Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Taman Rekreasi Selecta: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Cocok untuk liburan keluarga

Nafi' Khoiriyah

Kalau berkunjung ke Jawa Timur bersama keluarga, maka destinasi Taman Rekreasi Selecta tidak boleh kamu lewatkan. Taman Rekreasi Selecta sudah ada sejak lama bahkan sebelum Jatim Park dan destinasi wisata terkenal lainnya. 

Terdapat berbagai wahana wisata mulai dari taman bunga, kolam renang, flying fox, dan banyak lainnya. Semua wahana tersebut bisa kamu nikmati di lahan seluas 18 hektare. 

Jadi, bukan hanya anak-anak saja yang akan tertarik untuk menikmati wahana di tempat ini, tetapi juga para orang dewasa dan orang tua. Supaya tidak penasaran lagi, berikut lokasi, rute, dan harga tiket Taman Rekreasi Selecta

1. Lokasi dan jam buka Taman Rekreasi Selecta

instagram.com/tamanrekreasiselecta

Taman Rekreasi Selecta berada di Jalan Raya Selecta Nomor 1, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Tempat ini berada sekitar 25 km dari pusat Kota Malang dan hanya berjarak 4 km dari pusat Kota Batu. Kamu bisa mengunjungi tempat rekreasi ini setiap hari pukul 06.00 sampai pukul 17.00 WIB setiap harinya. 

Taman ini dibangun sejak masa penjajahan Belanda oleh Ruyter de Wildt pada tahun 1920 sampai 1928. Sebelum menjadi tempat wisata, wilayahnya juga menjadi tempat sejarah untuk merumuskan kebijakan kenegaraan pada masa Presiden Soekarno dan Moh. Hatta.

2. Rute Taman Rekreasi Selecta

instagram.com/tamanrekreasiselecta

Untuk menuju Taman Rekreasi Selecta, kamu bisa menuju ke alun-alun Kota Batu jika datang dari arah pusat Kota Batu. Kemudian, berjalanlah menuju ke Jalan Gajah Mada sampai beberapa ratus kilometer dan menemukan kantor BCA. Di situ, kamu bisa mengikuti petunjuk papan bertuliskan Taman Rekreasi, Restoran dan Hotel Selecta. 

Selain itu, kamu juga bisa menaiki kendaraan umum melalui terminal Malang untuk menuju ke Taman Rekreasi Selecta. Di Batu, terdapat angkutan umum berwarna biru yang disebut "len". Dengan menaiki itu, kamu bisa mengambil arah menuju terminal Landungsari dengan kode AL atau ADL. 

Setelah sampai di Terminal Landungsari, kamu perlu berganti angkutan berwarna pink dengan jurusan batu sampai ke terminal Kota Batu. Di situ kamu bisa menaiki angkutan berwarna oranye dengan jurusan Terminal Batu-Selecta-Coban Talun dan turun di Taman Rekreasi Selecta. 

3. Wahana Taman Rekreasi Selecta

instagram.com/tamanrekreasiselecta

Taman Rekreasi Selecta menawarkan banyak sekali wahana bermain dan wisata. Beberapa wahana dan wisata tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Taman Bunga

Wisata pertama adalah taman bunga yang indah dengan berbagai jenis bunga yang tumbuh. Mulai dari bunga mawar, matahari, sampai anggrek tumbuh di sini. Namun, pengunjung hanya boleh melihat bunga-bunga sembari berswafoto di sini karena dilarang untuk menyentuh dan memetik bunga.

Meski begitu, pengunjung bisa menanam bunga dan membeli di pasar bunga yang ada di Taman Rekreasi Selecta. Kamu juga bisa mendapatkan benih dan bibit tanaman di sini. 

2. Kolam Renang dan Waterpark

Taman Rekreasi Selecta juga terkenal dengan kolam renang dan airnya yang jernih. Jadi, kamu bisa berlama-lama bermain bersama keluarga karena airnya yang dingin dan sejuk. Jika tidak membawa peralatan renang, kamu juga bisa menyewa peralatan seperti baju renang dengan membayar sejumlah tertentu. 

3. Sky Bike 

Salah satu wahana yang berbeda dari kebanyakan tempat wisata lainnya adalah wahana Sky Bike. Jika menaiki wahana ini, kamu bisa bersepeda sambil melihat keindahan Taman Rekreasi Selecta dari atas ketinggian. Selain itu, kamu juga bisa berswafoto dengan latar taman bunga di belakangnya. 

4. Sepeda Udara 

Sepeda udara ini menyajikan pemandangan yang natural dan indah di Taman Rekreasi Selecta. Pengunjung yang menaikinya akan merasakan udara sejuk pegunungan dan melihat hamparan bunga di kiri dan kanannya. 

5. Sepeda Air 

Jika ingin merasakan keseruan di Taman Rekreasi Selecta, cobalah menaiki wahana sepeda air. Kamu bisa berpetualang dengan sepeda air di kolam yang jernih. 

6. Cinema 4D

Taman ini juga menyediakan bioskop 4 Dimensi yang bisa dinikmati. Pengunjung bisa melihat visual dan motion di dalam bioskop yang jadi andalan dari Taman Rekreasi Selecta. 

7. Family Coaster

Kemudian Family Coaster menyajikan petualangan seru melewati rute yang rindang dan pemandangan yang segar. Cocok untuk dinaiki bersama dengan keluarga tercinta. 

Selain itu, masih ada banyak lagi wahana lainnya seperti bianglala, tagada,  flying fox, sampai mobil ayun yang bisa kamu pilih. 

4. Fasilitas Taman Rekreasi Selecta

instagram.com/tamanrekreasiselecta

Bukan hanya wahananya saja yang lengkap, kamu juga akan nyaman berlama-lama di tempat wisata ini karena fasilitasnya yang memadai. Mulai dari tempat penginapan, taman bermain, gazebo, lahan parkir, sampai tempat makan, semua tersedia. 

Jika kamu datang dari luar kota, maka jangan khawatir karena kamu bisa bermalam di hotel atau penginapan sekitar taman dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, di dalam tempat wisata kamu tetap bisa bersantai sambil menikmati pemandangan karena pengelola telah menyediakan gazebo di beberapa titiknya. 

Terakhir dan yang terpenting, tempat makan di area Taman Rekreasi Selecta cukup banyak dengan berbagai makanan dan minuman yang bervariasi. Kamu tidak perlu kerepotan membawa bekal dari rumah atau khawatir akan lapar.

5. Harga tiket di Taman Rekreasi Selecta

instagram.com/tamanrekreasiselecta

Aktivitas yang bisa kamu lakukan jika datang ke Taman Rekreasi Selecta ada banyak macamnya. Namun untuk masuk ke area taman dan menaiki wahana di sana, kamu harus membayar tiket berikut ini. 

  1. Tiket masuk: Rp50 ribu (Weekend dan Weekday)
  2. Bianglala: Rp10 ribu 
  3. Sky Bike: Rp20 ribu 
  4. Flying Fox: Rp25 ribu 
  5. Sepeda Air: Rp20 ribu 
  6. Mandi Air Panas: Rp10 ribu 
  7. Kuda Keliling: Rp15 ribu 
  8. Tagada: Rp10 ribu 
  9. Cinema 4D: Rp10 ribu 
  10. Mobil Ayun: Rp10 ribu 
  11. Family Coaster: Rp30 ribu
  12. Perahu Ayun: Rp10 ribu
  13. Kiddie Ride: Rp5 ribu 
  14. Bilas Air Panas: Rp10 ribu
  15. Loker/Penitipan: Rp10 ribu

Sementara itu, untuk tiket parkir mobil kamu perlu membayar Rp10 ribu. Sedangkan parkir bus Rp30 ribu dan tiket parkir motor Rp5 ribu. 

6. Tips berkunjung ke Taman Rekreasi Selecta

instagram.com/tamanrekreasiselecta

Jika berkunjung ke Taman Rekreasi Selecta, ada 4 tips yang bisa membuatmu lebih nyaman saat berwisata. Berikut tips yang bisa kamu ikuti:

  1. Datang pada saat low season atau bukan musim liburan sehingga tempat wisata lebih sedikit pengujung dari biasanya.
  2. Pilihlah waktu kedatangan antara pagi atau sore hari agar udara sekitar lebih sejuk dan cuacanya nyaman untuk berkeliling sekitar Taman Rekreasi Selecta. 
  3. Jangan lupa bawa baju renang yang lebih tertutup dan nyaman karena kolamnya yang diperuntukkan untuk publik. 
  4. Jangan terlalu siang mampir ke restoran karena koki tidak memasak pada waktu istirahat. 

Demikian pembahasan mengenai Taman Rekreasi Selecta yang bisa kamu jadikan salah satu tujuan wisata. Jadi, kapan kamu akan berkunjung ke sana, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel