Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Istana Air yang Terkenal Megah di Seluruh Dunia

Istana air ini terkenal memiliki taman & museum

Nindi Widya Wati

Istana tersohor sebagai bangunan megah yang biasanya dihuni oleh keluarga kerajaan, kepala negara, atau petinggi lainnya. Lantaran memiliki nilai keberadaan yang cukup penting, maka istana kerap dibangun di dataran tinggi atau bahkan juga sengaja di kelilingi perairan. 

Bukan tanpa alasan, perairan di sekeliling istana berfungsi sebagai pertahanan tambahan, agar musuh tak memiliki kemungkinan untuk menyerang dari bagian bawah bangunan istana. Pembangunan istana air ini pun beragam, ada yang di atas danau, waduk, hingga tepi laut.

Lantas sebenarnya, istana mana saja yang dikelilingi perairan? Informasi selengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela!

1. Jal Mahal terkenal sebagai istana yang berada di tengah-tengah Waduk Man Sagar di Jaipur, India. Bahkan, kalau ingin menuju ke istana harus menaiki perahu.

unsplash.com/mitchellngyummy

2. Istana Vadstena terletak di bagian tepi danau Vattern dan menjadi istana di Vadstena, Swedia yang telah dibangun sejak 1545.

Instagram.com/vadstenaslott

3. Sidon Sea Castle menjadi kastil yang telah dibangun sejak tahun 1228 di tepi Laut Mediterania dan terkenal memiliki pemandangan alam yang luar biasa.

commons.wikimedia.org/Rabih omeiri

4. Tepi danau Geneva di Veytaux, Swiss kiranya menjadi tempat berdirinya istana Chillon yang berukuran sangat luas dengan jembatan penghubung ke daratan.

unsplash.com/rgaleriacom

5. Istana Bodiam jadi salah satu istana di Inggris yang berada di perairan karena letaknya yang tepat berada di tengah-tengah parit.

unsplash.com/bacchanalia

6. Castillo de la Real Fuerza merupakan istana yang sekaligus menjadi kediaman resmi dari Gubernur wilayah Havana, Kuba.

commons.wikimedia.org/enrique1363

7. Istana Egeskov terbilang sebagai hunian yang lengkap dengan museum dan taman sangat luas, berada di tengah-tengah danau kecil di di dekat Kværndrup, Denmark.

unsplash.com/marsurn

8. Kalau ini istana berbentuk setengah lingkaran bernama Istana Vischering yang berada di Lüdinghausen, Jerman. Sebenarnya, istana ini dibangun untuk melindungi Uskup Munster.

pixabay.com/makalu

9. Istana Muiderslot yang berada di tengah-tengah parit dekat Sungai Vechte di Muiden, Belanda. Tak disangka, istana ini menjadi bagian dari Amsterdam State Museum.

unsplash.com/jddartphotographer

10. Ada pula Burg Gudenau yang dikenal sebagai istana air di Jerman, secara rinci terletak di Wachtberg dengan memiliki area yang sangat luas lengkap dengan sebuah taman.

commons.wikimedia.org/Wolkenkratzer

11. Istana Boldt ternyata jadi hunian ala Eropa yang berada di Amerika Serikat, tepatnya di Pulau Heart pada negara bagian New York.

pixabay.com/cesarezz

Demikianlah, 11 istana air yang terkenal megah di seluruh dunia dan kiranya selalu memiliki sejarah unik. Bagaimana menurutmu, Bela? 

Artikel ini sudah pernah dimuat di IDN Times dengan judul "Inilah 11 Potret Istana Air yang Terkenal di Seluruh Dunia" oleh Nuraina Fika Lubis.

IDN Media Channels

Latest from Travel