Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Destinasi Liburan Dekat Jakarta, Bernuansa Alam & Murah Meriah

Kata siapa, liburan harus pergi jauh ke luar pulau?

Mariana Politton

Momen liburan selalu berbicara mengenai destinasi tempat-tempat yang memberi pengalaman baru. Sayangnya, tidak sedikit penduduk Ibukota Jakarta yang menganggap bahwa destinasi tempat tersebut harus melibatkan perjalanan jauh hingga ke luar pulau.

Padahal, ada banyak destinasi liburan yang berada di dekat Ibukota Jakarta, lho. Itu artinya, para penduduk Jabodetabek tidak perlu mengeluarkan ongkos maupun biaya yang terbilang besar. Meski begitu, beda nasib untuk kamu yang berada di luar Pulau Jawa.

Still good news, Popbela sudah merangkum rekomendasi 6 destinasi liburan dekat Jakarta yang terbilang murah meriah. Pastinya dompet aman, hati pun senang!

Pegunungan dan Perkebunan

1. Taman Wisata Mekarsari

mekarsari.com

Lokasi: Cileungsi, Bogor 

Pemandangan alam yang asri dan jauh dari hingar-bingar perkotaan akan kamu alami di Taman Wisatara Mekarsari. Sesuai namanya, taman ini merupakan tempat agrowisata yang memelihara dan melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, taman ini diketahui melestarikan 1.400 jenis tanaman buah yang tumbuh di tanah seluas 254 ha. Kamu pun dapat menikmati perjalanan hayati ini sambil melakukan ragam kegiatan, seperti piknik, berkuda,hingga fruitwalk atau jalan pagi.

2. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

idntimes.com

Lokasi: Desa Karang Tengah, Bogor

Indonesia merupakan negara yang penuh dengan ragam pegunungan dan Gunung Pancar adalah salah satunya yang terbaik. Pasalnya, Gunug Pancar menonjolkan pemandangan deretan Pohon Pinus yang memukau. Tentu, ada ragam jenis tanaman lainnya di sini.

Di atas segalanya, suhu dingin khas Bogor akan membuatmu semakin nyaman untuk melakukan kegiatan yang disediakan. Sebut saja, camping, trekking, outbound, hingga menikmati api unggun di malam hari. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan

Penangkaran Hewan

3. Taman Safari Bogor

news.tamansafari.com

Lokasi: Desa Cibeureum, Bogor

Destinasi wisata Taman Safari Bogor sudah banyak dikenal sebagai tempat konservasi satwa yang cukup lengkap. Bayangkan saja, ada sekitar 2.500 koleksi satwa yang diketahui berasal dari hampir seluruh penjuru dunia dan kamu dapat melihatnya secara langsung.

Sesuai reputasinya, keunikan tempat wisata ini adalah kamu menyaksikan satwa dengan mengelilingi berbagai area lewat pengunaan mobil pribadi atau bus yang disediakan pihak pengelola. Selain itu, ada banyak kegiatan yang memungkinkan kontak fisik dengan para satwa secara aman, lho. Kamu pun bisa berfoto dengan binatang-binatang tertentu.

4. Penangkaran Rusa Cariu

ekabo.bogorkab.go.id

Lokasi: Desa Buanajaya, Bogor

Bercengkrama dengan rusa dapat terwujud apabila kamu mengunjungi destinasi wisata Penangkaran Rusa Cariu. Eits, maksudnya bukan berkomunikasi melainkan berinteraksi langsung yang melibatkan kontak fisik dengan rusa-rusa jinak di tempat ini.

Pengalaman ini akan turut didukung dengan panorama alam yang asri, indah, dan sangat hijau. Tidak ketinggalan, ada banyak spot foto menarik karena fasilitas publik yang tersedia dapat dikatakan menarik dan tentunya instagrammable. Bisa juga foto bareng rusa, ya!

Objek Wisata Air

5. Telaga Warna

id.wikipedia.org

Lokasi: Dieng, Jawa Tengah

Sesuai namanya, Telaga Warna merupakan destinasi wisata yang terkenal karena warna airnya yang sering berubah-ubah. Hal ini disebabkan kandungan sulfur yang cukup tinggi sehingga membuat pantulan sinar matahari memengaruhi perubahan warna air.

Eits, warna air bukanlah satu-satunya hal yang menonjol dari Telaga Warna ini, lho! Di sini, harmonisasi alam dengan udara yang sejuk dan bersih menjadi salah satu alasan utama yang memikat hati para pengunjung. Di tambah lagi, kamu pun bisa menikmati kabut putih dan pepohonan rindang yang terkesan mistis namun menyenangkan, kok!

6. Little Venice

id.m.wikipedia.org

Lokasi: Villa Estate Kota Bunga, Cianjur, Jawa Barat

Sebagai destinasi wisata replica dari Kota Venesia di Italia, Little Venice menghadirkan bangunan, kanal, jembatan, hingga pernak-pernik yang sengaja dibuat mirip. Tidak ketinggalan wahan perahu Mississipi serta Jembatan Merah yang sangat ikonik.

Lebih menariknya lagi, kamu dapat menikmati pemandangan bangunan khas dari beberapa negara di dunia, seperti Menara Eiffel Paris, Merlion Singapura, Kincir Angin Belanda, dan masih banyak lagi. Alhasil, dekat dari Jakarta tetapi serasa keliling dunia.

Jadi, liburan terbukti tidak harus pergi jauh-jauh hingga ke luar pulau, kan? Apabila kamu mendambakan opsi yang murah meriah, kamu cukup mempertimbangkan destinasi wisata dekat Jakarta yang murah tapi meriah. Hati senang, dompet pun aman!

IDN Media Channels

Latest from Travel