Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi Destinasi Wisata di Pulau Utara Selandia Baru

Bisa masuk ke wishlist liburan kamu tahun ini

Niken Ari Prayitno

Sebagai negara yang memiliki bentangan alam menakjubkan, Selandia Baru selalu memikat perhatian wisatawan. Berikut sejumlah alasan mengapa Selandia Baru harus masuk ke dalam bucket list perjalananmu di 2024.

Pertama, Selandia Baru menawarkan pemandangan alam yang ikonik, pengalaman budaya yang beragam, bahkan kegiatan yang memacu adrenalin baik di Pulau Utara maupun Pulau Selatan.

Kedua, untuk para pencinta aktivitas outdoor, penggemar budaya ataupun pecinta alam, Selandia Baru memiliki berbagai jenis wisata yang dapat dinikmati semua orang. Maka, tidak heran bahwa negara ini sering masuk ke dalam daftar destinasi liburan banyak orang, termasuk orang Indonesia.

Jika kamu ada rencana untuk berlibur ke Selandia Baru di tahun ini, berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata di Pulau Utara Selandia Baru. Apa saja? Simak, yuk!

1. Hobbiton Bagshot Row, Waikato

Dok. Tourism New Zealand

Pencinta film The Hobbit dan The Lord of The Rings tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Latar syuting kedua film tersebut telah menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di Selandia Baru.

Di desa Hobbiton ini, kamu dapat menjelajahi dan merasakan suasana ajaib penuh khayalan seperti di dunia Hobbit. Pastikan kamu juga mengunjungi Hobbiton Bagshot Row, di mana Anda dapat merasakan pengalaman baru di dalam Hobbit Hole yang mulai dibuka untuk umum pada Desember 2023.

2. Hot Water Beach, Coromandel

Dok. Tourism New Zealand, Destination Coromandel

Istilah "unik" tidak cukup untuk mendeskripsikan seberapa langka Hot Water Beach ini. Dalam kurun waktu dua jam sebelum atau sesudah pasang surut, wisatawan dapat menggali kolam (menggunakan tangan atau sekop) di mana air yang sangat hangat akan muncul keluar dari pasir. Kolam air panas buatan sendiri, siapa yang tidak tertarik?

3. Tongariro Alpine Crossing

Dok. Zhi Yuen YAP, Tourism New Zealand

Terkenal sebagai tempat pendakian sehari yang terbaik di Selandia Baru, Tongariro Alpine Crossing adalah jalur pendakian menantang yang melintasi hamparan vulkanik yang luar biasa.Taman Nasional Tongariro adalah taman nasional pertama di Selandia Baru yang merupakan taman nasional pertama di dunia yang diberikan oleh penduduk asli setempat.

Destinasi ini diakui sebagai Kawasan Warisan Dunia ganda karena nilai alam dan budayanya yang luar biasa. Penggemar Lord of the Rings juga mungkin tidak asing dengan pemandangan ini yang dikenal sebagai Gunung Doom dalam film tersebut.

4. Gua Waitomo, Waikato

Dok. Corin Walker Bain, Tourism New Zealand

Waitomo Caves adalah keajaiban kuno yang terdiri dari stalaktit, stalagmit, dan jutaan cacing bercahaya. Diberi nama oleh penjelajah suku Māori kuno, Waitomo yang berasal dari kata ‘wai’ (air) dan ‘tomo’ (lubang).

Untuk petualangan luar biasa ini, kamu dapat mengikuti tur kayak dengan pemandu dan menyusuri Waikato River di malam hari dengan cahaya yang hanya berasal dari puluhan ribu cacing bercahaya yang menjadikan gua ini sebagai rumah mereka.

5. Wai Ariki Hot Springs & Rotorua

Belgravialeisure.com.au

Rotorua Wai Ariki Hot Springs & Spa adalah spa dan pusat kesehatan terbesar di belahan bumi bagian selatan. Tempat ini menyajikan pengalaman bintang lima yang premium kepada para wisatawan.

Dimiliki oleh suku Māori, Wai Ariki adalah surga relaksasi dan kebugaran yang menawarkan perpaduan unik antara praktik penyembuhan tradisional Māori dan pengalaman kebugaran yang modern. Fasilitas ini bahkan memiliki kolam renang yang dibuat khusus untuk menikmati pemandangan senja gunung Ngāti Whakaue.

Pengalaman spa dan kesehatan yang unik ini menghadirkan manaakitanga yang otentik, sebuah konsep yang telah berusia beberapa abad dan terkenal di mancanegara untuk menyambut dan merawat manuhiri (pengunjung). Pengunjung dapat memanjakan diri di pemandian air panas yang kaya akan mineral terapeutik yang terkenal dengan khasiat
penyembuhan serta efek menenangkannya.

6. Kohutapu Lodge & Tribal Tours

Kohutapulodge.co.nz

Bagi kamu yang mencari pengalaman bersama penduduk lokal, kamu dapat mengunjungi Kohutapu Lodge & Tribal Tours di Rotorua untuk bercengkrama langsung dengan penduduk setempat. Akomodasi unik ini mengajak kamu untuk tinggal di rumah dan merasakan kehidupan asli suku Māori modern.

Saat menginap di sini, kamu dapat belajar memancing belut, menenun, dan melakukan tarian Haka; menyicipi hāngi tradisional atau berkunjung ke marae bersama pemandu; serta melihat pahatan batu Māori kuno dan sejumlah pengalaman unik lainnya.

7. Whirinaki Te Pua-a-Tāne Conservation Park

Doc.govt.nz

Tinggalkan hiruk-pikuk perkotaan dan segarkan diri kamu di alam. Manjakan pikiran, tubuh, dan jiwamu dengan berjalan di Hutan Whirinaki, salah satu hutan hujan prasejarah terakhir dan terbesar di dunia.

Hutan ini terletak di Whirinaki Te Pua-a-Tāne Conservation Park, sebuah taman konservasi yang dapat diakses oleh publik. Pemandu akan membawa para wisatawan dan bercerita tentang pentingnya hutan ini secara spiritual dalam tur sehari, Whirinaki Forest Footsteps.

Selama tur, wisatawan juga akan belajar tentang pengobatan suku Māori, berkesempatan menyentuh pohon Totara yang berusia 1.000 tahun, dan melihat burung-burung asli Selandia Baru yang terancam punah.

8. Auckland – Ponsonby

Stuff.co.nz

Kamu dapat mengunjungi Ponsonby, sebuah kawasan trendi di Auckland yang dekat dengan pusat kota untuk pilihan kuliner dan belanja. Kawasan Ponsonby ini dikenal sebagai tempat berbelanja dan kuliner, dengan banyaknya butik-butik, toko buku indie, dan kafe di sepanjang Ponsonby Road.

Pilihan kuliner yang menggiurkan berjajar mulai dari truk taco gourmet dan kedai burger di area pasar Ponsonby Central hingga gastropub kelas atas dan bistro hidangan laut. Terdapat pula galeri kecil yang memamerkan kerajinan tangan Kiwi dan seni modern yang edgy, juga bar yang memiliki spesialisasi di pembuatan craft beer dan koktail.

Ponsonby di Auckland menduduki peringkat 33 dari 40 pinggiran kota terkeren di dunia versi Time Out. Peringkat tahunan ini menampilkan 40 pinggiran kota terbaik di seluruh dunia yang menjadi destinasi yang tepat untuk bersenang-senang, berwisata kuliner, budaya, dan komunitas.

Itu tadi rekomendasi destinasi wisata di Pulau Utara Selandia Baru yang bisa kamu masukkan ke dalam wishlist tahun ini. Mana yang menarik perhatianmu?

IDN Media Channels

Latest from Travel