Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Tempat Wisata di Bali yang Lagi Hits dan Harganya

Cocok untuk liburan bersama keluarga

Nafi' Khoiriyah

Bali menjadi destinasi wisata yang sudah begitu populer, baik untuk warga lokal maupun mancanegara. Sebab, pulau ini memiliki berbagai keindahan alam yang indah dan budaya khas yang menarik untuk dikunjungi. 

Namun, tempat wisata di Bali yang lagi hits dan harganya kini semakin bervariasi. Saking banyaknya, orang-orang kadang bingung mana tempat yang harus dikunjungi lebih dulu. 

Nah, berikut adalah 20 deretan tempat wisata yang sedang hits dan bisa kamu kunjungi bersama teman atau keluarga. Simak ya, Bela!

1. Nusa Penida

instagram.com/explorenusapenida

Tempat wisata di Bali yang lagi hits dan harganya pertama adalah Nusa Penida. Nusa Penida merupakan kepulauan yang secara administratif berada di kecamatan Nusa Penida. 

Kawasan ini memiliki 3 pulau bernama Pulau Lembongan, Pulau Ceningan, dan Pulau Nusa Penida. Nah, wilayah ini sangat terkenal dengan wisatanya, di antaranya adalah Klingking Beach, Broken Beach, dan Cristal Bay

Untuk mencapai pulau Nusa Penida, kamu perlu menaiki kapal cepat dengan harga sekitar Rp75 ribu sampai Rp100 ribu. Kemudian, tiket masuk objek wisata di sana mulai dari Rp5 ribu.

2. GWK

instagram.com/gwkbali

Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan patung raksasa karya Nyoman Nuarta. Berbentuk Batara Wisnu menunggangi hewan, patung tersebut menyimbolkan kebajikan yang abadi. 

Sebagai landmark Bali, kawasan ini juga dilengkapi dengan amphiteater yang menjadi tempat pertunjukan tari tradisional Bali. Tarian tersebut biasanya ditampilkan setiap jam 10.00-17.00 WITA. 

Untuk masuk dan melihat pertunjukan di sekitar GWK, kamu perlu membayar biaya sebesar Rp50 ribu. 

3. Pura Uluwatu

theworldtravelguy.com

Magis dan eksotis, itulah kesan pertama saat mengunjungi Pura Uluwatu. Pura ini sangat menarik karena disebut sebagai Pura Sad Kayangan atau penyangga 9 mata angin. 

Menjadi lokasi peribadatan agama Hindu di Bali, kamu akan melihat berbagai kebudayaan khas Bali di sini. Selain di Pura, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata di sekitarnya.

Biaya yang diperlukan untuk memasuki wilayah Pura ialah sebesar Rp20 ribu untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak. Pura Uluwatu terletak di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Badung, Bali. 

4. Waterbom Bali

instagram.com/waterbombali

Beralih dari wisata alam dan wisata budaya, tempat wisata di Bali yang lagi hits dan harganya ini cocok untukmu yang suka memacu adrenalin. Waterbom Bali merupakan wahana permainan yang sangat besar dan lengkap di Bali. 

Waterbom ini dibangun di atas lahan seluas 3,8 hektare. Mereka memiliki lebih dari 20 waterslide dengan berbagai bentuk dan tingkat kesulitan yang memacu adrenalin. 

Berada di Jalan Kartika Plaza, kamu perlu membeli tiket masuk mulai dari Rp150 ribu. 

5. Monumen Bajra Sandhi

instagram.com/bajrasandhi_official

Dikenal sebagai Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandhi menjadi tempat wisata sejarah yang layak kamu kunjungi. Di dalamnya, monumen ini merekam peristiwa sejarah Bali sejak pra sejarah. 

Dibangun di atas kawasan seluas 13,8 hektare, kamu bisa mengunjungi 33 diorama, foto, dan lukisan di dalamnya. Dinding monumen ini pun tampak sangat estetik dengan dilapisi batuan andesit. 

Untuk masuk ke monumen Bajra Sandhi, kamu perlu membayar tiket seharga Rp10 ribu.

6. Pura Besakih

instagram.com/pura_agung_besakih

Kalau kamu ingin mengunjungi pura di Bali, maka Pura Besakih mejadi destinasi yang tepat. Besakih adalah pura paling terkenal di Bali yang berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali. 

Komplek wilayah Pura ini terdiri dari 1 pura pusat bernama Pura Penataran Agung Besakih dan 18 Pura Pendamping. Untuk menikmati keindahan tempat ibadah ini, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp30 ribu per orang. 

7. Desa Panglipuran

instagram.com/1ko_paundra

Tempat wisata di Bali yang lagi hits ini biasanya sering dikunjungi para wisatawan ketika akan menuju Kintamani. Destinasi ini sangat menarik karena masih mempertahankan tata ruang tradisional Bali dengan rumah yang seragam. 

Keseragaman rumah dengan arsitektur khas Bali tersebut terlihat pada penggunaan material batu. Tak hanya itu saja, udara di desa Panglipuran juga cukup sejuk karena berada 750 meter di atas permukaan air laut. 

Untuk memasuki kawasan wisata ini, kamu bisa membayar tiket sekitar Rp25 ribu untuk dewasa dan Rp15 ribu untuk anak-anak.

8. Bali Safari Park

instagram.com/balisafari

Bagi kamu yang ingin berwisata edukasi bersama anak, Bali Safari Park adalah destinasi yang paling cocok untukmu. Kamu bisa melihat satwa-satwa dari 3 negara, yakni Indonesia, India, dan Afrika sekaligus. 

Ada lebih dari 60 spesies hewan dengan jumlah ratusan yang bisa kamu lihat secara langsung di tempat ini. Jika perlu, kamu pun bisa naik jeep pribadi atau menunggangi punggung gajah untuk berkeliling.

Harga tiket masuk ke Bali Safari Park mulai dari Rp400 ribu. 

9. Pantai Sanur

instagram.com/sanurbali.id

Salah satu pantai di Denpasar yang bisa dikunjungi secara gratis adalah Pantai Sanur. Di tempat ini, kamu bisa menikmati suasana sambil bersepeda atau jogging karena wilayahnya yang cukup panjang. 

Nah, jika ingin menikmati keseruan di air, menikmati wahana air seperti perahu kano akan sangat menarik. Kamu cukup mengeluarkan biaya Rp20 ribu saja untuk menyewanya. Tak hanya kano, ada pula kendaraan jet ski di Sanur.

Setelah menikmati keindahan Pantai Sanur, kamu bisa menyantap sajian kuliner di sekitarnya. Tak perlu khawatir, harga kuliner di pantai ini masih cukup terjangkau. 

10. Air Terjun Tegenungan

instagram.com/tegenungan_waterfall

Kalau biasanya tempat wisata di Bali yang lagi hits terdiri dari pantai, kali ini kamu bisa beralih ke Air Terjun Tegenungan. Wisata alam ini terletak di Ubud Bali. 

Untuk mencapai destinasi tersebut, kamu perlu menaiki motor pribadi atau sewa mobil terlebih dahulu. Lokasi air terjun ini berada di kabupaten Gianyar, dekat dengan Pasar Sukawati. 

Untuk memasuki Air Terjun Tegenungan, kamu perlu menyiapkan biaya sebesar Rp20 ribu untuk tiket air terjun utama dan Rp20 ribu untuk masuk ke atas air terjun. 

11. Kebun Raya Bali

instagram.com/kebunraya_bali

Terletak di Bedugul, Kebun Raya Bali merupakan tempat penelitian botani, pelestarian tumbuhan, sekaligus tempat rekreasi yang menarik. Di sini, kamu bisa bersantai sekaligus belajar mengenai tumbuhan hutan hujan tropik. 

Untuk mencapai lokasinya, kamu perlu menaiki kendaraan pribadi karena tidak ada transportasi umum yang terjadwal. Kebun Raya Bali terletak di ketinggian 1250-1450 meter di atas permukaan air laut sehingga cukup sejuk. 

Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di dalamnya adalah Candi Bentar, Danau Beratan, dan lain sebagainya. Tiket masuk Kebun Raya Bali adalah Rp9 ribu.

12. Love Anchor Canggu

instagram.com/loveanchorcanggu

Pergi ke Bali tak puas rasanya jika tanpa belanja oleh-oleh khas Bali. Nah, Love Anchor Canggu merupakan tempat oleh-oleh yang menyediakan aneka jenis baju, pernak pernik, hingga perhiasan yang memiliki konsep unik. 

Berbeda dari pusat oleh-oleh lainnya, tempat ini dikemas seperti bazar. Meski begitu, tempatnya tetap bersih dan membuat pengunjung betah berlama-lama di sana. 

Untuk masuk ke kawasan Love Anchor Canggu ini gratis dan tidak dikenai biaya. Kamu cukup berbelanja dan bisa menikmati suasana di sana. 

13. Pasar Sukawati

instagram.com/sukawatimarket

Masih dengan pusat oleh-oleh, tempat wisata di Bali yang lagi hits dan harganya berikut ini adalah Pasar Sukawati. Seperti namanya, tempat ini adalah pasar yang menjual berbagai oleh-oleh khas Bali. 

Tempat ini berada di Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali, sekitar 45 menit dari Bandara Ngurah Rai. Kamu bisa mencari aneka jenis pakaian khas Bali, seperti baju barong, ikat kepala Bali, sampai buah tangan unik. 

Semua barang tersebut bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga toko. Kamu pun tidak perlu membayar tiket masuk untuk memasuki kawasan pasar. 

14. Pantai Pandawa

instagram.com/pantaipandawabali

Memiliki pesona tebing dan batu kapur, Pantai Pandawa menjadi destinasi pantai yang apik untukmu. Pantai ini terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan. 

Mulanya, pantai ini tersembunyi di balik bukit berbatu. Namun, akses menuju ke sana kini semakin mudah. Di tepi Pantai Pandawa, terdapat tebing kapur yang diukir dengan karakter Pandawa Lima. 

Pemandangan pantai ini pun sangat indah dengan pasir putih dan air laut yang hijau kebiruan. Kamu bisa menikmati matahari terbit di sini cukup dengan membayar Rp8 ribu.

15. Pantai Lovina

instagram.com/lovinaresort

Kalau tempat wisata di Bali yang lagi hits dan harganya sebelumnya cocok untuk melihat matahari terbit, namun Pantai Lovina menjadi tempat yang bagus untuk melihat matahari terbenam.

Pantai ini juga dikenal dengan pantai yang sering dikunjungi lumba-lumba. Tak perlu khawatir, kamu bisa menikmai pantai dan melihat lumba lumba gratis di pantai ini.

Letak destinasi Pantai Lovina berada di Desa Kalibukbuk, Buleleng, Bali. 

16. Tirta Gangga

instagram.com/tirtaganggaa

Tirta Gangga merupakan tempat wisata di Bali yang berada di Jalan Raya Abang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali Timur. 

Objek wisata tersebut menawarkan keindahan kolam dengan mata air dan bangunan yang eksotis. Tak heran, sebab tempat ini memang istana air peninggalan Kerajaan Karangasem. 

Untuk masuk ke Tirta Gangga, wisatawan lokal dewasa akan dikenai tiket seharga Rp25 ribu. Sedangkan untuk anak-anak akan dikenai Rp15 ribu saja. 

17. Hidden Canyon Beji Guwang

instagram.com/hiddencanyonbejiguwangofficial

Masih jarang diketahui, Hidden Canyon Beji Guwang merupakan wisata alam yang eksotis. Tempat ini merupakan ngarai yang berada di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. 

Seperti yang kamu lihat, Hidden Canyon Beji Guwang terdiri dari lembah yang sempit dan dalam dengan lereng bebatuan. Hal itu terbentuk dari erosi aliran air sungai yang justru membuatnya makin estetik. 

Adapun harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp15 ribu saja. Namun, mereka juga menyediakan paket wisata  yang harganya mulai dari Rp240 ribu per orang. 

18. Air Terjun Aling-Aling

instagram.com/aling_aling_waterfall_sport

Tempat wisata di Bali yang lagi hits dan harganya selanjutnya adalah Air Terjun Aling-Aling. Letak air terjun ini berada di Jalan Raya Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. 

Di sekitar air terjun ini, terdapat sekitar 4 air terjun yang lokasinya berdekatan. Kamu bisa menyusuri jalan setapak untuk melihat keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 3,4 meter. 

Harga tiket masuk Air Terjun Aling-Aling untuk warga lokal adalah Rp125 ribu per orang. Sedangkan untuk turis asing antara Rp200 ribu sampai Rp300 ribu. Harga tersebut sudah termasuk guide, jaket, dan explore seluruh tempat wisata. 

19. Taman Dedari

instagram.com/balilivin

Belum lama berdiri, Taman Dedari sudah mencuri perhatian para wisatawan. Seperti namanya yang artinya bidadari, pengunjung bisa melihat banyak patung bidadari berukuran raksasa di sini. 

Lokasi Taman Dedari berada di Jalan Raya Kedewatan, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. 

Jika mengunjungi tempat ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, kamu hanya perlu memesan makanan dan minuman yang harganya berkisar mulai dari Rp15 ribu saja. 

20. Alas Harum

instagram.com/alasharumbali

Terakhir, berwisata ke Bali tak lengkap tanpa menikmati hamparan alam yang indah. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Alas Harum. 

Di sini, kamu bisa melihat terasering hijau seluas 8 hektare. Ada pula kolam tiga lapis yang ikonik dan dua restoran di lokasi wisata tersebut. 

Letaknya berada di Tegalalang, sekitar 20 menit dari Ubud dan 30 menit dari Kintamani. Untuk harga tiket masuk Alas Harum, kamu perlu membayar biaya sejumlah Rp50 ribu. 

Demikian 20 tempat wisata di Bali yang lagi hits dan harganya. Semoga ulasan di atas membantu kamu untuk menentukan destinasi wisata selama di Bali ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel