laut mendidih dan ikan-ikan berterbangan, terlempar hingga kedaratan. Melihat keadaan tersebut, Ratu Kidul menampakkan wujudnya kepermukaan dan bertemulah ia dengan Panembahan Senopati untuk kali pertama.

Ada mitos pula yang beredar dari mulut ke mulut jika kita tak boleh menggunakan pakaian berwarna hijau saat berkunjung ke pantai ini. Jika melanggarnya, siap-siap saja hilang 'dijemput' oleh para pengawal Ratu Kidul.

5. Pesanggrahan Sarjanawiyata

jogja.idntimes.com

Rumah putih ini tadinya berdiri dengan megah, sampai akhirnya ditinggalkan akibat
erupsi Gunung Merapi. Sejak itu banyak cerita mistis muncul seputar rumah ini. Dari
cerita itulah yang menginspirasi dibuatnya film Rumah Kaliurang.

Bermula dengan menginapnya beberapa mahasiswa di lokasi ini dan banyak kejadian mistis pun terjadi. Mulai dari beberapa mahasiswa mengalami hal-hal yang nggak menyenangkan, seperti mendengar cekikik orang sampai melihat hantu noni Belanda dari lantai atas. 

Dari deretan lokasi wisata di atas, lokasi mana yang pernah kamu kunjungi, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel