Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Bepergian Menggunakan Pesawat

Tentu keadaan sudah sangat berbeda dengan dulu

Romi Subhan

Pandemi COVID-19 memang masih terus melanda dunia. Entah sampai kapan kondisi ini akan berlangsung, tidak ada yang tahu. Untuk mengurangi risiko penyebarannya, diharapkan untuk selalu di rumah dan mengurangi intensitas bepergian jika tidak penting. Termasuk bepergian dengan pesawat.

Sangat penting untuk menghindari perjalanan udara. Sebab, dalam waktu yang cukup lama, kamu akan berada di lokasi yang bertemu dengan banyak orang. Mulai dari toilet, tempat menunggu, hingga di dalam pesawat terbang yang tertutup.

Jika kamu harus melakukan penerbangan dalam waktu dekat, ada beberapa cara untuk mengurangi risiko dan membantu melindungi kesehatan serta keselamatanmu. Berikut tujuh hal yang harus kamu perhatikan saat harus bepergian dengan pesawat.

1. Persiapkan diri dengan segala perubahan yang terjadi

Unsplash.com/Anna Shvets

Semua orang perlu menyadari bahwa perjalanan saat ini akan sangat berbeda dari apa yang mereka dulu pernah rasakan. Ini akan terasa aneh, tidak nyaman, dan mungkin sangat menakutkan bagi sebagian orang.

Karena itulah, sebelum berangkat, persiapkan diri sebaik mungkin dengan perubahan yang akan kamu temui, baik saat di bandara maupun di pesawat nanti. Usahakan pergi dalam kondisi fit dan sehat supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Pilih metode transit yang paling aman saat menuju bandara

Pexels/com/Kai Pilger

Menggunakan transportasi umum mungkin cukup berisiko besar saat ini. Pertimbangkan metode apa yang akan kamu gunakan untuk menuju bandara dari rumahmu. Jika memungkinkan, kamu bisa memanfaatkan fasilitas layanan antar-jemput yang disediakan oleh pihak bandara atau maskapai yang akan kamu tumpangi. Jika tidak ada, kamu bisa meminta kerabat terdekatmu untuk mengantar sampai bandara demi mengurangi risiko bertemu kerumunan orang banyak.

3. Selalu gunakan masker setiap saat

Pexels.com/Maksim Goncharenok

Untuk memperlambat penyebaran virus, pemerintah telah mengeluarkan aturan untuk selalu memakai masker di ruang publik. Termasuk saat berada di bandara dan pesawat terbang. Bahkan kini seluruh maskapai penerbangan telah mewajibkan penumpang untuk selalu mengenakan masker selama penerbangan mereka.

4. Bawa semua kebutuhan kamu sendiri

Pexels.com/VisionPic.net

Untuk meminimalkan risiko, maskapai penerbangan membatasi layanan makanan dan minuman mereka. Jadi, pastikan untuk mengisi botol air kamu di bandara agar tetap terhidrasi di dalam pesawat. Pertimbangkan juga untuk mengonsumsi vitamin C atau suplemen multivitamin lainnya sebelum melakukan perjalanan.

5. Jaga jarak sebaik mungkin

Pexels.com/Kate Trifo

Bandara tidak pernah terlalu menyenangkan, dan sekarang bahkan lebih buruk. Tetapi kuncinya adalah mengikuti protokol yang sama dengan yang kamu lakukan di tempat lain sekarang. Jaga jarakmu dan jika orang lain tidak menjaga jarak, katakan dengan sopan.

6. Lebih sedikit jadwal pesawat terbang saat ini

Pexels.com/Skitterphoto

Kalau kamu perhatikan, kini jadwal dan rute penerbangan sudah dibatasi untuk mengurangi mobilisasi banyak orang. Jika kamu memang harus pergi menggunakan pesawat, perhatikan jadwal penerbangan dengan saksama. Sebab, kamu harus menyesuaikan jadwalmu dengan jadwal penerbangan saat ini yang jumlahnya sangat jauh berkurang dibandingkan saat bulan Maret lalu.

7. Sering-sering mencuci tangan

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Saat ini hand sanitizer sudah menjadi salah satu benda wajib yang harus kamu bawa saat pergi ke mana pun. Sering-seringlah mencuci tangan jika kamu banyak memegang benda saat bepergian dengan pesawat. Cari wastafel untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Jika tidak ada, gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tanganmu.

8. Batasi bersentuhan dengan benda di sekitar

Pexels.com/VisionPic.net

Sebelum bepergian, ada baiknya untuk melakukan check in secara online dan mengunduh boarding pass. Hal ini dilakukan untuk mengurangi sentuhan tangan dengan benda-benda di bandara yang juga disentuh oleh banyak orang. Ingat, jangan menyentuh apapun kecuali jika benar-benar mendesak dan dibutuhkan.

9. Bersihkan area tempat duduk sebelum kamu duduki

Unsplash.com/laimannung

Kamu tidak harus menggunakan alkohol swab untuk membersihkan tempat duduk. Tetapi, tidak ada salahnya untuk menyeka area tempat duduk kamu saat naik pesawat sebelum kamu mendudukinya.

Kini, banyak juga, kok, maskapai penerbangan telah berbagi cara mereka meningkatkan prosedur pembersihan, dengan langkah-langkah seperti disinfektan tingkat tinggi, pembersihan yang lebih sering, dan penyemprotan elektrostatik.

10. Ikuti terus pedoman terbaru

Pexels.com/Anna Shvets

Terakhir dan paling penting, terus ikuti perkembangan terbaru dari pandemi ini. COVID-19 merupakan pandemi baru yang masih terus berubah. Virus ini masih diteliti vaksinnya, sehingga akan ada banyak sekali perubahan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Agar meminimalkan risiko, ikuti terus pedoman terbaru yang diberikan oleh pemerintah dan pejabat berwenang. Jangan abai dan selalu perhatikan aturan yang berlaku.

IDN Media Channels

Latest from Travel