Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hilangkan Suntuk Saat Puasa, Ini 10 Tempat Ngabuburit Seru di Semarang

Mengisi waktu luang sembari menunggu waktu berbuka

Evelyn Anggraini

Tak terasa bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Menunggu waktu berbuka puasa terkadang menjadi momen yang membosankan, apalagi perut mulai keroncongan dan kerongkongan terasa haus. Untuk menyiasati hal tersebut, banyak orang melakukan berbagai aktivitas menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa, atau dikenal dengan istilah ngabuburit.

Kalau kamu sedang berlibur atau berada di Semarang, tidak ada salahnya ngabuburit dengan mengunjungi suatu tempat tertentu. Namun, kota satu ini rupanya memiliki beragam destinasi wisata. Daripada kebingungan, kali ini Popbela akan bagikan sederet informasi terkait 10 tempat ngabuburit seru di Semarang. Check this out, Bela!

1. Kawasan Kota Lama

instagram.com/ adi_mriza

Memiliki sebutan Outstadt, Kota Lama Semarang memiliki puluhan bangunan kuno yang masih kukuh berdiri. Tempat satu ini cocok buat kamu yang tertarik dengan sejarah, khususnya masa kolonialisme dahulu. Sudah ada sejak abad ke-17, kawasan ini bisa kamu jadikan sebagai destinasi seru sembari hunting foto keren.

Kamu bisa menyambangi tempat ini sembari melakukan quality time yang makin asyik. Tak perlu khawatir, tentunya terdapat restoran maupun kafe di sekitar kawasan Kota Lama Semarang. Murah dan enak!

2. Monumen Tugu Muda

brisik.id

Jalan-jalan sekaligus menikmati keindahan langit kota saat sore hari rasanya begitu menenangkan. Tempat yang memiliki monumen berbentuk menyerupai lilin ini berada di depan Lawang Sewu. Monumen tersebut dibangun sebagai simbol penghormatan perjuangan pahlawan yang telah gugur pada pertempuran selama lima hari di Semarang.

Soal kuliner, di sini juga ada sejumlah rumah makan hingga pedagang kaki lima yang siap menyediakan hidangan untuk mengisi perutmu.

3. Simpang Lima

shopback.co.id

Siapa yang tak kenal dengan taman kota yang populer satu ini? Yap, Simpang Lima jadi tempat berkumpulnya banyak orang saat malam hari. Tak hanya jadi tempat tongkrongan, kawasan ini memang cocok untuk dijadikan sebagai tempat ngabuburit. Di sini pun terdapat banyak kedai makanan dan kafe yang menyediakan hidangan khusus berbuka puasa.

4. Jalan Pandanaran

Angling Adhitya Purbaya/detikTravel

Tempat satu ini menjadi pusat perbelanjaan populer di Semarang. Aneka macam barang, pakaian, hingga sentra oleh-oleh bisa kamu dapatkan di Jalan Pandanaran. Tak luput dari itu, kamu juga bakal menemukan banyak warung hingga tempat makan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berbuka puasa. Jangan sampai kelewatan mencicipi kuliner khasnya, ya, Bela!

5. Lawang Sewu

heritage.kai.id

Lawang Sewu dulunya dibangun sebagai kantor pusat Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda. Bangunan era kolonial ini memang terkenal sebagai rumah berhantu dan lokasi syuting. Namun, pemerintah kota Semarang tetap berusaha menguba citra itu.

Kamu tetap bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan bersejarah ini yang indah. Selepas berkeliling, kamu dapat menikmati hidangan khusus berbuka puasa di beberapa warung makan di sekitar Lawang Sewu.

6. Kampung Pelangi

dailytravelpill.com

Pernahkah kamu mengunjungi suatu kampung yang memiliki keindahan mural warna-warni? Jika belum, cobalah menyambangi Kampung Pelangi. Di sini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan perpaduan warna ciamik di setiap bangunannya. Instagramable banget!

Tak hanya itu, kamu akan merasakan suasana asri seiring melihat anak-anak yang tengah asyik bermain. Kampung Pelangi juga memiliki warung makan dan kafe yang menyediakan menu berbuka puasa.

7. Semarang Night Carnival

wiranurmansyah.com

Semarang kerap kali mengadakan karnaval malam setiap tahunnya. Kalau kamu tengah ngabuburit di sini sambil menyaksikan paradenya, sudah pasti akan menjadi momen yang berkesan. Selain beragam parade, kamu juga disuguhkan dengan hiasan lampu-lampu yang berwarna-warni. Sehabis seru-seruan di Semarang Night Carnival, kamu dapat menikmati jajanan saat berbuka puasa yang tersedia di sepanjang jalan.

8. Pantai Marina

bob.kemenparekraf.go.id

Mau cari destinasi yang berbeda, Bela? Pantai Marina bisa menjadi salah satu pilihan kunjungan terbaik di Semarang. Sering dikunjungi wisatawan, para pengunjung akan dikenakan tiket masuk dengan harga sekitar Rp5.000. Pantai Marina menawarkan keindahan alam yang eksotis, terlebih kamu bisa menyaksikan sunset saat sore hari.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati beragam hidangan di beberapa warung makan sekitar pantai. Kapan lagi menyantap makanan sembari merasakan suasana yang menenangkan?

9. Kampung Batik Laweyan

liputan6.com

Jika kamu menyambangi Kawasan Kota Lama, tidak ada salahnya untuk kamu mengunjungi Kampung Batik Laweyan. Tempat ini terkenal sebagai pusat industri batik di Semarang. Batik-batik yang khas pun bisa kamu temukan di sini. Konon, kampung ini sudah dikenal sebagaii sentra industri batik di masa kolonial. Kedai makan hingga kafe dapat menjadi andalanmu saat berbuka puasa.

10. Umbul Sidomukti

travelingpin.com

Selain pantai, kamu bisa mencoba sebuah kolam renang alami ini di Semarang. Yap, Umbul Sidomukti menjadi tempat ngabuburit seru, apalagi melihat pemandangan perkotaan ketika matahari mulai terbenam. Di kawasan ini juga terdapat warung makan dan kafe sehingga kamu tak perlu khawatir untuk mencari makanan berbuka puasa.

Itulah 10 tempat ngabuburit seru yang bisa kamu kunjungi di Semarang. Sudah menentukan pilihanmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel