Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lagi Hype! Intip Fakta Menarik Tentang Chinatown Pantjoran PIK

Pusat kuliner di utara Jakarta

Nabila Damaan

Pantjoran Chinatown yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara belakangan ini sedang menjadi salah satu tempat yang nge-hype. Banyak selebgram, influencer, atau bahkan YouTuber yang membuat konten di kawasan tersebut.

Pantjoran Chinatown PIK atau dikenal dengan Panjoran PIK adalah sebuah pusat kuliner dengan banyaknya kios yang menjajakan makanan dan minuman lengkap dengan suasana Tiongkok. Saking melegendanya di sini ada beberapa pedagang makanan yang sudah menjual makanan mereka sejak tahun 1927, lho. Menu turun temurun inilah yang menjadi andalan mereka. 

Ingin tahu lebih lanjut tentang Pantjoran Chinatown PIK? Simak pembahasannya dan intip apa saja sih yang ada di sana lewat artikel di bawah ini, yuk!

Sejarah Pantjoran Chinatown PIK

instagram.com/pantjoranpik

Kawasan pecinan yang terletak di Golf Island, Pantai Maju, di Pantai Indah Kapuk menyelesaikan pembangunanya di tahun 2020, dan resmi dibuka pada November 2020 lalu.

Melansir dari akun Instagram Pantjoran PIK, kawasan pecinan ini terinspirasi dari tempat kuliner di Pancoran, Jakarta Barat. Sedangkan, untuk kata Pancoran sendiri berasal dari sebutan "pancuran air" yang berada di dalam cerita rakyat Betawi. 

Dibangun di atas tanah seluas 5.300 meter persegi di bawah naungan Agung Sedayu Group dan Salim Group. Arsitekturnya sendiri terinspirasi dari Kota Zhangzhou, Ibu Kota Provinsi Zhejiang, Tiongkok.

Apa Saja yang Ada di Pantjoran PIK?

instagram.com/pantjoranpik

Seperti informasi di atas, Pantjoran PIK merupakan pusat kuliner dengan nuansa Tiongkok. Namun, selain sebagai pusat kuliner, Pantjoran PIK juga memiliki daya tarik sebagai tempat wisata dengan banyak spot foto yang unik dan menarik lengkap dengan ornamen-ornamen Tiongkok modern. Berikut adalah beberapa informasi mengenai Pantjoran PIK. 

  • Alamat: Pantai Indah Kapuk 2, Kamal Muara, Kota Jakarta Utara.
  • Jam Buka: 07.00 - 23.00 WIB
  • Harga Tiket: Gratis

Lantas apa saja yang bisa kamu temukan di sana?

1. Gapura

anekatempatwisata.com

Sebelum memasuki kawasan pecinan, kamu akan disambut dengan sebuah gapura besar yang ikonik yang langsung mempresentasikan kesan dan nuansa perkampungan Tiongkok yang kental.  

Gapura yang berdiri dengan gagah ini identik dengan warna merah tua yang berpadu dengan warna kuning, biru dan emas sebagai warna dari ukiran aksara Tiongkok. Jangan lupa abadikan momenmu di gapura ini, ya.

2. Diorama

anekatempatwisata.com

Masuk ke dalamnya kamu akan menemukan sekitar 8 diorama karya seniman Gladys Teo Simpson. Setiap diorama menggambarkan kisah-kisah menarik yang tentu saja berkaitan dengan budaya dan sejarah Pantjoran, Bela.

Jadi, selain menjadi tempat yang indah untuk di foto, diorama ini juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi, lho. 

3. Mural

instagram.com/pantjoranpik

Selain diorama kamu juga akan menemukan banyak sekali tembok-tembok yang sudah dilukis atau bisa kita sebut dengan mural. Bukan sekadar coretan, tembok-tembok kokoh ini berisikan lukisan tentang kebudayaan masyarakat Tiongkok, seperti pertandingan kung-fu, penampilan barongsai, gambaran tentang penempa pedang, hingga kehidupan masyarakat Tiongkok lainnya. 

Karena penuh dengan warna dan gambar tembok-tembok ini juga menjadi salah satu spot menarik bagi para pengunjung untuk berfoto.

4. Pagoda

instagram.com/aysialinggarwati.gallery

Satu bangunan yang paling mencolok dan tentu saja menjadi ikon dari Pantjoran PIK adalah sebuah Pagoda yang berada di tengah kawasan. Bangunan raksasa tersebut berupa kuil yang memiliki atap bertumpuk dan berwarna merah, sangat identik dengan etnis Tionghoa.

Kabar baiknya, pagoda tersebut sudah dibuka untuk umum, lho. Namun, masih secara bertahap. Melalui pengumuman Instagram, bagian dalam pagoda yang sebenarnya tidak pernah dibuka, sudah mulai bisa diakses per Agustus 2022 dan pengunjung baru bisa mengunjungi lantai 1 saja. 

Pengunjung yang datang ke lantai satu bisa menemukan bazar moon cake, makanan tradisional masyarakat Tionghoa saat perayaan Festival Musim Gugur.

Walaupun konsepnya pecinan, kamu tidak perlu cemas. Ini karena Pantjoran PIK menyediakan tempat ibadah seperti Mushola untuk memudahkan umat muslim beribadah.

5. 80 tenant makanan

instagram.com/pantjoranpik

Kawasan ini memiliki lebih dari 80 tenant yang menjual berbagai aneka makanan, mulai dari jajanan kaki lima legendaris, hidangan peranakan, hingga menu tradisional yang hanya dapat ditemui di Pantjoran PIK.

Dari beberapa tenant yang ada, di antaranya telah berdiri sejak 1925, yaitu Wong Fu Kie dan Es Kopi Tak Kie yang berdiri sejak 1927. Dan masih banyak pilihan kuliner dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp10 ribu hingga ratusan ribu.

Di sini juga menyediakan makanan non-halal, jadi untuk kamu yang muslim bisa terlebih dahulu bertanya sebelum membeli, ya.

6. Seni pertunjukkan

instagram.com/pantjoranpik

Kalau beruntung, pengunjung yang datang jelang hari-hari besar Tiongkok, seperti Imlek atau hari besar lainnya nantinya akan disuguhkan dengan berbagai pertunjukan seni dan hiburan. Mulai pertunjukan musik Guzheng, tarian seribu tangan, pertunjukan barongsai, hingga tai chi.

7. Berkeliling dengan bus

anekatempatwisata.com

Sebagai informasi tambahan, kawasan yang dibangun di atas lahan seluas 5.300 meter persegi ini juga menyediakan bus wisata untuk pengunjung yang ingin mengelilingi kawasan tersebut. Untuk sekali perjalanan wisatawan dan pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp20.000. 

Demikianlah fakta menarik Pantjoran PIK yang dapat Popbela rangkum untukmu. Tertarik untuk berkunjung, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel