Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Sungai Terpanjang di Benua Amerika Lengkap dan Penjelasannya

Mana di antara sungai ini yang familiar di telingamu?

Nafi' Khoiriyah

Melihat sungai di latar film-film hollywood tak jarang membuat kita takjub karena keindahannya. Kebanyakan, sungai-sungai tersebut berada di benua Amerika karena daratannya yang sangat luas. 

Salah satunya adalah Sungai Amazon yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Bagi kamu yang belum tahu, Sungai Amazon adalah sungai terpanjang di benua Amerika

Selain itu, ada beberapa sungai lainnya yang tersebar, baik di Amerika Utara maupun Amerika Selatan yang termasuk dalam deretan sungai terpanjang, lho.

Kira-kira sungai apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sungai Amazon

livescience.com

Sungai terpanjang di benua Amerika yang pertama adalah Sungai Amazon di Amerika Selatan. Sungai ini membentang lebih dari 6.400 km dan melewati 9 negara. 

Amazon membentang dari Pegunungan Andes di Peru dan bermuara di Samudra Atlantik di lepas pantai Brazil. Di perairan ini, terdapat lebih dari 3.000 spesies ikan, salah satu yang paling terkenal adalah piranha. 

Di tepinya juga terdapat hutan hujan yang menjadi rumah bagi banyak spesies mamalia. Wisatawan juga bisa melakukan perjalanan di sepanjang Sungai Amazon dengan kapal pesiar maupun yang lainnya. 

2. Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson

ponce.sdsu.edu

Selanjutnya ada Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson yang totalnya memiliki panjang sekitar 36.275 km. Di antara ketiganya, Sungai Missouri adalah yang terpanjang sebelum bergabung dengan Sungai Mississipi. Sementara Sungai Jefferson adalah anak Sungai Missouri. 

Sungai Missouri melewati negara bagian Montana, North Dakota, South Dakota, Nebraska, Lowa, Kansas, dan Missouri. Selain sebagai rumah bagi aneka hewan dan tumbuhan, jalur sungai ini juga penting untuk perdagangan serta transportasi. 

Sementara Sungai Mississippi berada di Danau Itasca di Minnesota dan bermuara di Teluk Meksiko. Perairan ini dihuni oleh sekitar 375 spesies ikan dan banyak hewan serta tumbuhan lain di sekitarnya. 

3. Sungai Parana

civitatis.com

Tak banyak yang tahu, Sungai Parana merupakan sungai terpanjang selanjutnya di Benua Amerika, tepatnya di Brazil. Sungai ini menyatukan antara Sungai Rio Grande dan Sungai Paranaiba dan membentang sekitar 4.880 km. 

Bentangan tersebut menciptakan tempat yang menakjubkan di Amerika Selatan. Sistem sungai Parana juga memainkan peran penting bagi pertanian, pembangkit tenaga listrik, dan transportasi untuk negara yang dilaluinya. 

Hutan yang berada di sekitarnya pun menjadi habitat bagi hewan langka, termasuk golden-rumped lion tamarin.

4. Sungai Mackenzie-Peace-Finlay

thecanadianencyclopedia.ca

Mackenzie-Slave-Peace-Finlay membentuk aliran sungai terpanjang sekitar 4.241 km.  Sungai Finlay sendiri memiliki panjang sekitar 402 km yang mengalir melalui British Columbia dan bergabung dengan Sungai Parnship membentuk Sungai Peace.

Sungai Peace sendiri mengalir sekitar 1.923 km dan bergabung dengan Sungai Athabasca membentuk Sungai Budak. Sementara Sungai Slave merupakan anak Sungai Mackenzie. 

5. Sungai Yukon

wwf.ca

Sungai Yukon menjadi sungai terpanjang di benua Amerika berikutnya. Sungai ini membentang dari British Columbia di Kanada kemudian mengalir ke negara bagian Alaska dan bermuara di Laut Bering.

Panjangnya sekitar 3.190 km dan mengelilingi area seluas 850.000 km persegi. Sungai yang berada di Amerika Utara ini memiliki peran penting dalam sejarah kehidupan manusia. Hingga saat ini, Sungai Yukon masih menjadi rumah bagi satwa liar dan juga menjadi pusat perdagangan ikan. 

6. Sungai Rio Grande

hcn.org

Bermula dari jajaran pegunungan Rocky Colorado di San Juan, sungai Rio Grande kemudian mengalir melalui New Mexico dan Texas sebelum bermuara di Teluk Mexico. Panjangnya sekitar 3.034 km dan menjadikannya salah satu sungai terpanjang di Benua Amerika. 

Sungai Rio Grande menjadi sumber air yang penting untuk beberapa kota besar dan kecil di Amerika Serikat bagian barat daya. Perairan ini juga menjadi tempat rekreasi yang populer untuk naik perahu, memancing, dan arung jeram. 

Areanya juga menjadi rumah bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan, seperti domba bighorn dan berang-berang sungai. 

7. Sungai Arkansas

raftingcolorado.com

Sungai terpanjang di benua Amerika yang ketujuh adalah Sungai Arkansas yang memiliki panjang 2.348 km. Perairan ini melalui negara bagian Colorado, Kansas, Oklahoma, dan Arkansas.

Bermula dari Pegunungan Rocky, Sungai Arkansas kemudian melewati Sungai Missouri. Cekungan drainasenya merupakan sumber air penting untuk minum dan irigasi.

Sungai Arkansas juga menjadi tujuan rekreasi yang populer dengan kegiatan memancing, naik perahu, dan arung jeram. 

8. Sungai Colorado

nature.org

Selain termasuk dalam deretan sungai terpanjang di Amerika, Sungai Colorado juga menjadi sungai yang paling ikonik, lho. Sebab, letak sungai ini berada di cekungan Grand Canyon yang dulu menjadi hunian penduduk asli Amerika. 

Mulai dari Pegunungan Rocky, sungai ini kemudian melewati negara bagian Qyoming, Colorado, Utah, New Mexico, Arizona, Nevada, dan California sebelum sampai di Mexico. 

Panjangnya sendiri mencapai 1.450 mil atau sekitar 2.333 km. Selain sebagai tempat wisata yang indah, sungai ini juga menjadi persediaan air untuk 10 persen penduduk Amerika Serika. 

9. Sungai Columbia

wikipedia.org

Mengalir melewati Kanada, Sungai Columbia juga termasuk dalam sungai terpanjang di benua Amerika. Alirannya diperkirakan 1.243 mil atau sekitar 2.000 km dari Pegunungan Rocky mengalir ke barat laut menuju negara bagian Amerika Serikat. 

Sepanjang alirannya, Sungai Columbia berfungsi untuk sumber air minum, pengairan lahan pertanian, dan sebagai pembangkit tenaga listrik. 

Sungai ini juga menjadi habitat untuk banyak jenis ikan, bahkan menjadi perairan salmon terbesar di dunia. 

10. Sungai Saskatchewan

britannica.com

Terakhir, Sungai Saskatchewan mengalir sejauh 1.205 mil atau 1.939 kilometer yang mengalir dari Pegunungan Rocky ke Danau Cedar di Manitoba. Sungai ini menjadi rumah untuk para satwa liar dengan lebih dari 200 spesies. 

Beragam satwa yang ditemukan di area Sunai Saskatchewan di antaranya adalah bebek ring-necked, berang berang, beruang, serigala, sampai rusa ekor putih. 

Selain itu, Sungai Saskatchewan juga menjadi jalur transportasi utama selama ribuan tahun lamanya. 

Itulah 10 sungai terpanjang di benua Amerika yang tersebar di Amerika Utara maupun Selatan. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel