Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Destinasi Wisata yang Muslim Friendly di Korea Selatan

Serunya liburan di Korea Selatan!

Nindi Widya Wati

Korea Selatan sekarang tak hanya menarik minat wisatawan dengan industri hiburannya. Lantaran, negara dengan sebutan Negeri Ginseng ini memiliki banyak destinasi wisata yang bisa jadi tempat liburan seru. Apalagi, bagi kamu yang mencari destinasi wisata di Korea Selatan yang ramah terhadap muslim

Seperti yang pernah tersiar pada 2021, kalau Korea Tourism Organization (KTO) tengah memperkenalkan kampanye bertajuk Muslim Friendly Korea untuk menarik wisatawan Indonesia yang notabennya mayoritas muslim. Bahkan guna mendukung kampanye tersebut, beberapa tempat salat atau musala bisa dengan mudah ditemui di beberapa tempat liburan di Korea Selatan.

Kira-kira destinasi wisata apa saja yang muslim friendly di Korea Selatan? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut, Bela!

1. Onemount Snowpark

Dok. Klook

Onemount Snowpark terkenal sebagai taman hiburan musim dingin indoor pertama yang ada di Korea Selatan. Tempat wisata ini terletak di Hallyu World dan KINTEX Land, Seo-gu, Ilsan. Onemount Snowpark dibagi menjadi empat fasilitas utama, yakni shopping mall, water park, snow park, dan sport club.

Salah satu gedung kecil berwarna pirus di Onemount Snowpark adalah musala yang dikhususkan untuk salat. Meski ada area untuk wudu, namun kamu harus membawa peralatan salat karena di sana tidak disediakan. 

2. Petite France

Dok. Viegam Virtual

Sesuai namanya, Petite France adalah miniatur Prancis kecil yang berada Gyeonggi-do, Korea Selatan. Petite France cukup populer karena banyak drama Korea yang melakukan syuting di tempat dengan bangunan indah ini, seperti My Love From The Stars dan Secret Garden.

Pagi para pengunjung yang muslim, tempat salat atau musala terletak di lantai dua gedung biru yang tinggi, sementara kamar kecil terletak di gedung putih. Saat berkunjung ke Petite France, usahakan membawa sendiri peralatan salat karena di sana tidak disediakan. 

3. Lotte World Tower & Mall

Dok. Koreattrack.com

Saat sedang berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Korea Selatan, kini kamu tak perlu khawatir lagi soal ibadah. Lotte World Tower & Mall punya ruang salat yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Bahkan, area wudunya pun terpisah, lho.

Musala di Lotte World Tower & Mall terletak di lantai enam AvenueL yang berdekatan dengan Agra, restoran halal yang wajib untuk dicicipi saat berkunjung ke sana. Namun, pastikan kamu membawa sendiri peralatan salat.  

4. Lotte World

Dok. KoreaToDo

Berbeda dari Lotte World Tower & Mall, Lotte World merupakan taman hiburan dalam ruangan yang terletak di Seoul. Bahkan, Lotte World menjadi salah satu taman hiburan dalam ruangan terbesar di dunia. 

Bagi para pengunjung muslim, Lotte World menyediakan musala untuk salat yang terletak di lantai sebelah lift Folk Museum. Sayangnya, tidak disediakan pembatas antara perempuan dan laki-laki sehingga kamu perlu bergantian untuk salat. Pastikan membawa peralatan salat sendiri, ya

5. K-Style Hub

Dok. Travel2Next

K-Style Hub sebagai salah satu tempat wisata gratis yang wajib kamu kunjungi untuk tahu semua informasi tentang budaya dan makanan Korea Selatan. Uniknya, kamu juga bisa merasakan pengalaman Hallyu Wave secara nyata dengan mengenal idol Kpop dan artis Korea Selatan melalui pameran.

Di K-Style Hub disediakan musala dalam kondisi yang bagus serta terpisah antara perempuan dan laki-laki. Musala berada di lantai dua, tetapi usahakan untuk membawa sendiri peralatan untuk salat. 

6. Nami Island

Dok. Just Love Walking

Mungkin kamu tak asing mendengar Nami Island, pulau yang terkenal lewat drama korea Winter Sonata. Secara spesifik, pulau ini terletak di perbatasan dua provinsi yaitu Gangwon-do dan Gyeonggi-do. 

Pulau ini sangat disukai oleh wisatawan muslim, lantaran menjual berbagai makanan halal. Serta memiliki fasilitas musala yang berada tak terlalu jauh dari pintu masuk, atau berada di lantai 2 Picture Book Library.

7. The Seoul Central Mosque

Dok. Korea.net

Bagi traveller muslim yang datang ke Korea, kiranya perlu menapakkan kaki di Seoul Central Mosque. Mengingat sejarahnya, ini merupakan masjid pertama dan terbesar di Seoul yang kini menjadi pusat kegiatan keagamaan kaum muslim negeri gingseng.

Secara spesifik terletak di Hannam-dong, Distrik Yongsan. Seoul Central Mosque memiliki jamaah yang dari tahun ke tahun terus meningkat seiring perkembangan Islam di Korea Selatan. Terlihat, pada waktu salat magrib atau isya ratusan umat muslim Korea dan turis mampir untuk salat berjamaah. 

8. CEOX Mall

Dok. Korea Tourism Organization

COEX Mall kini menjelma salah satu area perbelanjaan terbesar di Asia. Namun di balik pencapaian tersebut, pengelola tetap ingin menghadirkan tempat ramah bagi pengunjung muslim. 

Berangkat dari niatan tersebut, maka dibangunlah ruang salat yang terletak di lantai tiga. Selain menyediakan fasilitas ruang salat memadai, di sana juga terdapat quran. Musala sudah dibuka dari pukul tiga pagi sampai 10 malam.

9. Everland

Dok. TripAdvisor

Everland memiliki berbagai atraksi universal hingga theme park yang wajib dikunjungi para pelancong. Di Everland, terdapat beberapa zona dengan tema yang berbeda, salah duanya American Adventure dan Zootopia.

Masuk list wisata muslim friendly, karena di tengah hiruk-pikuk orang yang ingin mencari kesenangan, Everland masih menyediakan musala. Ruang salat itu berada tepat di sebelah kanan pintu masuk utama atau di dekat food court dan wahana Shooting Ghost. 

10. Trick Eye Museum

Dok. The Seoul of Seoul

Saat ingin melihat suguhan seni hingga kreativitas visual, Busan memiliki Trick Eye Museum. Museum yang memiliki sekitar lebih dari seratus ilusi optik dan dilukis secara manual. Bahkan, dalam museum tersaji pameran berupa karya seni digital, patung, dan lukisan.

Tak perlu khawatir susah mencari tempat salat, karena tempat wisata ini memiliki ruang khusus sebagai musala. Sayangnya sajadah ada terbatas, kamu harus membawa peralatan salat dan menentukan arah kiblat sendiri. 

11. Ilchulland

Dok. WAUG

Jika ingin menikmati eduwisata, maka Ilchulland yang menjadi resor ekologi dan budaya di Pulau Jeju bisa jadi pilihan yang menarik. Fakta menariknya bagi kamu penggemar Running Man, bisa sekalian mengetahui tempat syuting variety show satu ini. 

Alasan para muslim kerap menjadikan tempat ini sebagai pilihan destinasi wisata, karena dilengkapi musala yang bahkan terpisah antara perempuan dan laki-laki. Namun perlu diingat, pengunjung harus membawa sendiri peralatan salat. 

Itulah, 11 destinasi di Korea Selatan yang kini menyediakan musala bagi para wisatawan muslim. Kalau kamu ingin berkunjung ke destinasi yang mana, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel