Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wisata Bukit Menoreh: Sensasi Kulineran di Atas Puncak Gunung

Ada lift yang akan membawamu ke puncak!

Nabila Damaan

Jalan Malioboro, Tugu, Gua Pindul hingga Candi Prambanan mungkin menjadi salah satu tempat yang akan muncul ketika kita memikirkan Kota Yogyakarta. Namun, nyatanya Yogyakarta ini menyimpan berbagai tempat wisata yang nggak kalah mengagumkannya dari keempat tempat di atas. 

Sebut saja Bukit Menoreh. Sebuah tempat wisata kuliner yang letaknya di puncak sebuah gunung. Tempat yang menawarkan panorama gunung dan lembah dengan dek outdoor bertingkat ini banyak menarik minat wisatawan.

Bagaimana tidak, kamu bisa menikmati kuliner dan minuman hangat seraya ditemani dengan pemadangan alam yang memukau. Belum lagi udaranya yang sejuk, menjadi nilai tambah tempat ini.

Penasaran bagaimana sensasi makan dan minum di puncak gunung? Yuk, simak informasi tentang Bukit Menoreh di bawah ini!

1. Masyarakat setempat lebih mengenalnya dengan sebutan Tumpeng Menoreh. Memiliki dek outdoor yang bentuknya berundak, terlihat layaknya sebuah tumpeng.

instagram.com/tumpengmenoreh

2. Bukit Menoreh sendiri terletak di Jl. Kebun Teh Nglinggo, Sumbersari, Ngargoretno, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nggak tanggung-tanggung, tempat ini buka setiap hari selama 24 jam, Bela.

instagram.com/tumpengmenoreh

3. Dibuka sejak 2021, Tumpeng Menoreh dibangun oleh musisi Erix Soekamti. Tumpeng Menoreh menawarkan pemandangan tiga gunung besar di Jawa yaitu, Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing.

instagram.com/tumpengmenoreh

4. Untuk sampai ke tempat ini, kamu harus menaiki sebuah lift. Lift sepanjang 100 meter ini dirancang agar kamu bisa melihat seluruh pemandangan alam yang ada di Gunung Menoreh, lho.

instagram.com/tumpengmenoreh

5. Menariknya lagi, saat ini tersedia wahana baru, yakni kereta gantung yang beri nama “Jogja Air cruise”. Kendaraan ini bisa terbang rendah keluar masuk hutan dengan dikendalikan penumpangnya.

6. Untuk menuju Tumpeng Menoreh yang berada di kawasan Gelang Projo, ada tiga jalur yang bisa dipilih. Dua jalur itu di antaranya, Jalur Nglinggo di Kulon Progo. Namun, kalau kamu menggunakan sepeda motor kamu bisa menggunakan jalur Suroloyo, arah ke kebun teh, ya.

instagram.com/tumpengmenoreh

7. Mengingat jalan menuju ke lokasi yang cenderung menanjaki, pastikan kendaraan yang kamu gunakan dalam keadaan yang baik. Cek tekanan ban, juga fungsi rem.

instagram.com/tumpengmenoreh

8. Restoran di Tumpeng Menoreh ini menawarkan menu makanan yang disajikan secara prasmanan. Masakannya adalah hasil olahan ibu-ibu warga sekitar. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk UMKM, seperti teh, jamu, susu kambing etawa, dll.

instagram.com/tumpengmenoreh

9. Di Tumpeng Menoreh ini pengunjung juga dapat menikmati aneka kopi lokal, seperti Kopi Liar, Kopi Merah (dari Desa Ngargoretno, Magelang), Kopi Mbajing (dari Desa Pagerharjo, Kulonprogo) dan Kopi Benowo (dari Desa Benowo, Purworejo).

instagram.com/tumpengmenoreh

10. Harga tiket Tumpeng Menoreh adalah sebesar Rp50.000 per orang yang sudah termasuk dengan voucher makan Rp25.000 yang dapat ditukarkan di area restoran.

instagram.com/tumpengmenoreh

11. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit menoreh adalah jelang matahari terbit dan tenggelam. Pemandangan alam akan terlihat jelas di siang hari, namun kamu juga bisa melihat gemerlap lampu dan bintang di malam hari.

instagram.com/tumpengmenoreh

Itulah sekilas tentang Bukit Menoreh yang bisa Popbela rangkumkan untukmu. Semoga bisa menjadi referensi tempat liburanmu kali ini, ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel