Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Tempat Wisata di Semarang yang Lagi Hits dan Harganya

Mana yang ingin kamu kunjungi?

Nafi' Khoiriyah

Sekali waktu, kamu tentu ingin menghabiskan waktu untuk berlibur bersama dengan keluarga. Nah, salah satu kota yang menawarkan berbagai jenis wisata adalah Semarang.

Di sana, kamu bisa menemukan berbagai tempat wisata di Semarang yang lagi hits dan harganya terjangkau. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, sampai wisata anak-anak, semua tersedia. 

Supaya nggak bikin penasaran, berikut Popbela.com berikan deretan rekomendasi wisata yang bisa kamu kunjungi beserta harganya. Simak, ya!

1. Kota Lama Semarang

instagram.com/kotalamasmg

Tempat wisata di Semarang yang lagi hits dan harganya pertama adalah Kota Lama Semarang. Destinasi pertama ini merupakan kawasan cagar budaya tempat gedung-gedung tua peninggalan Hindia Belanda ratusan tahun yang lalu. 

Arsitektur gedung di kawasan Kota Lama bergaya khas Eropa yang cocok sebagai tempat foto yang instagramable. Kamu pun bisa menyusuri sudut wilayah ini sembari menikmati suasana senja atau malam di sana. 

Untuk memasuki kawasan wisata ini, kamu tidak perlu membayar tiket masuk. 

2. Kelenteng Sam Poo Kong

instagram.com/wisata.sampookong

Kalau kamu ingin berwisata sejarah di Semarang, maka Kelenteng Sam Poo Kong adalah tujuan yang tepat. Sebagai tempat ibadah untuk para penganut kepercayaan tradisional Tionghoa, Sam Poo Kong tampak begitu menarik. 

Sebab, bangunan kelenteng tersebut dibuat dengan arsitektur khas Cina yang dipadukan dengan budaya Jawa. Tempat ini juga menjadi jejak perjalanan Laksamana Cheng Ho, penjelajah Cina. 

Harga tiket umum untuk warga lokal pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional adalah Rp20 ribu untuk dewasa dan Rp15 ribu untuk anak-anak. 

3. Dusun Semilir

instagram.com/dusunsemilir

Beralih dari wisata sejarah, tempat wisata di Semarang yang lagi hits dan harganya kali ini adalah wisata edukasi untuk keluarga yang menyenangkan. Seperti namanya, wilayah ini terbagi dalam beberapa bagian lagi. 

Bagian depan Dusun Semilir adalah pusat suvenir, bagian dalam ada tempat makan, dan selanjutnya pengunjung bisa melihat aneka satwa di bagian bawah. 

Harga tiket masuk Dusun Semilir adalah Rp30 ribu pada hari biasa, tetapi pada hari Sabtu, Minggu, dan tanggal merah mencapai Rp40 ribu. 

4. Saloka Theme Park

instagram.com/salokapark

Cocok untuk anak-anak, Saloka Theme Park merupakan tempat rekreasi yang menyediakan aneka wahana. Mengusung konsep kearifan lokal, Saloka didirikan di atas lahan seluas 12 hektare.

Total wahana di tempat ini ada 25 wahana yang terbagi menjadi 5 zona permainan. Selain wahana permainan, kamu juga bisa menikmati pertunjukan Baru Klinthing dan menikmati kuliner di restoran dalam Saloka. 

Harga tiket Saloka saat hari libur adalah Rp150 ribu, sedangkan harga tiket hari biasa adalah Rp120 ribu. 

5. Candi Gedong Songo

instagram.com/gedongsongo.yuk

Tempat wisata di Semarang yang lagi hits dan harganya ini menjadi wisata alam sekaligus wisata sejarah. Sebab, Candi Gedong Songo terletak di kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 mdpl. 

Dengan ketinggian tersebut, para wisatawan bisa menikmati udara sejuk sekaligus panorama alam yang menawan. Tak hanya itu saja, di wisata Candi Gedong Songo kamu bisa menyewa kuda atau sekadar menelusuri arsitektur candi peninggalan Hindu ini. 

Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp10 ribu sampai Rp15 ribu saja. 

6. Umbul Sidomukti

instagram.com/umbul.sidomukti

Berdiri sejak 2007 lalu, kawasan wisata Umbul Sidomukti hingga kini makin diminati wisatawan. Wisata ini terletak di lereng gunung Ungaran sehingga masih memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang indah.

Di dalamnya, terdapat berbagai macam objek, yaitu pondok wisata, pondok panorama, taman renang alam, hingga pondok kopi. Mereka juga menyediakan aneka wahana yang cocok untuk memacu adrenalin seperti flying fox. 

Harga masuk Umbul Sidomukti berkisar antara Rp15 ribu sampai Rp20 ribu. Namun, biaya tersebut belum termasuk dengan tiket wahananya.

7. Brown Canyon

instagram.com/browncanyonsemarang

Salah satu tempat wisata di Semarang yang lagi hits dan harganya adalah Brown Canyon. Sebelum menjadi tempat wisata, wilayah in merupakan kawasan pertambangan batu dan pasir sejak puluhan tahun lalu. 

Kemudian, bukit di sekitar kawasan tersebut menjadi makin unik dan mirip dengan Green Canyon di Amerika Serikat. Kamu bisa melihat panorama bukit yang tergerus aktivitas tambang.

Harga tiket masuk kawasan ini adalah Rp5 ribu.

8. Kampung Batik

instagram.com/kampoengbatiksemarang

Wisatawan pasti senang mengunjungi destinasi wisata Kampung Batik ini. Kampung Batik kini menjadi pusat oleh-oleh kain batik yang lengkap dan menarik. 

Sebab, di dalam gang wilayah Kelirahan Rejamulya, Semarang Timur, kamu akan menemukan rumah di kanan kiri jalan yang memajang batik. Tak hanya itu saja, di kampung ini kamu juga bisa melihat langsung proses produksi kain batik. 

Untuk memasuki Kampung Batik, kamu tidak dipungut biaya apa pun. Namun, kamu bisa membeli aneka macam batik mulai dari yang murah sampai yang fantastis. 

9. Taman Bunga Celosia

instagram.com/taman_bunga.celosia

Kembali di kaki Gunung Ungaran, terdapat destinasi wisata taman bunga bernama Taman Bunga Celosia. Wisata ini menawarkan pemandangan sekitar pegunungan yang sejuk beserta aneka wahana dan spot foto. 

Di dalamnya, kamu bisa melihat ratusan jenis bunga hias dan bisa membeli langsung dalam potnya. Taman Bunga Celosia juga menyediakan cafe dan aneka spot foto seperti Dermaga Putih, Taman Bunga, dan White Marine Park.

Harga tiket masuk Taman Bunga Celosia di hari libur adalah Rp25 ribu dan Rp20 ribu di hari biasa. 

10. Lawang Sewu

instagram.com/lawangsewu_semarang

Berikutnya, tempat wisata di Semarang yang lagi hits dan harganya ini cukup terkenal. Sebab, Lawang Sewu menjadi salah satu ikon bangunan Kota Semarang yang sangat bersejarah.

Lawang Sewu memiliki desain bangunan yang unik dengan jumlah jendela dan pintu yang sangat banyak. Oleh karena itu, bangunan ini dinamakan dengan Lawang Sewu yang berarti seribu pintu. 

Harga tiket masuk ke Lawang Sewu berkisar antara Rp10 ribu sampai Rp30 ribu. 

11. Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

instagram.com/tejo_wi

Kota Semarang memang sangat kental dengan Budaya Tionghoa. Di Kota ini, berdiri pagoda tertinggi di Indonesia, yaitu Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong. 

Ketinggian pagoda ini mencapai 45 meter yang terbagi dalam 7 tingkat. Di dalamnya, terdapat patung Bodhisattva Avalokitesvara berukuran raksasa dan 30 patung pemujaan lainnya.

Pengunjung boleh masuk ke dalam pagoda, tetapi hanya di lantai satu saja. Lokasi pagoda ini berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang.

Kamu tidak perlu membayar tiket masuk, hanya donasi seikhlasnya kepada petugas wihara saja.

12. Pecinan Semarang

instagram.com/wisatasemarang

Tempat wisata di Semarang yang lagi hits dan harganya yang bisa dijangkau lainnya adalah Pecinan Semarang. Tempat ini merupakan wisata sejarah, religi, budaya, sekaligus kuliner. 

Pengunjung bisa mengikuti kegiatan tur untuk mempelajari sejarah Pecinan sekaligus mencoba kuliner malam di Pasar Semawis. Kawasan Pecinan ini berada di Kelurahan Kauman, Kota Semarang. 

Dikarenakan ramai dengan pertokoan dan kuliner, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk untuk menuju Kawasan pecinan Semarang. 

13. Kampung Pelangi

instagram.com/annschaday

Di kawasan Dukuh Talun Kacang, Kelurahan Randusari, Kota Semarang, terdapat wisata Kampung Pelangi. Seperti namanya, di Kampung Pelangi kamu bisa melihat rumah warna-warni. 

Sebelumnya, Kampung Pelangi merupakan kawasan yang kumuh dan tidak terawat. Setelah menjadi tempat wisata, Kampung Pelangi kemudian dihiasi dengan cat warna-warni dan banyak lukisan mural. 

Pengunjung pun tidak perlu membayar tiket masuk untuk masuk Ke Kampung Pelangi, hanya cukup dengan membayar parkir saja. 

14. Pantai Marina

instagram.com/pantaimarinasemarang

Sekitar 10 menit dari Bandara Ahmad Yani Semarang, terdapat Pantai Marina yang menarik untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki daya tarik deburan ombak yang tenang. 

Panorama alamnya pun tak kalah menarik dari pantai lainnya. Waktu yang paling pas untuk mengunjungi Pantai Marina adalah sore hari saat matahari mulai terbenam. 

Kamu bisa melihat pemandangan yang indah dari tepi Pantai Marina. Untuk memasuki pantai ini, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk Rp5 ribu per orangnya. 

15. Museum Kereta Api Ambarawa

instagram.com/wisata.museumkeretaapiambarawa

Tempat wisata yang terakhir cocok untuk dikunjungi bersama dengan anak-anak. Sebab, di Museum Kereta Api Ambarawa, mereka bisa belajar sejarah sekaligus berlibur di sini. 

Kamu bisa melihat aneka lokomotif, telegraf, lonceng kereta, sampai peluit petugas rel zaman dulu.

Tiket masuk Museum Kereta Api Ambarawa adalah Rp20 ribu per orang. Sementara untuk pelajar Rp10 ribu per orang. 

Adapun alamat museum ini ada di Jalan Stasiun No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. 

Demikian 15 tempat wisata di Semarang yang lagi hits dan harganya yang bisa kamu jadikan referensi. Di antara destinasi di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel