Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tempat Wisata di Garut yang Lagi Hits, Lengkap dengan HTM!

Wajib masuk bucket list!

Nabila Damaan

Berencana akan berlibur ke Garut, Bela? 10 tempat wisata di Garut yang lagi hits, lengkap dengan harga tiket masuknya ini mungkin bisa menjadi referensi. 

Selain dikenal dengan dodol, Garut juga dikenal punya banyak tempat wisata alam yang indah, lho. Itulah mengapa Garut sampai punya julukan Swiss van Java.

Lantas di mana sajakah tempat wisata di Garut? Simak daftarnya di bawah ini, ya!

1. Situ Bagendit

instagram.com/garut_jarambah

Situ Bagendit adalah salah satu tempat wisata di Garut yang cukup populer, bukan hanya bagi warga Garut, melainkan juga bagi orang di luar kota Garut. Sebuah danau legendaris yang sangat luas, dan merupakan salah satu sumber untuk kehidupan masyarakat sekitar.

Kawasan wisata Situ Bagendit memiliki luas mencapai 2,8 hektar. Terbagi dalam enam zona, yaitu:

  1. Zona 1 untuk wisata publik,
  2. Zona 2 untuk kuliner,
  3. Zona 3 untuk green school,
  4. Zona 4 untuk komersial,
  5. Zona 5 untuk water sport, dan
  6. Zona 6 untuk masjid dan konservasi.

Alamat: Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB

HTM: Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak

2. Kawah Talaga Bodas

instagram.com/eloquent.ingenue

Tempat wisata di Garut yang lagi hits, lengkap dengan harga tiket masuk selanjutnya ada Kawah Talaga Bodas. Sebuah danau kawah belerang dengan airnya berwarna biru dengan gradasi putih susu. 

Suasana di Talaga Bodas sangatlah sejuk karena masih terdapat rimbun pepohonan, pun oleh pegunungan di sekitarnya. Di Talaga Bodas ini kamu bisa melihat penampakan gunung Sadahurip yang konon merupakan Piramida Purba.

Selain menikmati pemandangan kawah dan sekitar, kamu juga bisa berkunjung ke kolam rendam air hangat yang berada tidak jauh dari kawah. Bahkan, pemandangan dari kolam langsung berhadapan dengan kawahnya, lho.

Alamat: Galunggung, Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam Operasional:

  • Senin – Sabtu, 06.00 – 17.45 WIB
  • Minggu 06.00 – 16.00 WIB

HTM: Rp10.000 - Rp15.000

3. Darajat Pass

instagram.com/hoteldarajatpass

Garut terkenal dengan banyaknya kolam pemandian air panas, salah satu yang tempat wisata yang hits ialah Darajat Pass. Sebuah objek wisata pemandian air panas, taman air, rumah makan, Outbound & penginapan.

Darajat Pass menawarkan tempat wisata dengan nuansa pegunungan, lingkungan pertanian dengan keindahan panorama alam yang asri. Darajat Pass memiliki fasilitas pemandian air panas dengan berbagai kedalaman mulai dari 30 cm, 90 cm, 150 cm sampai 190 cm dan juga memiliki Taman Air Panas. 

Alamat: Puncak Darajat No.Km. 14, Karyamekar, Kec. Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

HTM: Rp30.000 - Rp35.000

4. Curug Jagapati

instagram.com/exploregarut

Curug Jagapati jadi tempat wisata hits di Garut selanjutnya. Curug Jagapati punya keunikan tersendiri, yakni undakan dan aliran air terjun yang berbentuk zig-zag, Bela. 

Tempat wisata ini cocok untuk para penjelajah alam yang suka tantangan. Untuk bisa sampai ke area air terjun, kamu perlu melakukan trekking selama 15 menit dari area parkir kendaraan.

Sesampainya di sana kamu akan disambut oleh air terjun yang terdiri dari 4 tingkatan dengan kolam di bawahnya. Disarankan untuk membawa perbekalan karena belum tersedianya warung di kawasan tersebut. 

Alamat: Neglasari, Kec. Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 06.00 – 17.00 WIB

HTM: Gratis

5. Gunung Papandayan

instagram.com/fajaragus17

Gunung Papandayan adalah salah satu tempat wisata yang hits di Garut. Sebuah gunung gunung api strato dengan ketinggian 2.665 mdpl ini terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

Ada dua jalur yang biasa digunakan untuk pendakian, yakni jalur Cisurupan dan kedua jalur Pangalengan. Jalur Cisurupan termasuk cukup mudah dilalui sehingga menjadi pilihan bagi para pendaki pemula karena relatif lebih aman.

Adapun spot wisata yang ada di Gunung Papandayan, yaitu kawah belerang, padang edelweis, hutan mati, milky way, kolam air panas dan lainnya.

Alamat: Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 – 18.00 WIB

HTM: Rp55.000 – Rp65.000 (tiket masuk+kemah, belum termasuk parkir)

6. Leuwi Jurig

instagram.com/onitograph

Tempat wisata hits di Garut selanjutnya, yaitu Leuwi Jurig. Mungkin namanya sedikit menyeramkan, namun berbeda dengan penampilannya. Sebuah sungai yang memiliki air jernih, bersih dan berwarna biru kehijauan ini diapit oleh dua tebing cadas raksasa.

Sungai ini mempunyai panjang kurang lebih 500 meter dengan kedalaman sekitar 1-2 meter. Perairannya yang juga tenang membuatnya cocok untuk berenang, tetapi kamu harus berhati-hati dengan bebatuan yang licin akibat lumut di pinggir sungai. 

Alamat: Kampung Rupit, Desa Bojong, Kec. Bungbulang, Kab. Garut, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 – 18.00 WIB

HTM: hanya bayar biaya parkir Rp3.000-Rp10.000

7. Lamping Cirorek

Wisata hutan pinus banyak ditemukan di Indonesia, begitu pula Lamping Cirorek yang di kawasan Gunung Karacak, Garut ini, Sebuah tempat wisata yang menawarkan kafe rumah pohon, wisata hutan pinus, tempat kemah, dan trek sepeda gunung yang cukup populer. 

Dataran tinggi yang berada di ketinggian 1221 mdpl ini sangat cocok untuk olahraga tersebut, dan di tempat ini kerap diadakan perlombaan sepeda gunung tingkat nasional, lho.

Selain itu, banyak spot-spot foto yang menawarkan panorama kota Garut lewat jembatan-jembatan kayu yang ada. Di sini wisatawan dapat menangkap keindahan perbukitan dan menikmati pemandangan Gunung Cikuray, Guntur dan Papandayan. 

Alamat: Cilawu, Kec. Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap hari, 09.00 – 21.00 WIB

HTM: Rp10.000

8. Leuwi Tonjong

instagram.com/nanafahreziaa

Garut punya banyak aliran sungai yang mempesona, Leuwi Tonjong salah satunya. Sebuah tempat wisata dengan aliran air sungai bersih yang diapit oleh dua tebing.

Leuwi Tonjong populer dengan lubuk dangkal yang semakin sempurna dengan adanya tebing batu. Tempat ini mempunyai suasana alami dengan pemandangan eksotis.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di sana, seperti berenang, melompat dari tebing batu, menyusuri aliran sungai dengan getek, atau hanya sekadar menikmati keindahan aliran sungai di lubuk dangkal. 

Alamat: Jayamukti, Cihurip, Garut, Jawa Barat

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

HTM: Rp10.000 – Rp15.000

9. Pantai Santolo

instagram.com/garut_jarambah

Garut bukan hanya dikenal dengan keindahan pegunungan dan hutannya, melainkan juga dengan pantai. Salah satu pantai yang cukup populer, yakni Pantai Santolo.

Air pantai sangatlah jernih memantulkan birunya langit, ditambah dengan pasir pantai yang putih cemerlang jadi daya tarik pantai Santolo. Suasana di pantai ini pun cukup asri dengan banyaknya pepohonan rindang.

Mercusuar di pantai Santolo juga salah satu yang ikonik. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan selain berenang, yaitu berlayar dengan perahu, naik wahana banana boat, ataupun sekadar jalan-jalan menunggu matahari tenggelam.

Alamat: Desa Pameungpeuk, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat, Indonesia

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

HTM: Rp5.000 (belum termasuk parkir)

10. Antapura De Djati

instagram.com/garutngider

Tempat wisata di Garut yang lagi hits terakhir adalah Antapura De Jadi. Sebuah tempat wisata Alam berkonsep agrikultur/pertanian dengan nuansa Ubud Bali.

Baru dibuka awal tahun 2022 lalu, destinasi wisata yang terletak di tengah hamparan sawah nan hijau ini memang mengusung tema back to agriculture. Terasering dengan tanaman padi yang ada di sini mengingatkanmu pada Ubud di Bali.

Selain itu juga terdapat beberapa cafe yang tawarkan menu dan kelezatannya, seperti Warung Djati, Cibiuk Resto, dan Aksen Coffee. 

Antapura De Djati tentu menyediakan banyak spot-spot foto yang jadi daya tarik wisatawan, seperti Kerucut Gantung, ayunan, dan lain-lain. Harga untuk berfoto di spot tersebut berkisar di antara Rp10.000 – Rp15.000 per wahana. 

Alamat: Jalan Raya Cibiuk, Kp Jati, Desa Cibiuk Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat.

Jam operasional: Setiap hari, 09.00 – 21.00 WIB

HTM: 

  • Senin–Jumat, Rp15.000 – Rp25.000
  • Sabtu–Minggu, Rp20.000 – Rp35.000

Demikianlah 10 tempat wisata di Garut yang lagi hits lengkap dengan harga tiket masuk yang bisa kamu kunjungi. Semoga bisa jadi referensimu, ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel