Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tempat Wisata Hits di Magelang, Lengkap dengan Harga Tiket Masuknya

Wisata sejarah hingga wisata alam, lengkap!

Nabila Damaan

Pada era kolonial, kota Magelang dijuluki ”Tuin van Java” alias taman indah berapit gunung dan bukit. Karena punya lansekap alam yang indah, nggak heran banyak tempat wisata hits di Magelang.

Kalau kamu ke Magelang, tempat wisata pertama yang muncul di benakmu mungkin ialah Candi Borobudur. Namun, nyatanya Magelang punya banyak tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi.

Nah, di mana sajakah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika ke Magelang? Simak daftarnya di bawah ini, yuk!

1. Candi Borobudur

instagram.com/borobudurmeditation

Tempat wisata hits di Magelang yang lengkap dengan harga tiket masuk pertama, yakni Candi Borobudur. Sejak awal ditemukan, Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi paling populer di Magelang, Jawa Tengah. 

Kondisinya tetap terawat, sehingga masih berfungsi sebagai tempat ibadah, terutama saat Waisak. Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia, sehingga bukan hanya rumah ibadah bagi para penganut agama Buddha di Indonesia, melainkan dunia. 

Sejak pertengahan 2020, pengunjung sudah tidak diperbolehkan naik ke candi. Jadi, hanya bisa sampai pelataran atau halaman candi. Ketentuan ini mungkin akan berlaku seterusnya. Mengingat candi adalah tempat ibadah sekaligus cagar budaya yang harus dilestarikan. 

Alamat: Jl. Badrawati, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 15.00 WIB, tetapi setiap hari Senin pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke halaman candi. 

Harga Tiket: Rp50.000 dewasa & Rp25.000 anak-anak

2. Nepal van Java

instagram.com/nepalvanjava

Tempat wisata hits di Magelang selanjutnya, yaitu Nepal van Java. Sebuah desa kecil yang terkenal dengan rumah penuh warna di lereng berlatar pemandangan gunung Sumbing.

Nepal van Java tercetus karena letak pemukiman yang berundak-undak di kaki gunung layaknya pedesaan Namche Bazaar di Nepal yang berlokasi di Pegunungan Himalaya.

Berada pada ketinggian 1600 mdpl, menjadikan Dusun Butuh sebagai dusun tertinggi yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Selain berwisata di desa-desa, kamu juga bisa melewati jalur Nepal van Java sebagai jalur pendakian gunung Sumbing.

Alamat: Dusun Butuh, Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket: Desa Rp8.000 (belum termasuk parkir)

                       Pendakian Rp15.000 (belum termasuk parkir)

3. Silancur Highland

wisatakeyogyakarta.com

Tempat wisata yang menawarkan keindahan alam di Magelang salah satunya Silancur Highland. Sebuah taman indah yang berada di atas ketinggian 1.300 mdpl di lereng Gunung Sumbing.

Selain menikmati pesona alam pegunungan, di Silancur Highland menyediakan berbagai vila dan kamu juga bisa melakukan kemah bersama keluarga yang peralatannya bisa kamu sewa di tempat dengan harga yang variatif. Mulai dari Rp200 ribu hingga Rp400 ribu.

Kamu juga nggak perlu khawatir kelaparan karena di tempat wisata ini kamu dapat menemukan berbagai kafe dan resto, Bela. 

Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik,  Kab. Magelang, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, 05.00 – 23.00 WIB

Harga Tiket: Rp10.000 (sudah termasuk parkir motor)

4. Rafting di Sungai Elo

instagram.com/exploremagelang

Tempat wisata hits di Magelang yang lengkap dengan harga tiket masuk selanjutnya ialah wisata sungai Elo. Selain, pegunungan dan candi Magelang juga dikenal dengan wisata arum jeram.

Di wilayah Magelang banyak sekali spot wisata air yang menyajikan spot rafting, salah satunya di Sungai Elo Magelang. Sungai Elo merupakan anak sungai Progo dengan klasifikasi jeram kelas II dan III. Debit air di sungai Elo juga cukup stabil  di setiap musim, sehingga aman untuk kamu yang bahkan belum memiliki pengalaman rafting.

Alamat: Jurugan, Progowati, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang

Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp750.000/boat (maksimal 5 orang + 1 pemandu)

5. Mudal Kali Gumuk

instagram.com/mudalkaligumuk

Mudal Kali Gumuk menjadi tempat wisata hits di Magelang selanjutnya. Mudal Kali Gumuk sendiri adalah sebuah aliran sungai yang memiliki air yang jernih.

Kamu bisa bebas berenang menyusuri sungai yang dalamnya hanya berkisar 2 meter ini. Selain jernih dan cukup dangkal, aliran sungai juga cukup tenang sehingga aman untuk anak-anak.  

Alamat: Dusun Treko, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000 per orang (belum termasuk parkir)

6. Air Terjun Grenjengan Kembar

instagram.com/exploremagelang

Masih dengan spot wisata air, Magelang punya air terjun Grenjengan Kembar. Air terjun ini berada di antara dua curug yang bersebelahan, sehingga dinamai air terjun kembar. 

Air dari curug itu bersumber dari sungai Cebong yang mata airnya turun langsung dari Gunung Merbabu, lho. Udara di sekitarnya juga sangat sejuk karena letaknya berada pada ketinggian 1.000 mdpl.

Punya 2 tingkat, air terjun pertama memiliki ketinggian sekitar 12 meter, sedangkan yang di bawahnya memiliki ketinggian sekitar 18 meter, Bela. Kamu bisa merasakan kesegaran air terjun lewat kolam dangkal yang berada di bawah air terjun. 

Alamat: Dusun Citran, Desa Muneng, Warangan, Kec. Pakis, Kab. Magelang

Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp10.000 per orang (belum termasuk parkir)

7. Gereja Ayam

instagram.com/windatantojo

Para penonton AADC pasti nggak asing dengan bangunan yang menjadi salah satu latar dari bagian paling klimaks sepanjang film berlangsung ini. Yap, Gereja Ayam. Gereja Ayam menjadi salah satu tempat tujuan wisata hits di Magelang.

Selain bentuknya yang unik, Gereja Ayam yang letaknya nggak jauh dari Candi Borobudur ini juga menyuguhkan pemandangan kota Magelang yang bisa kamu nikmati di bagian atap gereja.

Di dalam bangunan terdapat sebuah dinding yang bernama Wall of Hope, tempat di mana pengunjung bisa menuliskan mimpi-mimpi mereka. 

Alamat: Bukit Rhema, Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah

Operasional: Setiap hari, 07.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp30.000 per orang termasuk voucher senilai Rp5.000

8. Air Terjun Kedung Kayang

instagram.com/ridwanonelis

Tempat wisata hits di Magelang yang lengkap dengan harga tiket masuk selanjutnya, yaitu Air Terjun Kedung Kayang. Salah satu air terjun tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Air terjun tersebut terletak di ketinggian sekitar 1200 mdpl.

Terdapat dua spot yang ditawarkan, yakni jalur menuju atas air terjun dan jalur menuju dasar air terjun. Kalau kamu memilih jalur atas kamu akan dibawa menikmati pemandangan gunung Gunung Merapi dan jurang panorama Air Terjun Kedung Kayang dari gardu pandang. 

Sedangkan untuk jalur dasar kamu akan dibawa melihat kemegahan air terjun Kedung Kayang dari jarak dekat. Perlu diketahui, pengunjung disarankan tidak pergi ke dasar saat musim hujan.

Alamat: Desa Wonolelo, Ngagrong, Wonolelo, Kec. Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Jam Operasional : Setiap hari, 07.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000 (belum termasuk parkir)

9. OHD Museum

instagram.com/bayuandh91

Bukan hanya alamnya yang indah, Magelang juga memiliki museum yang berisi koleksi karya seni kontemporer, yakni sekitar 2.000 lukisan, pahatan, instalasi, dan sebagainya, lho.

Tempat wisata di Magelang yang bernama OHD Museum ini adalah milik Oei Hong Dijen (OHD) yang dibangun untuk mengumpulkan karya-karya seni dari berbagai seniman. Di antaranya seperti Hendra Gunawan, Seodibio, Widayat, Affandi, S.Sudjojono, dan sebagainya.

Alamat: Jalan Jenggolo Nomor 14, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jam Operasional: 10.00-17.00 WIB

Harga Tiket: Rp50.000

10. Gunung Andong

instagram.com/id.pejalankaki

Tempat wisata hits di Magelang yang lengkap dengan harga tiket masuk terakhir, yakni Gunung Andong. Mendaki gunung kini menjadi kegiatan yang paling sering dilakukan oleh kalangan anak muda.

Salah satu gunung yang cukup mudah untuk didaki. Gunung Andong digemari para pendaki pemula karena jalurnya yang tidak terlalu terjal, dan waktu tempuh yang singkat, Bela. 

Alamat: di antara Desa Tlogorejo dan Desa Ngablak, Grabag, Magelang

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam 

Harga tiket: Rp5.000

Demikian 10 tempat wisata hits di Magelang lengkap dengan harga tiket masuk yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga ulasan di atas membantu, ya.

IDN Media Channels

Latest from Travel