Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pesona Curug Putri Pelangi Bogor: Simak Harga Tiket, Rute & Daya Tarik

Banyak aktivitas outdoor yang bisa dilakukan

Nabila Damaan

Bogor bisa dibilang sebagai pusatnya wisata alam yang dekat dengan Jakarta. Begitu banyaknya pilihan tempat wisata alam, membuat Bogor kerap kali dikunjungi oleh wisatawan.

Berbicara tentang wisata alam, Bogor juga menyimpan begitu banyak wisata air, khususnya curug, lho Bela. Nah, curug yang akan kita bahas kali ini adalah Curug Putri Pangeran, nih. Kira-kira ada apa saja ya di curug tersebut? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

1. Curug Putri Pangeran adalah tempat kamu bisa menemukan dua buah air terjun yang airnya jatuh di atas kolam dengan batuan alami di sekitarnya. Berada di tengah hutan Gunung Salak, mulanya curug ini bernama Curug Banban atau Curug Palasari.

instagram.com/dharmawanalex

2. Lokasinya sendiri relatif dekat, yaitu berada di Desa Tajurhalang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 16 km dari Kebun Raya Bogor atau berkisar antara 40-50 menit berkendara.

instagram.com/emaclara

3. Akses menuju curug Putri Pelangi pun bisa dibilang mudah dijangkau, meski harus melewati jalanan buatan yang bergelombang, pengunjung tetap bisa membawa kendaraan mendekati lokasi.

nstagram.com/buday.05

4. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, ambil rute Bogor ke Cijeruk yang melewati Batu Tulis. Selanjutnya, silahkan ambil jalur alternatif Cihideung menuju Sukabumi sekitar 3 km perjalanan sampai kamu bertemu jalanan tanah bebatuan. Dari sini kamu harus menempuh jarak 4 km untuk sampai ke loket.

instagram.com/bogorelegant

5. Untuk bisa mencapai lokasi, kamu hanya perlu berjalan sekitar 2 km atau sekitar 30 menit dari loket dengan track yang nggak terlalu ekstrim. Selama perjalanan kamu akan dipayungi oleh rindangnya pepohonan, dan kamu juga akan melihat perkebunan salak dan talas.

instagram.com/curugputripelangi

6. Karena letaknya di hutan Gunung Salak, kamu akan terus menerus disuguhkan vegetasi hijau yang jauh dari suara kebisingan. Di sini kamu hanya akan mendengar suara aliran air, gesekan dedaunan, serta suara hewan-hewan kecil di dalam hutan.

instagram.com/usetinaa

7. Curug setinggi 20 meter ini punya aliran yang nggak terlalu deras. Kamu bisa kok bermain air di kolam. Air di dalam kolamnya sangatlah jernih, dangkal dan cukup luas jika dibandingkan dengan beberapa curug di Bogor lainnya.

instagram.com/realmemi

8. Selain kolam dan air terjun nggak jauh dari lokasi kamu juga bisa temukan hamparan tanah yang luas untuk camping ground. Di sana sudah terdapat beberapa tenda, dan saung yang siap kamu sewa untuk camping.

instagram.com/bogorcampers

9. Harga tiket masuk ke Curug Putri Pelangi, yakni Rp20 ribu, biaya parkir kendaraan Rp5 ribu untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil. Untuk biaya menginap dengan tenda sendiri yakni Rp30 ribu, sedangkan kamu yang ingin menyewa tenda dan saung harganya berkisar di antara Rp150 ribu - Rp250 ribu, ya.

10. Objek wisata alam ini dibuka selama 24 jam, namun layanan tiket hanya berlaku di jam operasional antara 08.00 – 16.30 WIB. Pengunjung pun bebas masuk tanpa tiket diluar jam tersebut, namun tidak disarankan karena tidak diketahui petugas.

instagram.com/wildanaroyan

Itulah beberapa informasi tentang Curug Putri Pelangi di Bogor yang berhasil Popbela rangkum. Bagaimana tertarik mengunjunginya?

IDN Media Channels

Latest from Travel