Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Pulau Terbesar di Indonesia Beserta Luas dan Letaknya

Ketahui selengkapnya di sini!

Nafi' Khoiriyah

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali pulau, baik yang berpenghuni maupun tidak. Pada setiap pulau tersebut juga memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda. 

Namun, perbedaan suku, bahasa, ras, dan agama tidak membuat Indonesia menjadi terpecah. Justru, kekayaan itu menjadi daya tarik dari negara ini. Untuk lebih mengenal Indonesia lebih jauh, kamu perlu mengetahui pulau-pulau terbesar di Indonesia. 

Berikut adalah 10 pulau terbesar di Indonesia yang perlu kamu ketahui.

10. Pulau Flores

commons.wikimedia.org

Pulau terbesar di Indonesia yang kesepuluh adalah Flores. Pulau ini berada di sebelah timur Pulau Komodo dan sebelah barat Lembata. Merupakan salah satu gugusan pulau timur di Indonesia, Flores memiliki luas 14.154 km persegi. 

Dengan luas wilayah tersebut, pulau ini dihuni oleh 1,8 juta orang menurut survei pada tahun 2010. Flores dikenal dengan gunung berapi Kelimutu dan tiga kawah warna-warninya yang indah. 

9. Pulau Sumbawa

flickr.com/Jacques Beaulieu

Memiliki luas sekitar 14.386 km persegi, Sumbawa terletak di jantung Kepulauan Sunda Kecil. Pulau ini berada di provinsi Nusa Tenggara Barat yang berbatasan dengan Laut Flores di sebelah utaranya. Sementara itu, puncak tertingginya berada di Gunung Tambora yang berketinggian 2850 mdpl. 

Pulau ini terkenal dengan sumber kayu cendana dan madunya yang berlimpah. Tak hanya itu saja, ada berbagai budaya menarik karena masyarakatnya yang terbagi antara Sumba Timur dan Bima. 

8. Pulau Seram

flickr.com/Degi

Pulau Seram berada di Provinsi Maluku, tepatnya di utara Pulau Ambon. Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 17.454 km persegi. Di pulau ini, terdapat 3 kabupaten, yaitu Maluku Tengah, Seram Timur, dan Seram Barat. 

Adapun penduduk asli pulau Seram adalah mereka yang berasal dari suku Alifuru. Namun, kini sudah banyak pendatang yang berasal dari China hingga Arab. Mayoritas dari penduduknya adalah beragama Islam dengan sebagian Kristen Protestan dan Katolik. 

7. Pulau Halmahera

britannica.com

Masih di kepulauan Maluku dan bagian dari provinsi Maluku Utara, pulau terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Pulau Halmahera. Luas wilayah Halmahera diperkirakan mencapai 18.040 km persegi. 

Pulau ini terletak di rangkaian gunung berapi aktif yang meliputi Kepulauan Raja Ampat. Pulau Halmahera sendiri merupakan pulau vulkanik meskipun tidak seluruh gunung berapi di wilayah ini aktif. 

Adapun wilayahnya terbagi menjadi 5 kabupaten, yaitu Halmahera Timur, Halmahera Selatan, Halmahera Barat, Halmahera Utara, dan Halmahera Tengah. 

6. Pulau Timor

traveltriangle.com

Pulau Timor terbagi menjadi dua wilayah, yakni bagian Timor Indonesia dan bagian negara Timor Leste. Luas wilayah pulau ini diperkirakan mencapai 28.418 km persegi. 

Pulau Timor berbatasan dengan Australia di bagian selatan, Sulawesi di barat laut, dan Sumba di sebelah baratnya. Pulau ini berada di paling timur kepulauan Sunda Kecil yang berusia lebih tua karena bukan merupakan pulau vulkanik. 

5. Pulau Jawa

hippopx.com

Masuk ke jajaran lima besar pulau terbesar di Indonesia, urutan kelima adalah Pulau Jawa yang menjadi pulau dengan penduduk terbanyak. Pulau ini memiliki lebih dari 160 juta jiwa penduduk dengan luas wilayah sekitar 138.794 km persegi. 

Penduduknya pun terbagi ke dalam berbagai suku dengan enam provinsi. Provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. 

Sementara itu, puncak tertingginya berada di Gunung Semeru dengan ketinggian hingga 3676 mdpl. Pulau Jawa berbatasan dengan laut Jawa di Utara, Selat Sunda di barat, Selat Bali di Timur, dan Samudera Hindia di selatan. 

4. Pulau Sulawesi

discovermagazine.com

Selanjutnya di urutan keempat, pulau terbesar di Indonesia adalah Sulawesi dengan luas wilayah mencapai 180.681 km persegi. Pulau ini memiliki julukan seribu pantai karena letaknya yang dipisahkan oleh tiga teluk. 

Hal itu membuat setiap daerahnya lebh mudah dijangkau dengan jalur laut daripada jalur darat. Adapun penduduk di pulau ini mencapai lebih dari 20 juta jiwa yang terbagi ke dalam 6 provinsi. 

3. Pulau Sumatra

flickr.com/Fabio Achilli

Sumatra menjadi pulau ketiga terbesar dengan luas wilayah mencapai 473.481 km persegi. Pulau ini juga termasuk ke dalam pulau keenam terbesar di dunia. Dengan luas wilayah yang begitu besar, Sumatra dikenal dengan hasil buminya yang melimpah.

Sementara pada tahun 2018, total penduduk di pulau ini mencapai lebih dari 57 juta jiwa. Penduduk tersebut tersebar ke dalam 10 provinsi, yaitu Aceh, Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat. 

2. Kalimantan

worldatlas.com

Memiliki julukan Pulau Seribu Sungai, Kalimantan memiliki sungai terpanjang yakni Sungai Kapuas hingga Mahakam. Pulau ini memiliki luas sekitar 748.168 km persegi yang juga terbagi ke wilayah Malaysia dan Brunei Darussalam. 

Di wilayah ini terdapat hutan hujan tropis yang tertua di bumi. Di dalamnya, terdapat aneka satwa liar yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Puncak tertinggi Pulau Kalimantan berada di Gunung Kinabalu dengan ketinggian hingga 4095 mdpl. 

Dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 22 juta jiwa, suku-suku yang menempati pulau ini di antaranya adalah Suku Dayak dan Banjar. 

1. Pulau Papua

britannica.com

Nah, pulau terbesar di Indonesia adalah Pulau Papua. Luas wilayahnya diperkirakan mencapai 473.481 km persegi yang dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Laut Banda, Laut Solomon, Samudra Hindia, dan Laut Arafuru. 

Pulau ini juga menjadi pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Wilayahnya terbagi menjadi dua, yakni wilayah Indonesia dan wilayah negara Papua Nugini. Penduduk yang mendiami wilayah ini diperkirakan sekitar 4 juta jiwa dengan berbagai suku. 

Suku yang mendiami wilayah Papua di antaranya adalah Suku Dani dan Asmat. Selain sumber daya alam dan keragaman sukunya yang melimpah, Papua juga memiliki banyak wisata populer, seperti Raja Ampat dan Taman Nasional Teluk Cenderawasih. 

Demikian deretan pulau terbesar di Indonesia. Jadi, pulau terbesar di Indonesia adalah Papua diikuti dengan pulau padat penghuni yaitu Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Jawa. 

IDN Media Channels

Latest from Travel