Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Tempat Wisata di Medan yang Lagi Hits dan Harganya

Cocok nih buat melepas penat!

Nafi' Khoiriyah

Tempat wisata di Medan yang lagi hits dan harganya menjadi pertanyaan banyak orang saat musim liburan tiba. Sebab, banyak orang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga di momen ini.

Kalau kamu datang ke kota ini, pasti tempat wisata pertama yang terlintas di benakmu adalah Danau Toba. Namun tak hanya itu saja, ada beragam tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. 

Kira-kira, mana saja tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ke Kota Medan? Simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Danau Toba

instagram.com/danau_tobasamosir

Tempat wisata di Medan yang lagi hits dan harganya pertama adalah Danau Toba. Dibentuk dari letusan dahsyat gunung api, Danau Toba memiliki luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman 450 meter. 

Dengan luas tersebut, tempat ini terkesan seperti lautan karena sangat luas. Kamu bisa menikmati pemandangan atau menaiki kayak menjelajahi Danau Toba. 

Untuk memasuki wilayah Danau Toba, kamu akan dikenai biaya Rp5000 sampai Rp10.000.

2. Taman Alam Lumbini

instagram.com/tamanalamlumbini

Terinspirasi dari Pagoda Shwedagon di Myanmar, Taman Alam Lumbini merupakan tempat wisata religi yang berada di Jalan Barusjahe, Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Raya, Karo, Sumatera Utara. 

Berada di kaki Gunung Sibayak, Taman Alam Lumbini dibangun di atas lahan seluas tiga hektare. Tempat ini menjadi tempat ibadah pemeluk agama Budha sekaligus menyimpan relik sisa abu pembakaran orang suci. 

Untuk memasuki tempat ini, kamu bisa memberikan uang tiket masuk secara sukarela. 

3. Sipinsur Geosite

instagram.com/sipinsur_geosite

Tempat wisata di Medan yang lagi hits dan harganya selanjutnya adalah Sipinsur Geosite. Kawasan wisata ini memiliki luas sekitar 2 hektare dengan ketinggian di 1213 mdpl. 

Seperti yang kamu lihat, wisata ini merupakan kawasan hutan pinus yang juga berfungsi sebagai bumi perkemahan. Saat datang, wisatawan akan disambut langsung dengan pemandangan Danau Toba. 

Biaya masuk lokasi ini sangat terjangkau, yakni sekitar Rp1000 sampai Rp5000.

4. Air Terjun Sikulikap

instagram.com/airterjunsikulikap

Terletak di Desa Doulu, perbatasan wilayah Karo dan Deli Serdang, Air Terjun Sikulikap menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan lebar sekitar 1-1,5 meter. 

Di bawahnya, terdapat kolam yang berbentuk cekung yang cocok untuk rekreasi air. Saat sampai di Air Terjun Sikulikap, kamu akan disambut dengan pemandangan hutan hujan tropis dan udara yang menyejukkan. 

Di kawasan ini, ada pula cafe yang bisa kamu kunjungi sambil mencicipi hidangan. Untuk memasuki Air Terjun Sikulikap, kamu hanya perlu membayar tiket seharga Rp5000.

5. Menara Pandang Tele

instagram.com/menarapandangtele

Kalau kamu gemar berfoto, tempat wisata di Medan yang lagi hits dan harganya yang terjangkau satu ini wajib dikunjungi.

Menara Pandang Tele terletak di Turpuk Libong, Kecamatan Harian, Samosir, Sumatera Utara. Tempat ini merupakan salah satu titik yang tepat untuk melihat keindahan Danau Toba. 

Dibangun dengan empat lantai, pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar melalui balkon. Di puncak menara, kamu akan melihat keindahan Danau Toba dari berbagai penjuru. 

Untuk memasuki tempat ini, kamu akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp7000.

6. Gedung London Sumatra

instagram.com/like_medan

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Medan tanpa melihat bangunan bersejarah di kota ini. Salah satu bangunan bersejarah yang memiliki arsitektur menarik adalah Gedung London Sumatra. 

Gedung ini dibangun di masa kolonial dengan lima lantai berwarna putih. Gedung London Sumatra ini menjadi landmark Kota Medan yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani. 

Kamu bisa berfoto di gedung ber-lift pertama di Sumatera ini dengan gratis di bagian luarnya sambil menikmati suasana kota. 

7. Pantai Pandan

instagram.com/visit_sumut

Tempat wisata di Medan yang lagi hits dan harganya yang terjangkau selanjutnya ini bisa jadi pilihan untukmu. Pantai Pandan berada di pesisir Sibolga, Tapanuli Tengah yang terkenal memiliki warna air cantik berpasir putih. 

Memiliki ombak yang tenang, kamu bisa bermain air atau sekadar jalan-jalan di tepi pantai ini. Tak hanya itu saja, tempat ini menjadi salah satu pilihan untuk melihat keindahan matahari terbenam. 

Tak perlu khawatir, Pantai Pandan buka setiap hari tanpa harus membayar tiket masuk.

8. Desa Lingga

instagram.com/karo_kreatif

Kalau kamu ingin menelusuri budaya di Kota Medan, Desa Lingga menjadi destinasi yang cocok untukmu. Di sini, kamu bisa melihat rumah adat tradisional Karo yang berusia lebih dari 250 tahun. 

Rumah adat tersebut disebut dengan rumah siwaluh jabu yang terbuat dari kayu, papan, bambu, dan atap ijuk tanpa menggunakan paku. Destinasi ini terletak di Kecamatan Simpang Empat, sekitar 15 km dari Kota Berastagi. 

Untuk memasuki wilayah ini, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp10.000.

9. Istana Maimun

instagram.com/istana_maimoon

Selanjutnya, Istana Maimun menjadi bangunan cagar budaya yang bisa dikunjungi wisatawan. Bangunan ini didesain oleh arsitek asal Italia dengan gaya bangunan yang identik dengan Melayu. 

Memiliki warna kuning keemasan, konsep yang memengaruhi bangunan ini adalah budaya Melayu, Islam, Spanyol, Cina, India, dan Italia. Istana Maimun berada di tengah Kota Medan dan dibangun dengan luas 772 meter persegi. 

Bangunan peninggalan Kerajaan Melayu Sultan Deli ke-IX ini bisa kamu kunjungi dengan membayar tiket seharga Rp10.000.

10. Hairos Waterpark

hairos.com

Berikutnya, tempat wisata di Medan yang lagi hits dan harganya yang bisa kamu kunjungi bersama anak-anak adalah Hairos Waterpark. Tempat wisata ini menyediakan wahana kolam renang terbesar yang dikelilingi pedesaan. 

Pengunjung bisa menikmati berbagai wahana air yang bervariasi hingga melihat berbagai macam hewan di mini zoo. Hairos Waterpark terletak di Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. 

Biaya masuk ke tempat ini adalah Rp40.000 di hari biasa dan Rp60.000 pada akhir pekan. 

11. Wonders Water World

instagram.com/wonderswaterworld

Wonders Water World adalah salah satu wisata air yang besar di Kota Medan. Total luas area wisata ini bahkan mencapai 5,3 hektare.

Selain kolam renang, terdapat aneka wahana permainan air lainnya yang beragam. Mulai dari Kids Zone, Wahana Mach 5, Kolam Arus, sampai Kolam Ombak, semua ada di Wonders Water World.

Lokasinya berada di Jalan Padang Golf CBD Polonia, Suka Damai, Medan. Untuk menikmati wahana di Wonders Water World, pengunjung perlu membeli tiket seharga Rp50.000 untuk hari kerja atau Rp60.000 untuk hari libur. 

12. Maha Vihara Adhi Maitreya

instagram.com/arnoldio

Kalau kamu mencari tempat wisata di Medan yang lagi hits dan harganya terjangkau, maka tempat ini bisa jadi destinasi yang menarik. 

Maha Vihara Adhi Maitreya adalah tempat peribadatan umat Buddha di Medan. Bangunannya terdiri dari 3 gedung utama yang bisa kamu kunjungi. 

Daya tarik dari vihara ini adalah arsitektur bangunannya yang memiliki ukiran indah. Ada pula taman yang cocok untuk berfoto sambul berwisata rohani. 

Alamat Maha Vihara Adhi Maitreya ada di Komplek Perumahan Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara No 99-5 Medan. Tenang saja, pengunjung tidak akan dikenai biaya untuk masuk ke tempat ini. 

13. Hillpark Sibolangit

instagram.com/hillpark.sibolangit

Pilihan destinasi lainnya yang cocok didatangi bersama keluarga adalah Hillpark Sibolangit. Tempat ini pada dasarnya adalah Outdoor Theme Park yang berada di dataran tinggi. 

Selain menawarkan aneka wahana, tempat ini juga memiliki pemandangan yang menawan dan udara yang sejuk. Di dalam Hillpark Sibolangit terdapat 3 wahana utama, yaitu Lost City, Toon Town, dan Heritage. 

Di dalamnya kamu bisa menaiki roller coaster, bombom car, sampai komedi putar yang menyenangkan. Adapun tiket masuk untuk bermain di Hillpark Sibolangit adalah Rp120.000.

14. Kampung Ladang

instagram.com/kampungladang_outbound

Berada di Tanjung Anom, Namorih, Pancur Batu, Deli Serdang, wisata alam Kampung Ladang tak boleh kamu lewatkan saat berada di Medan. 

Dulu, tempat tersebut hanya berupa ladang yang ditanami dengan aneka sayuran. Namun, kini berubah menjadi tempat outbond dan wisata alam pedesaan yang asri. 

Selain bisa melihat pemandangan yang indah, ada pula beberapa wahana yang bisa dinaiki. Bahkan, banyak calon pengantin yang memilih tempat ini sebagai spot foto prewedding mereka. 

Adapun biaya tiket masuk menuju Kampung Ladang sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 per orang.

15. Gunung Sibayak

instagram.com/mountsibayak

Destinasi ini sangat cocok untuk kamu yang gemar bertualang, yaitu Gunung Sibayak. Ketinggian gunung ini mencapai 2.094 meter di atas permukaan laut. 

Pengunjung bisa mendaki melewati beberapa rute pendakian. Setelah mencapai atas gunung, wisatawan akan disuguhkan dengan kawah yang menghasilkan belerang. 

Kawasan Gunung Sibayak berada di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Harga tiket masuk untuk mendaki gunung ini gratis tanpa dipungut biaya. 

16. Air Terjun Sipiso Piso

google.com/maps/Dewi Monalisa

Berada di perbukitan yang memiliki ketinggian 800 meter, Air Terjun Sipiso Piso termasuk salah satu yang tertinggi di Indonesia.

Ketinggian airnya sekitar 120 meter dengan panorama indah Danau Toba. Adapun lokasi wisata alam ini berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Namun, pengunjung perlu menaiki anak tangga untuk bisa melihat pemandangan air terjun yang indah. Jangan khawatir, sepanjang jalan kamu bisa melihat pemandangan alam yang mengesankan. 

17. Taman Cadika Pramuka

google.com/maps/Jonathan Andrew

Seperti namanya, tempat wisata di medan yang lagi hits ini sebenarnya merupakan kawasan yang dikelola oleh Dinas Pertamanan Kota Medan sekaligus tempat kegiatan pramuka di Medan.  

Namun, suasana di wilayah ini sangat hijau dan asri sehingga banyak yang mengunjunginya sebagai tempat wisata. Di Taman Cadika Pramuka, terdapat sebuah danau yang luas dengan aliran air yang tenang.

Pengunjung bisa duduk di bawah rimbunnya pepohonan sekitar danau atau menaiki perahu yang disediakan di sana. Lokasinya berada di Jalan karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Medan Johor, Medan. 

18. Masjid Raya Al Mahsun

google.com/maps/Ari Widiyanto

Destinasi wisata berikutnya akan cocok untuk kamu yang ingin berwisata religi, yakni Masjid Raya Al Mahsun. Letak masjid ini tak jauh dari Istana Maimun, hanya sekitar 1 kilometer saja. 

Gaya arsitekturnya yang megah dengan corak Timur Tengah hingga Spanyol membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga merupakan peninggalan dari Kesultanan Deli yang dibangun tahun 1906. 

19. The Le Hu Garden

instagram.com/thelehugarden

Di Jalan Pendidikan, Deli Tua Barat, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang Medan ada objek wisata The Le Hu Garden yang menarik untuk dikunjungi. Konsep wisatanya mengusung konsep taman bunga dengan suasana pedesaan yang asri. 

Selain menikmati suasana, pengunjung juga bisa mengenal aneka jenis flora yang ditanam dii sana. Ada pula spot foto di danau buatan yang bisa digunakan untuk memancing pula. 

20. Mikie Funland

instagram.com/mikiefunland

Tempat wisata di Medan yang lagi hits terakhir adalah taman hiburan yang terbesar di Sumatera Utara. Lokasinya berada di wilayah seluas 12 hektare dengan jumlah permainan lebih dari 35 wahana. 

Selain wahananya yang bervariasi, udara di taman bermain ini juga sejuk. Sebab, lokasinya berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan air laut. Ada tiket reguler, VIP, dan tiket khusus yang bisa dipilih oleh pengunjung. 

Demikian 20 tempat wisata di Medan yang lagi hits yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga ulasan di atas membantu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel