Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Jalan Paling Berbahaya yang Hanya Bisa Ditaklukkan Sopir Skill Dewa

Seberapa bahayanya, sih?

Nabila Damaan

Jalanan adalah satu akses yang paling vital dalam sebuah negara. Jalanan adalah sarana yang digunakan untuk melakukan perjalanan, dan sebagai sarana untuk mengkontribusikan kebutuhan-kebutuhan suatu tempat. Tentunya jalanan yang baik akan mempermudah terjadinya mobilitas di suatu tempat, bukan?

Kamu pernah nggak, melewati suatu jalan yang berbahaya? Baik dari segi kontur maupun kondisi lainnya? Apa yang akan terjadi jika kondisi jalan terlalu bahaya untuk dilewati? Tentu saja akan memperlambat mobilitas maupun menyebabkan berbagai kecelakaan yang bisa merenggut nyawa, kan? Dibutuhkan keberanian dan keterampilan yang mumpuni untuk melewati jalan-jalan tersebut. Melansir dari Wonderslist, kali ini Popbela akan merangkum 10 jalanan paling berbahaya yang hanya bisa ditaklukan supir dengan skill dewa. Penasaran? 

10. Jalan Raya Sichuan-Tibet, Tiongkok

tibettravelexpert.com

Urutan ke-10 jalanan paling berbahaya di dunia ini adalah Jalan Raya Nasional China, yang membentang sepanjang 5.476 kilometer dari Shanghai ke Zhangmu di perbatasan China-Nepal dan merupakan jalan raya terpanjang di Tiongkok. Mengapa Sichuan-Tibet Highway  bisa dikategorikan sebagai jalanan paling berbahaya? 

Pertama, karena Sichuan-Tibet Highway merupakan jalanan yang berada di pegunungan dengan kontur jalanan yang berliku, dan memiliki 48 tikungan tajam. Selain itu, tanah longsor, longsoran batu dan salju, serta cuaca yang buruk menjadi salah satu penyumbang korban kecelakaan terbanyak di jalan raya yang bisa membutuhkan kurang lebih 15 hari untuk sampai di ujung jalan tersebut. Untuk itu, hanya pengemudi dengan skill dewa saja yang bisa melewati jalanan tersebut dengan selamat. 

9. Jalan The Stelvio, Italia

taticflickr.com

Selanjutnya, datang dari negara yang dijuluki Lo Stivale (Sepatu Bot), Italia. The Stelvio Pass adalah jalanan dengan ketinggian 9045 kaki yang merupakan jalanan beraspal tertinggi kedua di pegunungan Alpen.

Kamu bisa lihat dari gambarnya yang berbentuk seperti coretan anak-anak yang berliku-liku dan hanya terhalang beton rendah ini sudah pasti bisa membuat orang yang melihatnya bergidik ngeri. Sedikit saja kamu salah memasuki kecepatan kendaraan di jalan zig-zag dengan sudut 60-180 derajat ini siap merenggut nyawa, lho.

8. Jalan Los Caracoles, Chili

staticflickr.com

Dijuluki jalanan paling menantang di dunia, Jalan Los Caracoles merupakan jalanan yang membentang dari Argentina sampai Chili yang melintasi pegunungan Andreas. Lintasan mencapai ketinggian 3.207m atau 10.521 kaki di atas permukaan laut. Jalanan paling menantang karena jalan ini memiliki banyak lereng curam dan tikungan tajam tanpa pagar pengaman. 

Dibutuhkan kesabaran dan keterampilan khusus untuk melewati jalanan ini apalagi ketika musim dingin. Salju akan dengan cepat menutup jalan. Terlebih dijuluki jalan paling menantang di dunia, jalanan ini dipelihara dengan sangat baik sehingga risiko terjadinya kecelakaan hampir kecil kemungkinannya. 

7. Jalan Skippers Canyon, Selandia Baru

arcpublishing.com

Terselip di barat daya Pulau Selatan, Selandia Baru, jalan Skippers Canyon menjadi jalanan paling menakutkan bagi pengendara. Kontur jalan yang berliku, sempit, berkerikil di permukaan tebing  yang terjal membuat pengemudi berpikir 2x kali untuk bisa melewati jalanan tersebut. Bahkan, diperlukan izin untuk melewati jalanan yang tidak beraspal hasil ukiran tangan penambang lebih dari 140 tahun yang lalu itu.

6. Jalan The Zoji, India

tourmyindia.com

Merupakan celah pegunungan Himalaya yang merupakan jalur yang menghubungkan  Lembah Kashmir di barat dengan lembah Dras dan Suru di timur lautnya dan lembah Indus di timur, India. Jalur ini berada pada ketinggian sekitar 3.528 meter di atas permukaan laut, dan merupakan jalur tertinggi kedua setelah Fotu La.

Jalan berkelok-kelok sepanjang 25,8 km dan sangat sempit sehingga mobil dan kendaraan berat sulit untuk bermanuver karena tanjakan dan lebar jalan yang sempit. Jalan ini menawarkan pengalaman yang menantang dan menguji keterampilan berkendara, nih.

5. Terowongan Guoliang, Tiongkok

hinadiscovery.com

Jalan paling berbahaya selanjutnya juga berasal dari negeri tirai bambu. Terowongan Guoliang adalah terowongan yang menghubungkan desa Guoliong dengan desa-desa di sekitarnya. Desa Guoliang terletak di Huixi, Provinsi Henan, Tiongkok. Huixi adalah wilayah pegunungan. Guoliang terletak di atas Gunung Taihang yang tingginya 1.700 meter di atas permukaan laut. 

For your information, terowongan ini dibuat oleh masyarakat pada tahun 1972 dengan menggunakan peralatan sederhana, lho, Bela. Pembuatan terowongan ini bertujuan untuk menghubungan desa-desa yang terletak Guoliang ke dunia luar, karena sebelumnya para penduduk harus menjejali tangga-tangga terjal di pegunungan demi menggapai desa luar.

Ada lebih dari 30 "jendela" dengan berbagai bentuk dan ukuran yang menghadap ke selokan yang digunakan oleh penduduk untuk menghilangkan puing-puing dari terowongan, tetapi sekarang berguna untuk menerangi jalan. Dibutuhkan fokus yang cukup untuk mengemudi di terowongan tersebut, karena julukannya sebagai jalan yang tidak mentolerir kesalahan.

4. Jalan Raya Karakoram, Antara Tiongkok dan Pakistan

media.npr.org

Dijuluki Jalan Raya Persahabatan oleh pemerintah yang membangunnya karena merupakan penghubungan perbatasan Negeri Tiongkok dengan Negara Pakistan yang melintasi penggunungan Karakoram. Jalan ini merupakan jalan internasional beraspal tertinggi di dunia. 

Kamu akan melintasi ngarai-ngarai yang spektakuler di sepanjang perjalanan. Dibangun pada tahun 1966-1986 dengan panjangnya 1300 km. Jalanan yang kabarnya menewaskan 900 pekerja saat pembangunan ini menjadi sangat berbahaya karena berada di ketinggian 4.693 meter dan rentan terhadap tanah longsor. 

Jangan mencoba jalan ini dengan mobil berperforma buruk. Jalan ini sangat berbahaya dan membutuhkan pengemudi yang dapat bertahan melawan beberapa medan yang paling tak kenal ampun di dunia. Berkendara dengan hati-hati karena ini adalah jalan pegunungan dengan tikungan tajam dan potensi jatuhan curam ratusan meter di sisi kiri dan gunung yang sangat tidak stabil dengan risiko tinggi batu jatuh, terutama saat hujan.

3. Jalan Raya James Dalton, Alaska

tripsavvy.com

Jalan Raya Dalton adalah jalan sepanjang 667 km di Alaska. Jalan yang bermula di Elliott Highway, utara Fairbanks, dan berakhir di Deadhorse dekat Samudra Arktik dan ladang minyak Teluk Prudhoe. Meskipun tidak terlihat berbahaya, namun kamu dapat menemukan banyak sekali lubang di jalanan tersebut, dan kamu akan terganggu oleh batu-batu kerikil yang berterbangan ditiup angin kencang.

Horornya lagi, sepanjang 386 km kamu tidak akan menemukan pom bensin, toilet umum, restoran, hotel hingga supermarket. Diperlukan persiapan yang sangat matang untuk bisa melewati jalan tersebut, ya, Bela.

2. Jalan Jalalabad–Kabul, Afghanistan

afghanislamicpress.com

Banyak jalan telah dijuluki "paling berbahaya", tetapi bentangan jalan raya sepanjang 65 kilometer dari Jalalabad ke Kabul ini memiliki lebih banyak klaim jalanan berbahaya, daripada kebanyakan jalan berbahaya. Bayangkan saja jalanan yang gersang melikuk-likuk berkombinasi dengan jalanan yang menanjak sepanjang 600 meter melalui ngarai Kabul, menakutkan lagi apabila adanya ancaman pemberontakan. Tak jarang, jalanan ini juga dilewati truk-truk bermuatan besar. Jangan coba-coba menyalip truk-truk tersebut jika ingin selamat sampai tujuan.

1. Jalan North Yungas, Bolivia

slate.com

Jalan ini dijuluki “Jalanan Kematian”, jalur tanah berkerikil ini mencakup bentangan 69 kilometer (43 mi) antara La Paz dan Coroico, di wilayah Yungas, Bolivia. Jalan ini legendaris karena bahayanya yang ekstrem. Berdasarkan rasio kematian per mil, rata-rata, 26 kendaraan anjlok setiap tahun, merenggut lebih dari 100 nyawa. Diperkirakan 200 hingga 300 orang pelancong yang melintasi jalan tersebut meninggal setiap tahunnya.

Hujan bisa membuat jalan becek dan licin seketika, dan kabut yang datang tiba-tiba bisa membuat pengendara mengurangi jarang pandang. Kondisi jalan sangat memprihatinkan dan membutuhkan nyali yang kuat untuk melewatinya. Nggak heran kalau North Yungas Road, di Bolivia menduduki nomor satu jalanan paling berbahaya di dunia. Apakah kamu ingin menguji adrenalin?


Itulah 10 jalanan yang paling berbahaya di dunia yang sudah Popbela rangkum untukmu. Dari 10 jalanan di atas yang mana menurutmu paling berbahaya?

IDN Media Channels

Latest from Travel