Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tempat Wisata Tasikmalaya untuk Liburan Terbaik

Wajib dikunjungi

Nafi' Khoiriyah

Tasikmalaya merupakan salah satu kota besar yang berada di Jawa Barat. Letaknya berada di jalur utama selatan Pulau Jawa yang memiliki julukan Sang Mutiara dari Priangan Timur. 

Di balik kesederhanaan kota ini, ada banyak tempat wisata Tasikmalaya yang menarik untuk di-explore. Sebab, bentang alamnya yang beragam membuat kota ini memiliki banyak wisata alam yang memukau. 

Cobalah lihat 10 destinasi wisata di bawah untuk referensi liburan lebaran nanti. 

1. Desa Wisata Taraju

instagram.com/wisata_taraju

Destinasi pertama yang menarik untuk dikunjungi adalah Desa Wisata Taraju. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuatnya memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang menakjubkan. Ada pula area persawahan hingga perkebunan teh yang bisa menjadi spot menarik wisatawan untuk berfoto. 

2. Tonjong Canyon

instagram.com/hellojabar

Bagi kamu yang suka dengan wisata air, tempat wisata Tasikmalaya yang selanjutnya tidak boleh dilewatkan. Wisata ini memang seperti replika dari Green Canyon.

Ada tebing berbatu yang kecokelatan dan aliran sungai Tonjong yang tenang untuk digunakan sebagai lokasi wisata air yang beragam. 

3. Curug Batu Hanoman

instagram.com/curugbadakbatuhanoman

Tasikmalaya memang seolah tidak bisa terlepas dari wisata air. Seperti Curug Batu Hanoman yang menyerupai aliran sungai yang tidak dalam dan cukup jernih. Meski aliran airnya sedikit deras, tetapi masih aman untuk digunakan untuk berenang. 

4. Pantai Karang Tawulan

instagram.com/tawulankarang

Tempat wisata Tasikmalaya selanjutnya adalah pantai yang masih terjaga keasriannya. Pantai ini memiliki deburan ombak dan batu karang yang indah.

Ada pula tebing eksotis yang menjorok ke laut dengan pesona pasir hitam yang indah. Di dekatnya juga terdapat pulau kecil yang tampak indah di sore hari. 

5. Kampung Naga

instagram.com/kampungnaga

Kampung Naga merupakan salah satu perkampungan adat tradisional Sunda yang ada di Tasikmalaya. Dengan luas kurang lebih 4 hektare, pengunjung bisa berkeliling ke rumah penduduk sambil menikmati suasana yang asri dan budaya yang masih kental.  

6. Kawah Karaha Bodas

instagram.com/karaha_bodas

Penyuka wisata petualangan pasti akan suka dengan Kawah Karaha Boddas. Seperti namanya, kawah ini merupakan kawah gunung api yang dikelilingi dengan bebatuan putih dan hijaunya pepohonan. Lokasinya yang indah akan cocok diadijan sebagai tempat untuk camping atau sekadar berfoto. 

7. Curug Dengdeng

instagram.com/curugdengdeng.official

Tempat wisata Tasikmalaya yang selanjutnya sebenarnya cukup populer di Tasikmalaya, yakni Curug Dengdeng. Banyak yang menyebut curug ini dengan Niagaranya Jawa Barat karena airnya yang melebar ke samping. Curug ini terdiri dari tiga tingkat dengan ketinggian yang berbeda. 

8. Bukit Kecapi

instagram.com/hellojabar

Lokasinya yang berada di ketinggian 950 mdpl membuat Bukit Kecapi begitu sejuk. WIlayahnya pun kehijaan karena ada perkebunan teh di sekitarnya.

Pengunjung yang berwisata ke sini bia menikmati pemandangan atau berenang di kolam yang dikelilingi dengan perkebunan teh yang hijau. 

9. Danau Lemona

instagram.com/danaulemona_

Lelah berkeliling ke wisata alam Tasikmalaya, kini saatnya untuk mengunjungi wisata kuliner di Danau Lemona.

Danau ini menawarkan cita rasa masakan yang lezat dengan pemandangan alam yang indah. Lokasinya itu akan cocok jadi destinasi liburan ramai-ramai bersama keluarga. 

10. Pasir Kirisik

instagram.com/pasirkirisik

Destinasi terakhir yang tak boleh dilewatkan adalah pasir Kirisik. Wisata ini memiliki banyak spot yang menarik sebagai lokasi foto dan tempat untuk bermain. Misalnya, spot ayunan gantung atau spot rumah country

10 tempat wisata Tasikmalaya di atas cocok dikunjungi bersama keluarga. Nuansa alamnya yang indah dan unik membuat siapa saja ingin mengunjunginya. 

IDN Media Channels

Latest from Travel