Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Wisata Seru di Kepulauan Selayar, Wajib Masuk Daftar Liburan!

Indahnya berlibur di Kepulauan Selayar

Nindi Widya Wati

Jika berada di Sulawesi Selatan, maka berlibur di Kepulauan Selayar dapat menjadi pilihan yang tepat. Banyak para pelancong yang dibuat kagum dengan keindahan dan panorama biota lautnya yang menakjubkan. 

Kalau kamu berada di Kepulauan Selayar, tak hanya dimanjakan dengan wisata pantai. Namun, terdapat juga destinasi wisata lain berupa museum, perkampungan adat, hingga air terjun alaminya. Kira-kira mana saja wisata seru di Kepulauan Selayar? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela.

1. Pantai Pinang

Instagram.com / explore.bumi

Bila ingin menikmati indahnya pantai dengan pasir putih membentang di Kepulauan Selayar, maka cobalah berlibur ke Pantai Pinang. Wisata ini memiliki area perbukitan hingga wisata terumbu karang yang indah untuk diving. Pantai Pinang berada di bagian Timur Pulau Selayar, Kecamatan Bontosikuyu.

2. Taman Nasional Taka Bonerate

Instagram.com / selayar_dive_adventure

Ada sebanyak 15 lima pulau di Taman Nasional Taka Bonerate, sehingga tak heran kalau banyak orang datang untuk kegiatan menyelam. Wisata ini berlokasi di Jalan S. Parman Nomor 40, Pulau Tinabo Besar, Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar. Taman Nasional Taka Bonerate jadi taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia, setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa.

3. Batu Lohe Selayar

Instagram.com / selayar_id

Bagi kamu yang baru mendengar tempat wisata Batu Lohe Selayar, perlu mengetahui kalau batu ini merupakan bukti sejarah panjang dari zaman purba hingga memasuki zaman VOC. Terletak di Desa Balang Butung, Kecamatan Buki, kamu bisa melihat sebuah ukiran atau pahatan aksara mandarin yang telah berusia ratusan tahun silam. 

4. Goa Abadi Balojaha

Instagram.com / visit_sulsel

Kalau ingin berlibur ke wisata selain pantai, maka dapat berkunjung ke Goa Abadi Balojaha. Kamu dapat merasakan sensasi berenang di antara stalakmit dengan gua berbentuk semi vertikal. Goa Abadi Balojaha berlokasi di Desa Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu.

5. Museum Tanadoang

Instagram.com / tourmakassartoraja

Ada pula tempat liburan berupa museum di Kepulauan Selayar, yaitu bernama Museum Tanadoang. Di sana kamu dapat melihat berbagai benda kuno, yang berhubungan langsung dengan Kepulauan Selayar ini. Di antaranya berupa koleksi keramik lampau, miniatur, hingga senjata kerajaan. Museum ini beralamat di Jalan Poros Bandara Aroeppala KM 4 Matalalang, Kelurahan Bontobangun, Kecamatan Bontoharu.

6. Pulau Bahaluang

Instagram.com / explore.bumi

Kalau ingin menikmati keindahan pulau yang jauh dari suasana ramai, maka kamu bisa berkunjung ke wilayah Pulau Bahaluang. Terdapat birunya air laut dengan suasana pantai yang tenang, karena belum banyak wisatawan yang mengetahui kawasan pulau satu ini. Pantai Bahaluang beralamat di Appatanah, Kecamatan Bontosikuyu.

7. Perkampungan Tua Bitombang

Instagram.com / hasrulibnuamri47

Tak hanya memiliki pemandangan laut yang indah, di wilayah Kepulauan Selayar kamu juga dapat berkunjung ke Kampung Tua Bitombang. Perkampungan dengan udara sejuk ini, memiliki sejarah berupa rumah adat yang usianya mencapai ratusan tahun. Menurut kepercayaan, rumah adatnya dibangun tinggi untuk menandakan kekokohan. Perkampungan Tua Bitombang berlokasi di Kelurahan Bontobangun, Kecamatan Bontoharu.

8. Hutan Mangrove Matalalang

Instagram.com / vistisulsel.id

Saat berada di wilayah Kepulauan Selayar, maka kamu dapat berkunjung ke Hutan Mangrove Matalalang. Tempat tersebut selain jadi wisata favorit, juga menjadi hutan mangrove yang mencegah terjadinya tsunami. Hutan Mangrove Matalalang beralamat di Jalan Poros Bandara H. Aroeppala, Bontotangnga, Kecamatan Bontoharu.

9. Air Terjuan Punagaang

Dok. Istimewa

Di sisi lain, terdapat wisata Air Terjun Punagaang yang memiliki aliran air sungai jernih. Terlihat makin indah, karena pemandangan lereng pegunungan hijau dan kawasan laut di sana. Kawasan wisata air terjun ini berada di Desa Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu.

Demikianlah, 9 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat sedang berlibur ke Kepulauan Selayar. Jadi, tertarik dengan wisata yang mana, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel