Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Wisata Pantai Banyuwangi yang Wajib Masuk Bucket List

Serunya olahraga air di pantai Banyuwangi

Nindi Widya Wati

Banyuwangi secara perlahan mulai memperkenalkan keindahan lokalnya. Terhitung, sejak Taman Nasional Baluran banyak dikunjungi masyarakat luar daerah, membuat beberapa tempat liburan di Banyuwangi dilirik pula oleh wisatawan. 

Lihat saja bagaimana sekarang situs bersejarah seperti Kompleks Inggrisan hingga sederet pantai di Banyuwangi yang mulai ramai pengunjung. Apalagi, kalau berbicara pantai di Banyuwangi yang memiliki beberapa warna pasir, mulai dari pasir hitam sampai putih dengan birunya laut. 

Pilihan pantai di Banyuwangi terbilang cukup aman bagi kamu yang olahraga air seperti, snorkeling hingga berselancar. Lantas, mana saja pantai indah di Banyuwangi? Simak dalam artikel berikut, yuk!

1. Pantai Pulau Merah memiliki keunikan bukit pasir di tengah laut, kamu bisa mendekatinya saat air laut mulai surut. Pantai yang dikenakan biaya masuk Rp8.000 ini berlokasi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi dan buka 24 jam. Biasanya, jadi tempat surfing juga, lho!

Instagram.com / pulaumerah_official

2. Pantai Bama menawarkan hamparan pasir putih dengan birunya air laut. Pantai dengan tiket masuk Rp15-17 ribu ini berada ini berada di Area Taman Nasional Baluran, Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo dan buka dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Instagram.com / explore_banyuwangi

3. Pantai Lampon Pesanggaran memiliki hamparan pasir hitam, masih banyak pohon kelapa, dan terumbu karang di tepi pantai. Pantai gratis ini berada di Desa Lampon, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi dengan jam operasional 24 jam.

GMaps

4. Pantai Mustika biasanya dimanfaatkan untuk mencari ikan, karena ombaknya cukup tenang. Masih terbilang jarang untuk wisatawan mengunjungi pantai yang berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi ini.

Instagram.com / embuhwisrob

5. Pantai Wedi Ireng melewati medan darat yang cukup berat, kalau pun ingin menggunakan jalur laut bisa menggunakan perahu seharga Rp40 ribu. Pantai yang dikenal memiliki suasana tenang ini berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Instagram.com / riyadtourtravel

6. Pantai Sukamade dikenal sebagai tempat penangkaran penyu, guna membantu pelestariannya. Cukup membayar tiket sebesar Rp10 ribu kamu bisa mengunjungi pantai yang berlokasi di Dusun Sukamande, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi ini.

Instagram.com / pikiniknusantara

7. Pantai Teluk Hijau jadi pilihan lokasi snorkeling yang menyenangkan, apalagi saat bisa melihat banyak ikan hingga terumbu karang. Dapat gratis berkunjung dan buka mulai pukul 07.00-16.30 WIB di kawasan Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Instagram.com / traveling_banyuwangi

8. Pantai Boom berada di dekat pusat kota Banyuwangi, ada beberapa spot foto menarik seperti jembatan dan sederet bangunan zaman dulu. Lokasi pantai yang masih gratis ini, di Desa Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

GMaps

9. Pantai Pancur jadi rangkaian wisata di Taman Nasional Alas purwo dengan pasir putih yang biasanya dijadikan tempat camp wisatawan. Buka pukul 08.00 - 17.00 WIB dengan bayar tiket masuk sebesar Rp20 ribu, bisa menuju pantai yang berada di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi.

Instagram.com / isunbanyuwangi

10. Pantai Cemara jadi pilihan favorit untuk hunting foto estetik, berlokasi di Desa Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini buka 24 jam dan bisa masuk dengan membayar Rp2.000.

Instagram.com / ryarahmawati

11. Pantai Plengkung (G-Land) merupakan tempat selancar yang berlokasi di Teluk Grajagan, Taman Nasional Alas Purwo. G-Land bisa dibilang salah satu pemilik ombak terpanjang dan paling menantang di dunia. Sehingga, beberapa kejuaraan selancar kelas internasional kerap berlangsung di sini.

@surfinglens/g-land.com

Itulah, 11 wisata pantai di Banyuwangi yang bisa jadi pilihan liburan, Bela. Tertarik untuk berkunjung ke pantai yang mana, nih

IDN Media Channels

Latest from Travel