Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pencinta Traveling Siap-Siap, Ini 6 Prediksi Tren Liburan Tahun 2019

Bukan cuma sekadar jalan-jalan nih!

Niken Ari Prayitno

Akhir tahun memang menjadi momen yang pas untuk merencanakan sesuatu atau membuat resolusi sebagai salah satu pegangan kita meraih tujuan di tahun berikutnya. Nggak terkecuali dengan liburan. Meski kamu nggak merasakan serunya liburan di akhir tahun, liburan setelah di tahun baru bisa menjadi aktivitas tak terlupakan yang bisa kamu lakukan.

Sedang merencanakan negara mana yang akan kamu kunjungi di tahun 2019 mendatang? Atau malah bingung kegiatan traveling apa yang akan kamu lakukan? Tenang saja, Bela, melansir Klook, berikut ini ada enam prediksi tren liburan di tahun 2019 mendatang. Siap-siap ya!

1. Wisata edukasi diprediksi menjadi favorit di tahun 2019

Pixabay.com/Steinchen

Dengan meningkatnya konektivitas dan jalinan budaya, tidak ada batasan untuk belajar dari satu sama lain. Semakin banyak wisatawan berminat untuk mengenal lebih dekat warisan kebudayaan tempat tujuan mereka, mereka tidak hanya membawa pulang kenangan tetapi juga keahlian baru yang unik.

Misalnya, kamu bisa mengikuti kelas Chinese Painting di Shanghai yang mengajari evolusi Chinese painting dengan cara yang menyenangkan dan menarik, termasuk cara menggunakan kuas Chinese paint dan menguasai teknik oriental painting. Atau jika kamu tidak ingin bepergian jauh, kamu bisa mengunjungi Bali. Di Bali, para wisatawan dapat berpartisipasi dalam Kelas membatik dan mempelajari kerajinan yang termasuk dalam UNESCO Intangible Cultural Heritage of Humanity List, mulai dari proses pewarnaan dengan lilin tradisional hingga prinsip dasar kerajinan. 

2. Menjelajahi tempat yang jarang dikunjungi wisatawan

Pixabay.com/Engin Akyurt

Semakin banyak wisatawan meninggalkan pedoman perjalanan yang biasa dan mencoba untuk membuat rencana perjalanan unik yang sering membawa mereka ke tempat yang jarang dijelajahi dan jauh dari perkotaan. Phu Quoc Island Sightseeing Tour misalnya, membawa turis menjelajah pulau Phu Quoc yang terletak di bagian selatan Vietnam, tour ini mencakup kunjungan ke perkebunan mutiara dan merica, Coconut prison dan masih banyak lagi.

Di Malaysia, dengan berkendara selama 3 jam dari Kuala Lumpur, wisatawan akan tiba di Ipoh dan dapat mengunjungi hutan hujan yang lebih tua dari Amazon dan Congo - di mana mereka dapat mengikuti The Belum Temenggor Forest Reserve Tour. Eksplorasi tanah prasejarah dan lihat kekayaan alam Belum-Temenggor yang berusia lebih dari 130 juta tahun! Dan juga berkesempatan untuk melihat harimau Malaysia dan badak Sumatra dan akhiri tour dengan menikmati siraman air sejuk di Nam Waterfall.

3. Liburan tanpa banyak membawa uang tunai

Pixabay.com/Igorov Syannykov

Liburan masa kini bukan lagi soal membawa banyak barang atau uang. Dengan adanya ponsel pintar, pilihan aktivitas liburan berada dalam genggaman tangan wisatawan sehingga kebiasaan bepergian dengan membawa uang tunai dan dokumen pemesanan mulai ditinggalkan. Konsumen mencari solusi cepat dan bebas uang tunai yang memungkinkan mereka untuk menggunakan layanan pemesanan yang pintar dan praktis, misalnya QR Code dan E-vouchers.

Salah satu yang bisa kamu manfaatkan untuk liburan adalah aplikasi traveling Klook. Klook dapat memesan berbagai produk dari Rental Mobil Pribadi, hingga berbagai pilihan voucher Makanan hingga tiket bus City Tour tanpa perlu mengeluarkan dompet.

4. Instagrammable

Pixabay.com/Split Shire

Instagrammable diprediksi akan tetap menjadi salah satu tren wisata di tahun 2019 nanti. Dunia adalah lokasi set pemotretan dan semua orang mencari insta-moments terbaik yang bisa mereka dapatkan - baik itu latar belakang dengan air terjun yang indah, foto infinity pool yang ikonik atau pemandangan matahari terbenam untuk mendapatkan momen yang spesial. 

5. Solo Travelling

Pixabay.com/Stock Snap

Data Klook menunjukkan bahwa jumlah solo traveller telah meningkat dari 31% menjadi 38% di tahun 2018 - dan data terakhir menunjukkan bahwa tren ini akan terus meningkat. Klook memberikan kamu kebebasan untuk bepergian sendirian dan tetap terkoneksi, aman dan percaya diri untuk menjelajahi dunia, baik itu pilihan perjalanan untuk pencarian jati diri, menghabiskan akhir pekan untuk menyegarkan pikiran atau keputusan impulsif untuk mencari inspirasi.

Kamu dapat memesan full day tour di Rishikesh India yang bertempat di kaki gunung Himalaya di samping Holy Ganges River. Kota Rishikesh terkenal sebagai pusat pembelajaran yoga dan meditasi, kota ini dipenuhi kuil dan Ashram dengan jalanan yang bebas dari hiruk pikuk lalu lintas, bebas alkohol dan pusat vegetarian. Tour pribadi ini mencakup semua titik utama, termasuk sesi meditasi dan juga waktu hening di Neer Garh waterfall yang menakjubkan. 

6. Staycation

Pixabay.com/Manuela Jaeger

Ini solusi untuk kamu yang benar-benar sibuk dan hanya memiliki waktu libur yang sedikit. Tak perlu jauh-jauh, cukup di sekitar Jakarta atau Bandung, kamu sudah bisa merasakan pengalaman yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya.

Jelajahi aneka kuliner peninggalan Jakarta masa lampau dengan Wisata Kuliner Cikini dan mengunjungi pasar tradisional tertua di Cikini yang dibangun lebih dari setengah abad yang lalu pada 1962. Selain dari itu, nikmati petualangan di kota Bandung dengan Lembang Day Tour dan mengagumi pemandangan indah dan menikmati angin sejuk di The Lodge Maribaya, taman rekreasi yang sangat besar. 

IDN Media Channels

Latest from Travel