Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kapal Pesiar Modern dengan Fasilitas Termewah di Dunia

Kapal pesiar ini muat hingga 6.700 penumpang

Nindi Widya Wati

Liburan menggunakan kapal pesiar tak hentinya jadi impian banyak orang. Apalagi, bagi para wisatawan yang ingin sekali menikmati liburan dengan perjalanan panjang. Berangkat dari berbagai antusiasme yang ada, maka tak heran kalau beberapa kapal pesiar hadir menawarkan fasilitas dengan kemewahannya.

Melansir dari Smithsonian Magazine, sebenarnya kapal pesiar sudah ada sejak 120 tahu lalu. Namun, armada yang berani berlayar adalah Prinzessin Victoria Luise dari perusahaan Jerman pada tahun 1900. Sejak saat itu, muncul pula sederet kapal pesiar yang didukung dengan beberapa teknologi canggih dan dianggap jadi sarana pariwisata laut termewah di dunia. Mengenai informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela!

1. Scenic Eclipse

Dok. abc-engines.com

Scenic Eclipse terhitung bukan sebagai kapal terbesar, namun kemewahannya bisa memanjakan para penumpang. Selama pembuatan kapal ini telah menggelontorkan dana hingga Rp4 triliun. Scenic Eclipse pun jadi armada yang rutin menyelenggarakan perjalanan wisata ke daerah kutub Bumi. 

Kapal pesiar ini diluncurkan pada 2018 dengan bisa menampung sekitar 228 penumpang dan 176 kru kapal. Jumlah tersebut tentu sangat kecil jika dibandingkan dengan kapasitas kapal pesiar lainnya. Scenic Eclipse telah berpengalaman membawa wisatawan ke zona dingin, seperti Kutub Utara.

2. Norwegian Epic

Dok. cruisemapper.com

Melansir dari laman Fox Business, biaya pembuatan Norwegian Epic mencapai 1,2 miliar US dolar atau setara Rp17 triliun. Kapal pesiar ini cukup besar dengan panjang 329 meter dengan lebar 40 meter, dan bisa menampung hingga 4.000 ribu penumpang serta 1.700 kru kapal. 

Mengenai manajemen dari Norwegian Epic sudah dikenal berpengalaman dalam mengantarkan wisatawan berkeliling dunia. Apalagi, sejak diluncurkan pada 10 Juli 2009 Norwegian Epic sudah menemani wisatawan laut selama nyaris 13 tahun.

3. AIDAnova

Fok. cruisemapper.com

Inilah AIDAnova sebuah kapal pesiar yang dibuat pada 2015 oleh perusahaan pelayaran asal Jerman bernama Meyer Werft. Mengutip dari Euro News, pada awal Januari 2022, kapal ini telah memulai perjalanannya dari Lisbon dan membawa tiga ribu penumpang. 

Pembuatan kapal ini mencapai 1,2 miliar US dolar atau Rp17 triliun, AIDAnova masuk ke dalam jajaran kapal pesiar paling mewah di dunia pada 2022. Kabarnya, kapal ini juga ditunjang dengan teknologi khusus yang membuat penumpang lebih nyaman dan berisiko rendah terhadap mabuk laut.

4. Oasis Class: Symphony of the Seas

Dok. cntraveler.com

Salah satu kapal pesiar paling mewah yang pernah dibuat di era modern yaitu Oasis Class: Symphony of the Seas. Secara rinci, kapal ini memiliki 16 dek, 20 restoran, dan 7 lingkungan berbeda yang akan memberikan pengalaman unik di atas kapal.

Menghabiskan anggaran sekitar Rp18 triliun, kapal pesiar ini berada di bawah bendera Royal Caribbean International. Termasuk salah satu kapal pesiar terbesar di dunia hingga mampu menampung 6.600 penumpang dan 2.200 kru kapal. Sejauh ini, Oasis Class juga memiliki sebuah kapal lain bernama Harmony of the Seas sebagai kapal pesiar terbesar kedua di dunia.

5. Oasis Luxury Class: Allure of the Seas

Dok. ldaily.ua

Adanya Oasis Luxury Class: Allure of the Seas menjadikan Royal Caribbean sebagai perusahaan kapal pesiar paling bonafide di dunia. Bahkan, kapal pesiar ini masih dianggap sebagai wisata termewah dan termahal yang pernah dibuat manusia. Melansir dari Boater Exam, pembuatan kapalnya membutuhkan biaya hingga 1,5 miliar US dolar atau setara Rp21 triliun. 

Kapal buatan Finlandia ini sudah berlayar sejak 2010 dan memiliki kapasitas 6.700 penumpang dan 2.200 kru kapal. Terdapat tujuh area berbeda sekaligus 24 restoran dalam kapal pesiar ini. Ada pula empat kolam renang lengkap dengan 10 seluncuran air berukuran besar. Makin menyenangkan, karena terdapat arena seluncur es, panjat tebing, dan lapangan basket.

Kalau ingin sekali berlibur dengan kapal pesiar selain menyiapkan dana, juga perlu menyiapkan mental dan fisik yang kuat selama perjalanan panjang, Bela. Jadi, tertarik menaiki jenis kapal pesiar yang mana?

IDN Media Channels

Latest from Travel