Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kampung Halaman Ningning Aespa, Ini 10 Tempat Wisata Populer di Harbin

Menikmati Rusia di Tiongkok yang diselimuti es

Natasha Cecilia Anandita

Ningning aespa kerap kali terlihat santai dengan baju tipis dan mininya di cuaca dingin. Bahkan rekan se-grupnya, Karina pun sampai heran apakah dia tak merasa dingin dengan bajunya itu. Setelah diselidiki, ternyata member yang kerap disebut sebagai Elsa-nya aespa itu memiliki kampung halaman di Harbin, Tiongkok, provinsi paling utara yang dikenal dengan cuaca dinginnya.

Tak heran jika Ningning tetap santai dengan bajunya yang tipis atau pendek di cuaca dingin Seoul. Harbin sendiri merupakan salah satu kota paling unik di Tiongkok. Terletak di paling utara dan berbatasan dengan Rusia, area ini bahkan memiliki suhu rata-rata di musim panas adalah 21,2 °C. Sebaliknya, suhu rata-rata di musim dingin adalah −16,8 °C, dengan kemungkinan suhu jatuh hingga −38.1 °C.

chinadiscovery.com

Karena itu, Harbin dijuluki sebagai “Negeri Ajaib Musim Dingin” atau “Kota Es”. Kamu juga bisa merasakan vibes Rusia, di kota ini. Harbin juga dijuluki sebagai 'Moskwa Oriental' atau 'Paris Oriental' karena arsitekturnya. Penasaran dengan penampakan Harbin dan wisata populer di sana? Berikut 10 tempat wisata yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Harbin.

1. Harbin Ice & Snow World - Tempat utama Festival Es & Salju Harbin

thediplomaticaffairs.com

Setiap musim dingin dari awal Desember hingga akhir Februari adalah waktu untuk salah satu festival salju dan es terbesar di dunia. Itu adalah Festival Es & Salju Internasional Harbin yang secara resmi dimulai dari 5 Januari dan berlangsung selama sebulan penuh.

Festival tahunan ini diadakan di banyak tempat indah di sekitar Kota Harbin, Harbin Ice & Snow World adalah tempat utamanya. Di Ice & Snow World Scenic Area, kamu dapat memasuki dunia dongeng dengan kastil, menara, dan bangunan indah lainnya yang dibuat dari balok es dan salju.

chinadiscovery.com

Semua patung es dan salju yang menakjubkan juga hadir diterangi dari dalam oleh lampu pijar multi-warna, menciptakan dunia yang penuh warna dan cerah yang bersinar di bawah langit musim dingin. Keindahakannya akan semakin terpancar saat kembang api meledak di langit.

Alamat: Harbin Ice & Snow World, Distrik Songbei, Harbin

Jam Buka: 11.00-21.30

2. Sun Island (Pulau Matahari) - Taman santai dan situs pameran patung salju

chinadiscovery.com

Sekitar 2,6 km di sebelah timur Ice and Snow World ada Sun Island atau Pulau Matahari, tempat menarik lainnya di Harbin. Pada bulan-bulan musim semi, musim panas dan musim gugur, pulau ini merupakan tempat yang sempurna untuk bersepeda, berjalan-jalan, dan piknik.

Di musim dingin, Sun Island menjadi rumah bagi pameran ukiran salju (Harbin International Snow Sculpture Art Expo)! Patung salju oleh seniman dari seluruh dunia akan dikumpulkan di pulau tersebut, memungkinkan semua orang untuk menghargai dari dekat dan berfoto dengan mereka.

expedia.co.id

Tidak seperti patung-patung di Ice and Snow World, semua patung berukuran bangunan di Sun Island diukir dari salju, bukan es. Meskipun mungkin terdengar ‘gila’ untuk membangun patung salju yang jauh lebih besar dari sebuah rumah, nyatanya ada lebih banyak karya menakjubkan seperti itu di sini.

Pulau ini dapat diakses dengan taksi. Dan karena pulau ini berada di seberang Sungai Songhua dari Taman Stalin, kamu dapat mencapai pulau dari Taman Stalin dengan perahu selama bulan-bulan hangat (Mei - September)! Ada juga kereta gantung antara taman dan pulau yang dibuka sepanjang tahun.

Alamat: Area Pemandangan Pulau Sun, Distrik Songbei, Harbin

Jam Buka: 08:00-17:00

3. Resor Ski Yabuli - Resor ski terbesar dan paling profesional di Harbin

chinadiscovery.com

Resor Ski Yabuli terletak sekitar 230 km dari pusat kota Harbin. Ini adalah resor ski terbesar dan paling profesional di Harbin dan bahkan di Tiongkok. Jika kamu mencari tempat untuk menikmati ski atau snowboarding yang mendebarkan, Yabuli menjadi pilihan terbaiknya.

Resor ski yang luar biasa ini memiliki total 17 jalur ski, di antaranya jalur alpine sebagai yang terpanjang di Asia. Tak usah takut kalau kamu masih pemula, kamu tetap bisa bersenang-senang di sana karena ada lereng yang landai.

topchinatravel.com

Biasanya, Resor Ski Yabuli dibuka untuk umum pada akhir November setiap tahun. Dan ski akan dihentikan setelah akhir Maret karena kondisi salju menjadi buruk. Karena itu, jika kamu ingin menikmati ski di Yabuli, waktu kunjungan terbaik adalah dari akhir November hingga akhir Maret tahun depan.

Alamat: Resor Ski Yabuli, Kota Yabuli, Kota Shangzhi, Provinsi Heilongjiang

Jam Buka: 08:00-16:30

4. China Snow Town - Kota salju no.1 di Tiongkok dan lokasi syuting drama & film

chinadiscovery.com

China Snow Town adalah dunia es dan salju yang ajaib di Kota Mudanjiang, sekitar 280 km tenggara Kota Harbin. Setiap bulan Oktober dalam setahun, salju muncul di sana dan tidak akan hilang sampai April tahun depan.

Periode musim salju yang begitu panjang membuat ‘dunia tersembunyi’ ini menjadi tempat yang fantastis untuk menikmati pemandangan salju yang menakjubkan. Tak hanya salju, kamu juga bisa melihat sejumlah besar rumah kayu dengan karakteristik pedesaan Tiongkok Timur Laut.

chinadiscovery.com

Ada beragam kegiatan juga yag bisa kamu lakukan, seperti ikut serta dalam pesta api unggun bersama keluargamu, merasakan kereta luncur yang ditarik anjing dan kereta luncur yang ditarik kuda, berfoto di Dream Home, hingga mengunjungi tempat syuting beberapa drama & film Tiongkok. Jika mengunjungi kota selama Chinese Spring Festival, maka kamu bisa mengalami suasana perayaan yang bahagia dan meriah dengan penduduk setempat.

Alamat: Hutan Shuangfeng di Kabupaten Hailin, Kota Mudanjiang, Provinsi Heilongjiang

Jam Buka: Sepanjang hari

5. Zhongyang Pedestrian Street - Nuansa Rusia di China

chinadiscovery.com

Zhongyang (tengah dalam bahasa Indonesia) Pedestrian Street, sesuai dengan namanya, adalah jalan pejalan kaki yang terletak di pusat Kota Harbin. Di sini wisatawan akan menemukan jalan-jalan berbatu yang indah dan sejumlah besar bangunan bergaya Eropa kuno.

Beberapa di antaranya bergaya Renaisans, beberapa lainnya bergaya Barok. Selain arsitektur, kamu juga menemukan gaya barat Rusia yang mempesona dari beberapa restoran, toko es krim, dan toko suvenir yang menjual barang-barang dari Rusia.

easytourchina.com

Saat menyusuri jalan sepanjang 1,5 kilometer ini, kamu terkadang merasa sedang berada di Tiongkok dan terkadang seolah-olah berada di suatu tempat di Rusia. Zhongyang Pedestrian Street menjadi tempat yang tepat untuk membeli oleh-oleh.

Alamat: Distrik Daoli, Harbin

Jam Buka: 24 jam sehari

6. Gereja St. Sophia – Arsitektur Gereja Rusia di Tiongkok

chinadiscovery.com

Terletak di dekat Zhongyang Street, Gereja Ortodoks Rusia St Sophia adalah landmark Harbin yang paling terkenal. Meskipun interior bangunannya banyak yang rusak seiring berjalannya waktu, tetapi hanya berada di alun-alun dan melihat gereja dari luar sudah cukup menakjubkan.

Kubah hijau yang khas, tubuh bata merah dan kawanan merpati membuatmu merasa seperti sedang berdiri di dekat gedung gereja di Red Square di Moskow. Di dalam gereja terdapat Harbin Architectural Art Gallery. Jika kamu tertarik dengan seperti apa potret Harbin dulu, kamu bisa mendapatkan tiket dan masuk ke dalam galeri tersebut untuk menjelajahi lebih banyak sejarah.

Alamat: No.88 Toulong Street, Distrik Daoli, Harbin

Jam Buka: 08:30-17:30

7. Museum Provinsi Heilongjiang - Jelajahi sejarah dari 40.000 tahun yang lalu

trip.com

Museum Provinsi Heilongjiang, museum terbesar dan paling otoritatif di seluruh Provinsi Heilongjiang. Letaknya ada di area pusat kota Harbin, sekitar 4,5 km dari Zhongyang Street. Dibangun pada tahun 1906, museum bergaya Barok Eropa klasik ini memiliki 4 ruang pameran dan menampilkan puluhan ribu karya sastra kuno, relik, dan spesimen fosil dari 40.000 tahun yang lalu hingga zaman modern.

Di Aula Pameran Alam dan Hewan, kamu dapat menemukan spesimen fosil dinosaurus, mamut, badak berbulu, dan lainnya. Di Aula Pameran Peninggalan Sejarah, kamu dapat mempelajari perkembangan sejarah Provinsi Heilongjiang melalui pameran lebih dari 900 peninggalan budaya seperti liontin giok, barang sutra, lukisan, dan lain-lain.

chinadiscovery.com

Jika kamu adalah penggemar Tiongkok dan kaligrafinya, kamu dapat memanjakan diri di Deng Sanmu Art Exhibition Hall. Selain itu, ada juga ruang pameran sementara, di mana kamu bisa menemukan kejutan secara acak. Museum ini cocok untuk kamu penyuka sejarah dan kelebihannya, tiket masuknya gratis.

Alamat: 64 jalan Hongjun, distrik Nangang, Harbin

Jam Buka: 9:00-16:30 (tutup pada hari Senin dan berhenti menjual tiket setelah pukul 13:30)

8. Taman Stalin - Taman tepi sungai yang indah untuk melihat penduduk lokal bersenang-senang

chinadiscovery.com

Coba tebak di mana tempat terbaik untuk mengetahui kehidupan hiburan lokal orang Harbin? Ya, Taman Stalin di seberang sungai dari Sun Island. Selama musim dingin, kamu bisa melihat penduduk setempat bermain skating, spinning tops, dan sledging di sungai yang membeku.

Di bulan-bulan hangat lainnya, penduduk setempat akan bersantai dengan berjalan kaki atau menari di jalan setapak di sepanjang tepi sungai. Karena ada begitu banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di taman, ini juga merupakan tempat yang baik bagi wisatawan untuk menciptakan kenangan indah keluarga. Jika kamu memiliki waktu luang di Harbin, cobalah menghabiskan sekitar 1-2 jam di taman.

Alamat: No.3, Jalan Stalin, Harbin

Jam Buka: 9:00-16:30

9. Harbin Polarland - Taman polar land pertama di Tiongkok

chinadiscovery.com

Harbin Polarland pasti disukai anak-anak. Di sini, kamu bisa menyapa Beluga, anjing laut, penguin, lumba-lumba, beruang kutub, dan binatang lainnya dari dekat. Manbo, bayi penguin Kutub Selatan pertama di dunia yang berhasil menetas di pedalaman kota, juga bisa ditemukan di sana.

Kamu juga dapat menikmati pertunjukan hewan, termasuk pertunjukan paus putih, singa laut, dan walrus. Harbin Polarland berada di luar pintu masuk depan Sun Island Park, tidak jauh dari Ice & Snow World. Oleh karena itu, kamu bisa mengunjungi ketiga situs ini bersama-sama jika tertarik.

Alamat: No.3 Sun Road, Distrik Songbei, Harbin, Tiongkok

Jam Buka: 9:00-17:00

10. Taman Harimau Siberia - Mendekati si raja hutan

chinadiscovery.com

Harimau Siberia adalah yang harimau terbesar dari semua harimau. Terkenal karena kekuatan, mereka juga dikenal luas sebagai raja hutan. Namun, karena lingkungan alam menjadi lebih buruk, ‘raja-raja’ ini berada di bawah ancaman yang tidak menyenangkan.

Jumlah Harimau Siberia liar bahkan berkurang di bawah 500 ekor. Untuk melindungi spesies yang terancam punah ini, Taman Harimau Siberia didirikan pada tahun 1996. Di bawah upaya staf di taman, sekitar 800 harimau Siberia dapat hidup bahagia dan sehat di sana. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pengalaman mendebarkan ‘dikejar’ oleh ‘raja-raja hutan’ ini di bawah perlindungan mobil van berpagar kayu.

Alamat: No 88, Jalan Songbei, Distrik Songbei, Harbin

Jam Buka: 9:00-16:00

Itulah 10 tempat wisata di Harbin, kampung halaman Ningning aespa yang selalu diselimuti es bak kerajaan Arandele di Frozen. Berminat mengunjunginya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel