Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kebun Raya Cibodas: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Daya Tariknya

Melihat tumbuhan dari berbagai belahan dunia

Nafi' Khoiriyah

Kebun Raya Cibodas merupakan tempat rekreasi dan edukasi yang berada di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Kamu bisa menemukan beragam vegetasi, seperti anggrek, paku-pakuan, sampai tanaman obat. 

Sambil melihat indahnya vegetasi, kamu juga bisa menikmati udara sejuk karena lokasinya yang berada di lereng gunung. Tempat tersebut cocok dipakai untuk melepas penat dari beban pekerjaan. 

Kalau kamu ingin berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, berikut adalah informasi lengkapnya. 

1. Lokasi Kebun Raya Cibodas

google.com/maps/Johntirta Channel

Lokasi Kebun Raya Cibodas berada di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Letaknya yang berada di bawah kaki gunung membuat tempat ini memiliki suhu yang sejuk, yakni antara 17 sampai 27 derajat Celcius. Sementara ketinggiannya adalah sekitar 1425 mdpl dengan luas wilayah sekitar 85 hektare. 

2. Jam Buka dan Harga Tiket Kebun Raya Cibodas

google.com/maps/muhammad arifin

Kebun Raya Cibodas buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB di hari Senin sampai Jumat. Sementara di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, mereka buka pukul 07.00-16.00 WIB. 

Untuk masuk ke tempat ini, kamu perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas di hari Senin sampai Jumat adalah Rp15.500 per orang.

Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional, tiket dibanderol dengan harga Rp20 ribu. Kamu bisa membelinya langsung di tempat atau melalui laman kebunraya.id.

Untuk parkir kendaraan roda 4, setiap kendaraan akan dikenai Rp35 ribu untuk self valet parkir. Kemudian untuk motor akan dikenai biaya parkir sebesar Rp5 ribu. 

3. Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

google.com/maps/Sapi Lucu

Di tempat ini, kamu bisa menemukan banyak tempat menarik, mulai dari Taman Sakura, Taman Lumut, sampai Rumah Kaca.

Di Taman Sakura, pengunjung bisa menikmati keindahan tanaman sakura seperti di Jepang. Meskipun biasanya hanya hidup di tanah 4 musim, tetapi di Kebun Raya Cibodas tanaman tersebut bisa tumbuh subur. 

Kemudian di Taman Lumut, ada beragam jenis lumut yang tumbuh di berbagai belahan dunia. Lumut tersebut tumbuh di batang pohon, tanah, dan bebatuan. 

Selain taman, ada pula Rumah Kaca yang mengoleksi tanaman-tanaman indoor. Tanaman tersebut diletakkan di dalamnya supaya berada di suhu yang sesuai dengan habitat aslinya. 

4. Aktivitas di Kebun Raya Cibodas

google.com/maps/MAJED ALOBAID

Tak perlu bingung, beragam aktivitas bisa dilakukan di Kebun Raya Cibodas. Mulai dari gathering bersama keluarga, sesi pemotretan, menginap, atau sekadar mengunjungi sambil menikmati keanekaragaman hayati di sini. 

Sebab, Kebun Raya Cibodas memiliki area yang sangat luas dan pemandangan yang hijau. Mereka juga menyediakan guest house yang bisa ditempati oleh wisatawan yang ingin bermalam di sekitarnya

Itu dia beberapa informasi mengenai Kebun Raya Cibodas yang perlu kamu tahu. Sepertinya, berlibur ke tempat ini jadi ide menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, ya? 

IDN Media Channels

Latest from Travel