Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Lokasi Film Disney yang Bisa Kamu Kunjungi Dalam Kehidupan Nyata 

Bukan di World Disney, ya Bela

Nabila Damaan

Animasi memang kebanyakkan berangkat dari kisah fiksi, imajinasi dan kreativitas penciptanya, begitu pula dengan animasi-animasi yang diproduksi oleh Walt Disney. Inspirasi adalah bagian besar dari setiap proses kreatif. Meskipun cerita-cerita mereka adalah dongeng, lokasinya hampir selalu didasarkan pada keberadaan di kehidupan nyata. Dari kastil-kastil di Jerman hingga kota-kota di Italia. 

Untuk menciptakan arsitektur indah kastil-kastil di dalam film, mereka juga memiliki referensinya tersendiri, seperti tempat-tempat yang akan disajikan di bawah ini. Pada kesempatan kali ini Popbela akan membagikan daftar lokasi yang menginspirasi kastil dan tempat di film animasi Disney yang bisa kamu kunjungi, dan ingat ini bukanlah tempat yang berada di wahana World Disney, ya Bela. Daripada penasaran, simak terus artikelnya, ya!

1. Hotel De Glace, Kota Quebec, Kanada: Frozen

demilked.com

Hotel De Glace memang terkenal sebagai hotel yang memanjakan tamunya dengan tidur di atas kasur es, dan meminum segelas coklat panas di kursi yang terbuat dari es. Seperti sebuah hunian yang sempurna untuk putri es. Itulah yang menarik perhatian sutradara Frozen, Chris Buck dan Jennifer Lee untuk mendesain Elsa's Ice Palace. Faktanya, mereka pernah mengunjungi Hotel De Glace saat sedang merancang untuk Elsa's Ice Palace, lho Bela.

Hotel ini merupakan bangunan musiman yang muncul di pinggiran Kota Quebec di Kanada setiap musim dingin. Arsitekturnya sebenarnya bervariasi dari tahun ke tahun yang luar biasa karena fakta bahwa hotel ini dibangun dari batu bata es menjadikannya inspirasi yang sempurna untuk sebuah istana di Frozen. Jika memiliki kesempatan ke Kanada di musim dingin jangan lupa mampir ke Hotel De Glace, ya!

2. Machu Picchu, Peru: The Emperor's New Groove

demilked.com

Desa Pacha dalam animasi The Emperor's New Groove yang merupakan rumah liburan musim panas dari Kaisar Kuzco dikabarkan terinspirasi oleh Machu Picchu di Cusco,di Peru. 

Situs Inca misterius yang ditemukan 2.430 m (7.970 kaki) di pegunungan Peru ini dianggap sebagai kediaman kaisar Inca Pachacuti. Setelah Penaklukan Spanyol, situs tersebut tetap dilupakan dunia luar sampai ditemukan kembali pada tahun 1911.

3. Mont Saint-Michel, Normandia, Perancis: Tangled

demilked.com

Kerajaan Corona, yang merupakan kastil rumah orang tua Rapunzel di Tangled, tampaknya terlalu ajaib untuk menjadi nyata. Namun, menurut direktur seni Disney Laurent Ben-Mimoun, kerajaan di atas pulau di film animasi Tangled terinspirasi Mont Saint-Michel, sebuah kastil tepi laut di Normandia, Prancis.

Komune pulau yang unik ini secara berkala terputus dari daratan oleh air pasang. Ini membuatnya menjadi posisi yang mudah dipertahankan yang ideal untuk biara yang dibentengi. Berkat bangunanya yang unik dan mencolok membuatnya menjadi daya tarik yang populer bagi wisatawan. Dengan jembatan baru yang ditambahkan, wisatawan dapat dengan mudah mencapai pulau ini untuk mengikuti tur kastil. Tertarik mengunjunginya Bela?

4. Angel's Falls, Venezuela: Up

demilked.com

Ingat Paradise Fall yang menjadi tempat impian Carl Fredricksen dan istrinya di film animasi Up? Nyatanya tempat yang indah itu terinspirasi dari tempat ada di dunia nyata, yakni Angel's Falls, di Venezuela. 

Paradise Falls dalam Up terinspirasi oleh Angel Falls (juga dikenal sebagai Kerepakupai Vena dalam bahasa asli Pemon) di Venezuela. Dengan kejatuhan 979m Angel Falls adalah air terjun tertinggi di dunia. Airnya jatuh dari gunung yang disebut Auyantepui, yang merupakan salah satu dari beberapa gunung "tepui" di atas meja di Venezuela.

5. Neuschwanstein Castle, Bavaria, Jerman: Sleeping Beauty

demilked.com

Dirilis pada tahun 1959,  Sleeping Beauty menunjukkan kepada kita kisah Putri Aurora dan tiga ibu perinya yang diperintahkan untuk melindunginya dari Maleficent yang jahat. Dalam film tersebut, kita diperlihatkan istana Raja dan Ratu yang sebenarnya terinspirasi oleh Neuschwanstein di Bavaria, Jerman.

Neuschwanstein Castle di Bavaria, Jerman ini adalah kastil yang dibangun oleh Ludwig II dari Bavaria pada tahun 1892 sebagai tempat peristirahatan pribadi dan penghormatan kepada Richard Wagner, komposer favoritnya. 

Setelah Walt Disney mengunjungi kastil itu sendiri, dia tahu dia perlu membuatnya kembali dengan gaya animasi. Dan itu dia lakukan di dalam film Sleeping Beauty. 

6. Alsace, Prancis: Beauty And The Beast

demilked.com

Sebelum terperangkap di dalam kastil Beast ketika menyelamatkan ayahnya, Belle tinggal disebuah desa yang sangat indah. Alun-alun desa kecil di Beauty And The Beast ini terinspirasi oleh Alsace, wilayah yang indah di Perancis Barat Laut. 

Memiliki nuansa desa kecil yang indah dengan jalan-jalan berbatu dan berkelok di antara rumah-rumah kayu beraneka ragam warna. Hampir di sepanjang jalannya dihiasi oleh aneka bunga warna-warni yang semakin mempercantik pemandangan desa-desa yang ada di wilayah Alsace, Prancis.

7. Eilean Donan Castle, Scotlandia, Inggris: Brave

demilked.com

Dilengkapi dengan vegetasi hijau yang subur dan batu yang megah, Kastil Eilean Donan abad ke-13, yang terletak di antara Dataran Tinggi Skotlandia dan Loch Duich, tampak seperti negeri dongeng dan itulah sebabnya kastil ini menjadi inspirasi model yang sempurna untuk Kastil DunBroch dalam film animasi Brave, rumah bagi Putri berambut merah, Putri Merida. 

Bahkan ada kabar yang keluar bahwa meja besar yang menjadi tempat perjamuan raja muda bersama keluarganya didasarkan pada yang ditemukan di Aula Perjamuan di Eilean Donan, lho Bela.

8. Forbidden City, Beijing, Tiongkok: Mulan

demilked.com

Rumah Kaisar dalam animasi Mulan terinspirasi dari Kota Terlarang di Beijing, Tiongkok. Meskipun sekarang terbuka untuk turis, dulunya lokasi itu adalah  rumah bagi kaisar dari dinasti Ming dan Qing. Istana yang luas itu dianggap "Terlarang" karena itu adalah kediaman kaisar, dan tidak ada yang bisa masuk atau keluar tanpa izinnya.

Sekarang pengunjung dapat melihat lebih karya seni yang usianya lebih dari 5.000 tahun dan artefak kuno Tiongkok lainnya di dalam banguan yang saat ini berfungsi sebagai museum.

9. Chateau De Chillon, Danau Jenewa, Swiss: The Little Mermaid

demilked.com

The Little Mermaid muncul di layar hampir 30 tahun yang lalu. Saat itulah kita diperkenalkan dengan Putri Ariel yang mandiri. Saat Ariel membawa pangeran Eric ke pantai, kita diperlihatkan kastil yang menakjubkan di atas air. Tampaknya hampir terlalu bagus untuk menjadi kenyataan tetapi ternyata tidak, Bela

Kamu benar-benar dapat melihat kastil ini di Danau Jenewa, Swiss bernama Chateau De Chillon. Kastil ini sangat dekat dengan air sehingga menjadi lokasi yang cocok untuk animasi The Little Mermaid. 

Bahkan ada pantai pribadi yang bisa kamu sewa untuk acara pernikahan impian, kemudian berlayar menuju matahari terbenam ala Ariel dan Eric dari The Little Mermaid.

10. Taj Mahal, India: Aladdin

demilked.com

Kamu pasti sedikit familiar dengan bangunan yang memiliki kubah mewah yang menjadi Istana Sultan di film animasi Aladdin. Dalam dunia mitos Agrabah, Sultan tinggal di sebuah istana yang terlihat sangat mirip dengan Taj Mahal India. Menurut Popsugar, istana itu memang terinspirasi oleh Taj Mahal.

Dianggap oleh banyak orang sebagai istana, Taj Mahal sebenarnya adalah makam megah yang mulai dibangun Kaisar Shah Jahan pada tahun 1632 untuk istri kesayangannya, Mumtaz Mahal. Makam ikonik ini terbungkus marmer putih dan dikelilingi oleh taman yang rimbun.

11. Louisiana Bayous, Amerika Serikat: The Princess And The Frog

demilked.com

The Princess and the Frog adalah film yang berlangsung di New Orleans, Louisiana. Berkisah tentang mimpi Putri Tiana untuk untuk membuka restoran sendiri untuk membuat keluarganya bangga. Namun, di tengah perjalanan ia harus bertemu dengan seorang pangeran yang dikutuk menjadi katak. Di dalam film kita disuguhkan jalan-jalan yang ramai dan tanah rawa di New Orleans. 

Bayou New Orleans dari Princess And The Frog terinspirasi oleh danau rawa kehidupan nyata, rawa-rawa dan sungai yang bergerak lambat yang menjadi ciri negara bagian Louisiana. Bayous adalah rumah bagi makhluk rawa seperti buaya, lele, dan kura-kura, yang telah mengilhami kisah menyeramkan tentang binatang rawa gaib yang rakus.

12. U-Drop Inn, Shamrock, Texas: Cars

demilked.com

Ramone's House of Body Art adalah toko body dan cat custom, yang terletak di Radiator Springs, yang dioperasikan oleh Ramone yang kehilangan daya tarik Radiator Springs hilang dari peta. Dan,tempat pemberhentian pertama Lightning McQueen ini terinspirasi dari U-Drop Inn di Shamrock, Texas. 

U - Drop Inn, juga dikenal sebagai Tower Station dan U-Drop Inn and Tower Café, dibangun pada tahun 1936 di Shamrock, Texas di sepanjang jalan raya Route 66 yang bersejarah di Wheeler County. Terinspirasi dari gambar paku yang tertancap di tanah, bangunan ini dirancang oleh JC Berry.

13. Angkor Wat, Angkor, Kamboja: Atlantis: The Lost Empire

demilked.com

Kota Atlantis di Atlantis: The Lost Empire terinspirasi oleh Angkor Wat di Angkor, Kamboja. Meskipun Atlantis didasarkan pada pulau legendaris Yunani yang tenggelam yang belum diketahui kebenarannya.

Angkor Wat dimulai sebagai candi Hindu dan kemudian diubah menjadi kompleks candi Buddha pada abad ke-12. Bagaimanapun, Angkor Wat adalah monumen keagamaan terbesar di dunia.

14. Segovia Castle, Spanyol: Snow White

demilked.com

Kastil ratu jahat dalam film animasi pertama Disney, Snow White dikatakan didasarkan pada benteng mengesankan di Segovia yang berbentuk seperti haluan kapal.

Dibangun pada awal abad ke-12, bangunan mencolok ini telah beralih fungsi seiring berjalannya waktu. Mulai menjadi istana kerajaan, penjara, perguruan tinggi, akademi militer, dan sekarang menjadi museum.

15. Big Ben, London, Inggris: Peter Pan

thedisneyblog.com & theconstructor.org

Big Ben London telah menjadi latar tempat di banyak film dan pertunjukan. Bangunan yang satu ini menjadi salah satu bangunan ikonik dan berharga di London setelah dibangun pada tahun 1859. Bertahun-tahun kemudian pada tahun 1953, Disney menciptakan Peter Pan menjadi sebuah film animasi.

Seorang bocah lelaki yang bisa terbang dan tidak pernah ingin tumbuh dewasa, dia mendapati dirinya berusaha menyelamatkan anak-anak lain dari tumbuh dewasa juga. Setelah mengajari teman-teman barunya cara terbang, mereka terbang ke seluruh London dan menuju Big Ben.

Demikianlah 15 tempat yang menjadi inspirasi atau menjadi latar dalam film animasi yang diproduksi oleh Walt Disney. Jika memiliki kesempatan, kamu paling ingin pergi ke mana, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel