Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Rekomendasi Tempat Rayakan Festival Cahaya: Loy Krathong di Thailand

Negara Thailand akan dipenuhi cahaya

Nabila Damaan

Berencana berlibur ke Thailand dalam waktu dekat, Bela? Kalau iya jangan sampai meninggalkan festival paling ditunggu, yakni Festival Cahaya atau Loy Krathong. Menjadi salah satu perayaan nasional paling magis yang diadakan setiap tahun untuk menghormati Dewi Air, Phra Mae Khongkha.

Jutaan warga Thailand akan mengapungkan (loy) rakit kecil (krathong) yang biasanya terbuat dari batang pisang yang dihiasi dengan bunga dan lilin. Festival yang berlangsung setiap tahunnya pada malam bulan purnama di bulan ke-12 kalender lunar Thailand ini, akan jatuh pada tanggal 27 November 2023.

Negara Thailand nantinya akan diterangi oleh pendaran cahaya warna-warni dari lentera, pertunjukan seni, dan pesta malam untuk merayakan festival ini. Nah, berikut adalah beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi untuk menyaksikan perayaan Loy Krathong.

1. Chiang Mai: Perayaan yang megah di Sungai Ping

Dok. Airbnb

Terkenal dengan pegunungan dan hutannya yang rimbun, Chiang Mai yang terletak di bagian utara Thailand merupakan pusat budaya tradisional Lanna. Menawarkan salah satu perayaan Loy Krathong terbesar di negara ini, bahkan diadakan bersamaan dengan festival Yee Peng, di mana warga Thailand melepaskan ribuan lentera kertas (khom loi) ke langit malam.

Ribuan lentera terapung menerangi Sungai Ping dan kuil-kuil, menciptakan pemandangan yang spektakuler. Pesta malam di sepanjang sungai dengan pertunjukan budaya tradisional, tarian, dan kembang api yang meriah.

Selain itu, ada juga Gerbang Tha Phae yang terletak di sisi timur tembok kota tua. Parit di sekitarnya merupakan tempat favorit dan populer di kalangan penduduk setempat untuk berkumpul.

2. Ayutthaya: Keindahan warisan sejarah di Loy Krathong

thailandee.com

Ayutthaya, kota bersejarah yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, menyajikan Loy Krathong dengan sentuhan sejarah yang kaya. Merayakan festival di tengah reruntuhan kuno dan kuil-kuil megah memberikan pengalaman yang unik. Lentera terapung mengambang di sekitar bangunan-bangunan bersejarah, menciptakan gambar yang mengesankan.

3. Sukhothai: Tempat lahirnya Festival Loy Krathong

thainews.prd.go.th

Sukhothai dianggap sebagai tempat asal Festival Loy Krathong, dan perayaan di sini diadakan dengan penuh kehormatan terhadap tradisi. Berbeda dari kebanyakan tempat di Thailand yang menggelar festival selama 3 hari, di Sukhothai festival cahaya akan berlangsung selama 5 hari, lho.

Penduduk lokal dan pengunjung akan dihibur dengan banyak kegiatan seperti kontes kecantikan, parade, pertunjukan musik rakyat, pertunjukan cahaya dan banyak lagi. Kamu juga bisa mengunjungi Taman Bersejarah Sukhothai (kota tua) untuk menikmati eksplorasi budaya selama lima hari ke depan.

4. Bangkok: Cahaya di tengah gemerlap kota besar

Dok. Airbnb

Di ibu kota Thailand yang dinamis, Loy Krathong adalah perayaan yang tidak boleh dilewatkan. Di Bangkok kamu dapat menemukan penduduk setempat berkumpul di pasar tepi sungai Asiatique menyiapkan kendaraan hias mereka untuk berlayar dan mengambil bagian dalam berbagai perayaan dengan latar belakang ikonik seperti Wat Arun. Jangan sampai kamu melewatkan prosesi terapung dan pertunjukan kembang api selama festival di Bangkok.

Lokasi terkenal lainnya di Bangkok untuk merayakan Loy Krathong adalah di tepi Sungai Chao Phraya. Tidak hanya mendapatkan pemandangan kuil dan istana terkenal di kota ini sebagai latar belakang, kamu juga dapat menyaksikan sungai dengan jutaan krathong yang bercahaya.

5. Pai: Pengalaman Loy Krathong yang damai di pegunungan

asiapioneertravel.com

Bagi mereka yang mencari pengalaman Loy Krathong yang lebih tenang dan damai, Pai adalah pilihan yang sempurna. Terletak di pegunungan utara Thailand, Pai menawarkan pemandangan  yang indah untuk merayakan festival ini. Lentera terapung menghiasi sungai-sungai kecil, dan suasana pegunungan khas Pai menciptakan pengalaman festival cahaya yang nggak terlupakan.

6. Phuket: Loy Krathong dengan Nuansa Pulau

Dok. Airbnb

Selain pilihan tempat ramai seperti Bangkok, dan damai seperti di Pai, kamu juga bisa merayakan festival Loy Krathong dengan nuansa pantai di Phuket, lho. Terkenal dengan pantai dan pulau-pulaunya, Phuket kaya akan sejarah, dihiasi dengan kuil-kuil dan tempat suci yang menciptakan pengalaman unik Loy Krathong dengan nuansa a la pulau. 

Terdapat lebih dari 30 pantai, penduduk setempat sering mengapungkan krathong mereka. Selain itu, ada pula beberapa tempat yang tidak terlalu ramai turis tapi sama populernya, seperti Danau Sapan Hin dan Taman Suan Luang di Kota Phuket, atau Danau Nai Harn di selatan atau Danau Bang-Ma-Ruan di utara.

Itulah ke-6 rekomendasi tempat di Thailand untuk merayakan festival cahaya, Loy Krathong. Kamu pilih yang mana, nih?

IDN Media Channels

Latest from Travel