Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pesona Curug Cilember Bogor: Lokasi, Tiket, dan Camping Seru

7 tingkatan air terjun ada di Curug Cilember

Nindi Widya Wati

Kalau bingung menikmati waktu akhir pekan, maka Curug Cilember di Bogor, Jawa Barat bisa jadi pilihan liburan yang menarik. Lantaran, kalau kamu pergi ke sana tak hanya menikmati satu aliran air terjun, melainkan ada tujuh air terjun yang siap memuaskan para pecinta wisata air. 

Makin bikin betah, kalau melihat pemandangan di sepanjang perjalanan menuju Curug Cilember yang sangat sejuk karena dihiasi hutan pinus. Hutan ini sebenarnya termasuk kawasan vegetasi hutan tropis yang dihuni beberapa jenis pohon dengan usia lebih dari ratusan tahun. Penasaran? Apa saja yang menjadi daya tarik Curug Cilember ini? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela.

1. Curug Cilember berlokasi di Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rute untuk kendaraan roda dua bisa memilih jalur Tajur dan Ciawi. Sementara untuk mobil, bisa melalui jalur tol Jagorawi.

Dok. GMaps

2. Ketika sudah sampai di simpang Gadog, ambil jalur Puncak sampai ke kawasan Mega Mendung. Setelah itu, akan berjumpa sebuah tikungan ke kiri menuju Desa Cilember.

Instagram.com / kalvindrk

3. Pada satu kawasan wisata Curug Cilember, terdapat 7 air terjun yang sebenarnya memiliki punya mata air sama. Ketinggian air terjun beraneka ragam, mulai dari 150 hingga 450 meter.

Instagram.com / its_me_reyndra

4. Tujuh curug ini saling berurutan, kalau curug satu adalah air terjun yang paling tinggi dan berlokasi paling jauh dari pintu masuk. Bagi kamu yang hendak ke curug 4 sampai 1, perlu berhati-hati karena jalannya lebih licin serta sempit.

Instagram.com / piedwi_zaf

5. Kamu bisa menikmati fasilitas camping ground lengkap peralatannya jika ingin bermalam, lokasi camping ground terbagi atas tiga area yakni Camp Lembah Pakis, Camp Curug 7, dan Camp Curug 5.

Instagram.com / tamilan_utami

6. Selain camping ground, ada pula Jungle Lodge bagi kamu yang ingin menginap di villa atau pondok penginapan yang letaknya berada di kawasan hutan.

Instagram.com / rigansyahdana

7. Kamu cukup membayar tiket seharga Rp15 ribu per orang, agar bisa masuk ke Curug Cilember yang menyuguhkan tujuh air terjun alaminya.

Dok.GMaps

8. Sedangkan, biaya parkir untuk sepeda motor dipatok Rp10 ribu dan mobil berkisar Rp15 ribu sampai Rp20 ribu.

Instagram.com / fadilfadiru

9. Spot foto naik sepeda dengan pemandangan hutan pinus ataupun Curug Cilember juga menjadi favorit para pengunjung.

Instagram.com / arumsyarah

10. Sebenarnya, sebelum memasuki kawasan Curug Cilember kamu bisa berkunjung ke Buterfly Park yang berada di dekat pintu masuk. Taman berbentuk setengah lingkaran ini menyimpan sekitar 12 spesies kupu-kupu yang berbeda.

Instagram.com / bogorkeun

Itulah, wisata air Curug Cilember dengan tujuh air terjun yang menawarkan fasilitas hiburan seru bagi pengunjung. Bagaimana menurutmu, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel