Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Akuarium Terbesar di Dunia, Ada AquaDom yang Dikabarkan Pecah

Insiden AquaDom mengakibatkan dua korban luka-luka

Nindi Widya Wati

Seperti jadi kabar buruk di penghujung 2022, saat salah satu akuarium dengan berbagai biota laut AquaDom di kawasan Radisson Collection Hotel, Berlin, Jerman baru-baru ini dikabarkan pecah. Kejadian nahas yang menyebabkan sekitar satu juta liter atau setara 364.172 galon air tumpah dan menggenangi trotoar dan jalanan. 

Akuarium setinggi 25 meter tersebut berisi sebanyak 1.500 ikan laut. Melansir dari The Guardian, beberapa ikan badut, ikan teira batfish, dan ikan dori terlihat mati karena tak terselamatkan. Tak hanya itu, ada pula 2 orang korban yang mengalami luka akibat pecahan kaca.

Pecahnya AquaDom terjadi setelah dua tahun lalu akuarium silinder terbesar di dunia ini diperbarui. Insiden yang tentunya sangat mengejutkan pengelola hingga Wali Kota Berlin, Franziska Giffey. Namun, atas kejadian ini Pengelola AquaDom berjanji akan segera mencari informasi lebih dalam dan untuk sementara waktu lokasi kejadian ditutup.

Berbicara mengenai akuarium sebagai replika tempat tinggal beberapa spesies binatang laut. Selain AquaDom, sebenarnya ada beberapa akuarium terbesar di dunia yang menyimpan beragam spesies langka laut lengkap dengan keindahan habitatnya. Bahkan, beberapa di antaranya sudah berdiri lebih dari 50 tahun lalu dan menyuguhkan atraksi yang memukau.

Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela!

1. Okinawa Chiraumi Aquarium, Jepang

Dok. Internet

Makin dikenal sebagai negara dengan proyek bangunan serba raksasa, Jepang kiranya juga memiliki akuarium terbesar di dunia. Bernama Okinawa Chiraumi Aquarium adalah akuarium yang dibangun sejak tahun 2002. 

Sejumlah spesies hiu paus, sarden, ikan pari, dan tanaman air tersimpan dalam Tangki Kurosio. Akuarium ini juga dilengkapi dengan penyelaman dan aktivitas menyenangkan bagi para pengunjung. 

2. Ushaka Marine World, Afrika Selatan

Dok. Internet

Akuarium ini menyimpan biota laut dan dibangun menyerupai kapal karam dengan dibagi menjadi beberapa bagian. Ushaka Marine World terdiri dari penyelaman hiu, pertunjukan lumba-lumba, dan pertunjukan anjing laut. Bagian Wet 'n Wild adalah tempat paling menyenangkan karena memiliki kolam. Taman ini juga memiliki area perbelanjaan dan hiburan serta area bermain anak-anak.

3. Shanghai Ocean Aquarium, Tiongkok

Dok. Internet

Keajaiban akuatik air seluas 263.910 kaki persegi dengan beberapa hewan laut langka terdapat di Shanghai Ocean Aquarium. Pengunjung akan melihat penguin Antartika, buaya Yangtze, salamander raksasa, naga air Tiongkok, dan beberapa makhluk yang jarang terlihat di alam liar. Makin mengesankan, karena pengunjung dapat berjalan-jalan melalui terowongan yang dibangun di dalam akuarium. 

4. Monterey Bay Aquarium, California

Dok. Internet

Ada inisiatif konservasi untuk menemukan spesies yang terancam punah dan menyediakan lingkungan aman bagi biota laut di Monterey Bay Aquarium. Akuarium ini menawarkan lebih dari 35.000 hewan dan sekitar 620 spesies berbeda.

Ada pula tur dan edukasi tentang pemberian makan hewan yang dirasakan pengunjung, selain itu bisa menikmati pertunjukan hewan yang fantastis. Beberapa hewan di antaranya, anjing laut, paus, hiu, gurita, ubur-ubur, belut serigala, dan sarden. 

5. L'Oceanografic Aquarium, Spanyol

Dok. Internet

Terkenal sebagai negara dengan arsitektur bangunan yang megah, hal tersebut juga tergambarkan saat Spanyol ternyata membangun L'Oceanografic Aquarium. Makin menakjubkan saat akuarium ini memiliki ikan mas unik lengkap dengan anjing laut, lumba-lumba, dan para penguin.

L'Oceanografic Aquarium jadi akuarium terbesar di Eropa dan memiliki 12 bangunan yang dibuat mirip ekosistem laut dengan sekitar 500 spesies hewan laut. Selain itu, ada juga burung yang ditemukan di lahan basah. 

6. Sydney Aquarium, Australia

Dok. Internet

Kawasan pelabuhan Darling memiliki tempat wisata berupa Sydney Aquarium dengan lebih dari 650 spesies hewan yang berbeda dan total 6000 hewan. Sejak tahun 1988, Sydney Aquarium menjadi rumah bagi beberapa hewan laut paling unik di dunia. 

Akuarium ini memiliki rekreasi terumbu penghalang terbesar di dunia yang berasal dari pantai asli Australia, makin seru saat bisa melihat kawanan penguin. Sydney Aquarium menampilkan terowongan panel akrilik unik, tempat pengunjung dapat berjalan saat melihat ikan berenang di sekitar mereka.

7. New England Aquarium, Boston

Dok. Internet

Sebagai upaya perlindungan terhadap biota laut yang terancam punah, New England Aquarium menawarkan tempat yang serupa habitat aslinya. Akuarium yang dibangun sejak 1969 ini bahkan merevolusi tampilan laut karena fitur terumbu karang silinder yang dibangun untuk mereplikasi terumbu karang Karibia.

Terumbu karang rumah bagi beberapa spesies hiu putih besar, ikan tropis, penyu, maupun gurita. Ada pula pameran anjing laut hingga penguin di akuarium. Tak hanya laut, akuarium ini juga menampilkan sungai Amerika Selatan lengkap dengan ular anakonda, piranha, belut listrik, dan banyak lagi. 

8. Two Oceans Aquarium, Afrika Selatan

Dok. Internet

Kalau berlibur ke Afrika Selatan, ada destinasi wisata menarik berupa Two Oceans Aquarium. Akuarium ini memiliki enam pameran bertema yang menampung lebih dari 3.000 hewan. 

Pameran menunjukkan berbagai hewan yang ditemukan di Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Sungai Sappi, dan Hutan Kelp. Kamu akan merasakan sensasi menyelam bersama hiu, memberi makan beberapa hewan, hingga jalan-jalan di hutan rumput laut.

9. National Aquarium, Baltimore

Dok. Internet

Sudah ada sejak 1981, National Aquarium yang berada di kawasan Baltimore, Amerika Serikat menjadi akuarium paling komprehensif di dunia. Akuarium ini mengoleksi lebih dari 660 spesies berbeda serta lebih dari 16.500 hewan.

Ada pula representasi hutan hujan tropis yang dipenuhi dengan berbagai jenis burung tropis di lantai pertama. Akuarium ini memiliki tangki hiu yang luar biasa lebih dari 30 kaki, terdapat spesies hiu martil dan hiu putih besar yang mematikan. Selain itu, ada pula tangki katak yang menampilkan katak terbesar di dunia.

10. Georgia Aquarium, Atlanta

Dok. Internet

Inilah akuarium terbesar di dunia, bahkan Georgia Aquarium menyimpan beberapa spesies laut paling langka beserta habitatnya. Akuarium ini dibagi menjadi lima galeri berbeda yaitu Pelayaran Samudra, Penjelajah Georgia, Penyelam Tropis, Pengintai Sungai dan Pencarian Air Dingin.

Pelayaran Samudra menjadi rumah pari manta dan hiu, memiliki 6,3 juta galon air serta panel akrilik terbesar di Amerika Utara. Kalau Penjelajah Georgia mengenalkan hewan unik seperti penyu tempayan dan singa laut yang langka. Sedangkan, Pengintai Dungai menampung binatang yang hanya ada di sungai-sungai Afrika dan Amerika Selatan. 

Wah, terlihat begitu mengagumkan, ya? Meski hanya replika, namun bisa membuat pengunjung merasakan indahnya hidup di bawah air laut. Jadi, kamu tertarik untuk berkunjung ke akuarium yang mana, nih, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel