Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Negara Islam Ini Jadi Destinasi Wisata Terbaik di dunia

Harus banget kamu kunjungi!

Meidiana Aprilliani

Traveling memang jadi salah satu kegiatan menyenangkan untuk melepas penat sekaligus membuat kita mendapatkan wawasan baru tentang budaya dan keindahan suatu tempat yang belum kita ketahui sebelumnya. Sehingga, tidak heran jika di masa pandemi ini, kamu yang suka traveling pasti merindukan perjalanan tersebut. Mulai dari riuhnya bandara, mengantri loket imigrasi, berada di pesawat, hingga kebahagiaan saat tiba di tujuan.

Ngomong-ngomong soal traveling, deretan negara mayoritas muslim di bawah ini juga harus banget kamu kunjungi. Selain punya berbagai destinasi wisata yang indah dan menyenangkan, kamu juga bisa belajar banyak soal peradaban budaya Islam di sana.  

Penasaran? simak 9 negara islam yang wajib kamu kunjungi di bawah ini, yuk! 
 

1. Maroko

Handluggageonly.co.uk/

Punya tingkat populasi muslim 99%, Maroko adalah salah satu negara yang punya daya tarik terbesar di dunia. Bagaimana tidak, Maroko terkenal dengan gurun Sahara, gunung bersalju, dan pantainya yang indah. Paling menarik, tentu saja arsitekstur bangunan Islam kontemporer di sana yang sangat eksotis! 

Kalau berkunjung kesana, cobalah untuk datang ke kota Marrakesh and Fes untuk melihat peradaban Islam yang memesona. Duh, pantas saja ya, jika Maroko jadi negara favorit untuk syuting beberapa film besar seperti Mission Impossible 5, Troy, Game of Thrones, Napoleon, hingga Kingdom of Heaven. Tertarik ke Maroko, Bela? 
 

2. Kosovo

Theculturetrip.com

Baru merdeka sekitar 12 tahun lalu, salah satu negara baru di Eropa ini ternyata jadi destinasi negara Islam yang menarik untuk kamu kunjungi, lho!  

Ya, Kosovo adalah negara dengan populasi muslim sebesar 95,6% yang terkenal akan keramahan warganya. Banyak turis yang mengatakan bahwa mereka merasakan kehangatan dan rasa aman yang besar saat berkunjung ke Kosovo.  

Nah, kalau kesini, kamu harus coba untuk datang ke kota Prizen. Kota ini jadi kota yang pocket friendly karena terkenal dengan cafe dan bar-nya yang menjual dengan harga terjangkau. Kamu juga bisa menikmati suasana santai yang menenangkan bersama sinar matahari yang tidak terlalu terik di kota ini.  

3. Yordania

Handlugaggeonly.co.uk

Yordania adalah negara eksotis yang berbatasan dengan Arab Saudi, Irak, Suriah, dan Israel. Peradaban negara mayoritas muslim ini sudah dimulai ribuan tahun yang lalu yang mana membuatnya sebagai pusat sejarah kerajaan kuno.  

Saat berkunjung ke negara ini, kamu akan disuguhkan dengan berbagai hal menarik di dalamnya. Mulai dari berkunjung ke Laut Mati dan Laut Merah yang mendunia, berkunjung ke "kota batu" Petra yang eksotis, hingga datang ke wilayah perkotaan Amman untuk menikmati pusat perbelanjaan dan cafe modern disana.  

4. Maldives

Bussinestimes.com.sg

Maldives adalah negara dengan mayoritas muslim hingga 100% yang terkenal sebagai salah satu negara paling romantis di dunia. Banyak turis yang datang ke Maldives dengan satu tujuan yang sama. Ya, bulan madu! 

Salah kota paling populer di Maldives adalah Maladewa. Di sini, kamu bisa memilih untuk tinggal di berbagai resort indah yang langsung menghadap pantai yang dipenuhi terumbu karang yang indah. Keluar kamar, kamu bahkan bisa langsung ber-snorkeling ria! 

Tak hanya itu, Maladewa juga dikelilingi lebih dari 200 pulau indah yang bisa kamu jelajahi. Membayangkannya saja sudah terasa menyenangkan, ya! 

5. Turki

Swedishnomad.com

Setiap tahunnya, jutaan turis datang ke Turki untuk menikmati peradaban Islam di sini. Karena erat dengan perkembangan sejarah Islam, tak heran jika Turki banyak memiliki monumen bersejarah dengan arsiteksturnya yang eksotis.  

Jika kamu tertarik datang ke sini, berbagai kota yang jadi destinasi favorit para turis dari berbagai dunia ini bisa kamu kunjungi.  Mulai dari Cappadocia, Ephesus, Pammukkale, Antalya dan tentu saja, Istanbul! 

6. Pakistan

Brandsynario.com

Meski masih dibayang-bayangi perang, Pakistan juga bisa jadi salah satu destinasi wisata Islam dunia yang harus kamu kunjungi. Salah satu alasannya adalah karena penduduk di negara bagian Asian Selatan ini terkenal sangat ramah pada para turis yang ditemuinya. Bahkan, mereka bisa mengajakmu berkunjung ke rumah mereka untuk sekadar makan malam atau minum teh chai.  

Pakistan juga terkenal dengan padang pasirnya yang luas, gunung dan lembahnya, hingga pantai-pantai cantik yang sebagian bahkan belum tersentuh banyak orang. Untuk berkunjung ke Pakistan, kamu juga tak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena biaya hidup di sana tergolong cukup murah. Menarik, nih! 

7. Kazakhstan

Journalofnomads.com

Negara yang satu ini termasuk punya letak geografis yang unik. Sebagaian wilayahnya terletak di Asia Tengah dan sebagian lainnya terletak di Eropa Timur. Hal ini membuat negara pecahan Uni Soviet ini memiliki  budaya dan tradisi masyarakatnya yang terbagi menjadi dua jenis yang berbeda.  

Saat berkunjung ke Kazakhstan, kamu bisa mengunjungi Kok-Tobe Hill, sebuah destinasi wisata alam dengan pemandangan pegunungannya indah yang bisa kamu akses dengan menaiki kereta gantung. Saat musim dingin tiba, kamu juga wajib datang ke Medeu, Almaty yang berada di 1.691 meter diatas permukaan laut yang biasanya juga akan ramai dikunjungi turis untuk ber-skating ria.  

8. Arab Saudi

Timesofindia.indiatimes.com

Berbicara soal destinasi wisata Islam, maka tak akan lengkap tanpa membicarakan negara yang satu ini, ya! Ya, Arab Saudi khususnya kota Mekah dan Madinah adalah pusat peribadatan umat muslim untuk melakukan haji dan umroh.  

Setelah resmi menerbitkan visa turis untuk 49 negara, kini kamu bisa menikmati keindahan wisata di negara kaya minyak ini. Di sini, kamu bisa berkemah atau sekadar menikmati suasana Kawah  Al-Wahbah yang merupakan sebuah kawah vulkanis dengan kedalaman 820 kaki yang terletak di tengah padang pasir luas. Jika ingin menelusuri peradaban di sana, kamu juga bisa datang ke kota kuno Mada'in Saleh yang dipenuhi reruntuhan bangunan yang bersejarah. Mada'in Saleh bahkan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 2008 lalu, lho! 

9. Indonesia

vizts.com

Nggak usah jauh-jauh ke luar negeri, kamu bisa berswawisata budaya Islam di negeri sendiri, kok! Selain terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang mendunia seperti Bali hingga Raja Ampat, Indonesia juga punya berbagai destinasi wisata sejarah Islam yang wajib kamu kunjungi.  

Salah satunya adalah Masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Terletak di Jakarta, masjid ini terkenal dengan arsiteksturnya yang modern dan indah yang mana mampu menampung 200.000 jamaah. Ada pula masjid unik di Ternate yang dibangun diatas laut hingga punya pemandangan yang memesona,  yaitu Masjid Terapung Al-Munawar. Selain itu, ada pula destinasi wisata Islam lain seperti Istana Maimun, Masjid Agung Demak, hingga Masjid Raya Bandung. 

Sudah pernah berkunjung?  

IDN Media Channels

Latest from Travel