Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Lokasi Syuting 'Enola Holmes 2', Pernah Dikunjungi Lisa BLACKPINK

London Victoria jadi latar belakangnya

Nabila Damaan

Satu lagi series original Netflix yang cukup menarik perhatian. Setelah menuai sukses dalam seri yang pertama, Enola Holmes 2 resmi ditayangkan di Netflix pada 23 September 2022 lalu.

Enola Holmes 2 melanjutkan pasang surut kedewasaan yang dihadapi karakter tituler setelah menjadi detektif. Begitu dia berhasil menyelesaikan kasus pertamanya di Enola Holmes, karakter Millie Bobby Brown mulai membuat agen detektifnya sendiri.

Sayangnya, segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana, dan upaya pemecahan misterinya berlanjut di Enola Holmes 2. Namun, tepat ketika dia akan menyerah, dia menemukan kasus baru yang memaksanya masuk ke dalam kegelapan London.

Menjadikan London di era Victoria sebagai latar tempat,  membuatnya miliki daya tarik tersendiri. Bahkan salah satu lokasi syuting Enola Holmes 2 sempat dikunjungi oleh Lisa dan Rose BLACKPINK sebelum mereka mengadakan konser di London, lho.

Lantas di mana saja sih lokasi syuting Enola Holmes 2'? Yuk, simak artikel berikut ini, Bela!

1. Hull's Old Town

Netflix.com

Enola Holmes 2 mengambil banyak set di Hull's Old Town, kawasan bersejarah di Inggris yang dipenuhi jalan berbatu berusia berabad-abad, museum gratis, dan pub tradisional.

Seperti ketika adegan Millie Bobby Brown berlari menyusuri gang di Hull's High Street sambil dikejar oleh polisi. Selain itu juga ketika Sherlock Holmes versi Henry Cavill terlihat melewati pengadilan lama di Guildhall, yang telah diberi kemiripan latar Victoria London.

Kabarnya, The High Street, Scale Lane, Bishops Lane, dan Chapel Lane di kota tua bersejarah Hull ditutup untuk lalu lintas untuk syuting Enola Holmes 2.

2. Wapping, Inggris

Netflix.com

Pabrik koreng api Lyon tentu nggak asing untuk kamu yang sudah nonton Enola Holmes 2. Interior pabrik batang korek api film ini dibangun di sebuah pabrik percetakan tua di lingkungan Wapping di London. Tidak terlalu jauh dari pabrik asli Bryant & May, pabrik yang menjadi inspirasi dari kisah Enola Holmes 2. Pabrik itu menyebabkan pemogokan gadis korek api London tahun 1888, yang akhirnya mengarah pada serikat pekerja Inggris pertama untuk perempuan.

Melansir HouseBeautiful, agar terlihat seperti pabrik korek api yang beroperasi, pabrik percetakan lama harus memiliki alat-alat pembuatan korek api yang sesungguhnya.

“Peralatan mesin dan furniture di pabrik korek api semuanya diproduksi berdasarkan ukiran dari pabrik asli Bryant & May,” kata Carlin desainer produksi Enola Holmes 2.

3. Galangan Kapal Bersejarah Chatham

Netflix.com

Setelah melakukan mogok kerja, para gadis yang bekerja di pabrik korek api Lyon berjalan beriringan melewati sebuah gerbang. Pemogokan pabrik difilmkan di Historic Dockyard Chatham di Kent, Inggris. Bagian luar pabrik korek api dibangun di sana, dan lokasi tersebut digunakan juga untuk eksterior Teater Paragon dan asrama gadis korek api.

Karena masih mempertahankan gaya Georgia dan Victoria, bekas galangan kapal Royal Navy ini selain dimanfaatkan sebagai museum juga kerap digunakan sebagai latar belakang produksi film. Gudang bata merah secara khusus telah digunakan dalam berbagai film termasuk Sherlock Holmes versi Robert Downey Jr.

4. Perpustakaan Maughan di King’s College

Netflix.com & instagram.com/lalalalisa_m

Tempat inilah yang dikunjungi Lisa dan Rose saat berkunjung ke London. Perpustakaan Maughan di King’s College menjadi saksi bisu pertemuan terakhir Enola dan Tewkesbury dalam di dalam film pertamanya. Namun, adegan tersebut diputar sekilas dalam Enola Holmes 2.

5. Taman St James

Netflix.com & pps.org

Ingat saat Enola sedang mengunyah kue Dundee di bangku taman dan bertemu dengan Tewkesbury?

Mereka melakukan pengambilan gambar di St James's Park, lho. Adegan tersebut diambil ketika Enola bertemu Lord Tewkesbury dalam perjalanannya ke House of Lords.

Selain Enola Holmes 2, taman St James telah digunakan dalam sejumlah drama termasuk Downton Abbey, Mrs Henderson Presents dan 101 Dalmatians. 

6. Halton House di Buckinghamshire, Inggris

Netflix.com & ghkarchitects.co.uk

Menjadi tempat bertemunya Enola dan William Lyon, lokasi tempat dansa mereka dilakukan di Halton House di Buckinghamshire, Inggris.

Dibangun oleh Alfred de Rothschild pada tahun 1880 sebagai rumah pedesaan untuk hiburan, rumah tersebut saat ini ditempati oleh Angkatan Udara Kerajaan sebagai RAF Halton.

Rumah tersebut telah digunakan dalam produksi lain seperti Bridgerton dan biasanya terbuka untuk umum untuk acara seperti Heritage Day.

7. Penjara Dorchester di Dorset

dorset.live

Enola dinyatakan bersalah atas tuduhan pembunuhan, lalu ia dijebloskan ke dalam penjara. Lokasi penjara Enola Holmes 2 adalah berada di Penjara Dorchester di Dorset. Situs penjara tersebut dianggap cocok dengan garis waktu Enola yang berlangsung sekitar abad ke-19.

8. Studio Shepperton

Netflix.com

Banyak interior film diambil di Shepperton Studios di Surrey, Inggris, termasuk penjara, rumah Tewksbury, Teater Paragon, Bell Place, beberapa bagian dari pabrik korek api, dan apartemen Sherlock. Mengutip dari HouseBeautiful, untuk pembuatan Teater Paragon sendiri membutuhkan waktu 12 minggu untuk dibangun di Shepperton Studios.

"Interior teater dan ruang ganti di belakang panggung serta menara terbang sangat menyenangkan untuk dibuat," kata Carlin.

9. The Royal Oak London

dailymail.co.uk

Banyak set gambar juga mengungkapkan bahwa beberapa segmen Enola Holmes 2, yang melibatkan adegan dengan Henry Cavill dan Millie Bobby Brown, difilmkan di pub The Royal Oak London.

Seperti dalam adegan ketika Enola membantu Sherlock Holmes yang mabuk. Lokasi itu terletak di sudut York Street dan Enford Street, dan sesungguhnya hanya perlu berjalan sedikit saja menuju Baker Street, apartemen Sherlock Holmes, lho. 

Demikianlah beberapa lokasi syuting Enola Holmes 2 yang berada di London, Inggris. Berminat untuk mengunjunginya apabila kamu ke London, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel