Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Curug Leuwi Hejo Bogor: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tariknya

Cocok untuk bermain air

Nafi' Khoiriyah

Penyuka wisata air tentu akan senang kalau berkunjung ke Curug Leuwi Hejo. Curug ini berada di kawasan perbukitan Sentul Bogor sehingga memiliki suasana yang menyejukkan. 

Kamu bisa bermain air dan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di sini. Keindahannya seperti di Green Canyon, lihat berbagai informasi mengenai Curug Leuwi Hejo sebelum berkunjung langsung berikut, ya!

1. Lokasi dan rute ke Curug Leuwi Hejo

google.com/maps/rockzalie 's

Curug merupakan sebutan lain untuk air terjun. Di Bogor, ada sebuah curug yang bisa dikunjungi bagi pencinta wisata air, yaitu Curug Leuwi Hejo. Lokasinya berada di Kampung Wangan, Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor. 

Jika berangkat dari pusat Kota Bogor, jaraknya adalah sekitar 10 kilometer. Perjalanannya akan memakan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam. Kamu bisa mengarahkan kendaraan ke Tol Jagorawi, kemudian mengambil jalur ke Sentul City atau Sentul Selatan. 

Setelah keluar tol, lajukan kendaraan sampai melewati bundaran. Kamu akan melewati taman wahana Jungle Land dan kemudian belokkan kendaraan ke kiri. 

Sampai di situ, pengunjung akan mengikuti jalan ke pedesaan untuk sampai ke Curug Leuwi Hejo. Ada papan petunjuk yang akan memudahkanmu sampai ke lahan parkir wisata Curug Leuwi Hejo. 

2. Jam buka dan harga tiket Curug Leuwi Hejo

google.com/maps/Zukhal Luthfan

Wisata alam ini sebenarnya buka 24 jam. Namun, pelayanan tiket dibuka mulai dari pagi sekitar pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Nah, waktu terbaik untuk berkunjung ke Curug Leuwi Hejo adalah saat pagi hari sebelum cuaca terlalu terik. 

Adapun tiket masuknya masih cukup terjangkau, yakni Rp25 ribu per orang. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan biaya parkir sebesar Rp10 ribu untuk mobil atau Rp5 ribu untuk motor. 

Perlu diketahui, di kawasan wisata ini tidak hanya terdapat satu curug saja. Ada beberapa curug yang saling berdekatan dan bisa ditempuh dengan perjalanan trekking.

Curug-curug tersebut adalah Curug Leuwi Liek, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Cepet, dan Curug Baliung. Jarak ke masing-masing curug itu bisa dijangkau sekitar 5 sampai 15 menit saja.  

3. Daya tarik curug Leuwi Hejo

google.com/maps/Hilman Firmansyah

Curug Leuwi Hejo memiliki pesona utama air kolamnya yang berwarna hijau saat terkena sinar matahari. Namun bukan hanya itu saja, ada daya tarik lainnya yang tak boleh dilewatkan saat berada di sana. 

1. Panorama alam yang indah 

Pemandangan tebing batu besar yang bisa dilihat di sini tampak begitu eksotis. Alirannya sangat jernih dengan warna yang kehijauan saat terkena sinar matahari. 

2. Dekat dengan curug lainnya 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Curug Leuwi Hejo berdekatan dengan beberapa curug lainnya. Curug yang dimaksud di antaranya Curug Barong, Curug Lieuk, dan Curug Cibaliung. 

3. Area trekking yang rindang 

Meskipun wisatawan perlu menempuh perjalanan trekking untuk menikmati pemandangan curug, tetapi area trekking tersebut sangat rindang. Dari parkiran sampai area curug, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan pematang sawah dan hutan yang sangat asri. 

4. Tempat piknik yang menarik 

Curug Leuwi Hejo juga menjadi lokasi piknik yang menarik. Sebab selain air terjunnya, ada sejumlah warung yang menyediakan makanan dan minuman untuk dinikmati pengunjung. 

4. Aktivitas di Curug Leuwi Hejo

google.com/maps/Chairy Pasa

Supaya pengalaman berwisata ke Curug Leuwi Hejo tak terlupakan, cobalah berbagai aktivitas di bawah ini. 

  1. Trekking 
    Aktivitas pertama yang banyak disukai oleh wisatawan adalah trekking. Dengan aktivitas ini, pengunjung bukan hanya bisa melihat keindahan curug saja, tetapi juga melihat keindahan bentang alam di sekitarnya yang masih sangat asri. 
  2. Camping 
    Camping atau kemah juga bisa dilakukan di area Curug Leuwi Hejo. Mereka menyediakan paket wisata camping yang langsung bisa dinikmati pengunjung. 
  3. One day trip 
    Terakhir, one day trip di Curug Leuwi Hejo jadi aktivitas yang cocok untuk rombongan keluarga atau teman kantor. Bukan hanya bisa melihat pemandangan saja, tetapi one day trip akan dilengkapi dengan acara keakraban lainnya. 

Demikian informasi tentang Curug Leuwi Hejo yang perlu kamu tahu. Ternyata selain pemandangannya indah, ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di wisata air ini, ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel