Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Terlalu Indah, 15 Desa ini Bagaikan di Negeri Dongeng 

Dongeng versi dunia nyata

Emillia Wardhani

Ada kawasan-kawasan di dunia ini, yang akan membuatmu terpesona akan keindahaannya. Jenis tempat dengan keindahan alam yang murni di samping rumah-rumah nyaman yang hampir sama seperti di negeri dongeng. Tempat itu diselimuti dengan suasana damai, sejuk dan tenang. Inilah 15 desa negeri dongeng yang akan membuatmu tidak ingin pulang ke rumah ketika kamu berhasil berlabuh ke daratannya. Simak, yuk!

1. Rothenburg, Jerman

brightside.me

Desa indah ini terletak di Rothenburg ob der Tauber, tepatnya di distrik Ansbach, Bayern, Jerman. Tercatat pada tahun 2006, tempat ini memiliki penduduk sebanyak 11.226 jiwa. Desa ini dikenal akan kelestarian bangunan penduduk lamanya bagi wisatawan dari seluruh dunia. Beberapa bagian wilayah Rothenburg juga dibebaskan dari kendaraan roda empat.

2. Santorini, Yunani

brightside.me

Pulau ini merupakan kelompok Kepulauan Cyclades dengan populasi sebanyak 13.600 jiwa, pada tahun 2001. Dikenal karena sektor pariwisata dan industri wine-nya, Santorini juga memiliki beberapa situs bersejarah yang dahulunya merupakan salah satu pusat peradaban yang penting bagi perkembangan umat manusia.

3. Colmar, Prancis

brightside.me

Colmar adalah sebuah desa kecil yang terletak di departemen Haut-Rhin. Lebih tepatnya di Prancis bagian timur dan sangat berdekatan dengan negara Jerman. Bangunan di Colmar yang penuh warna-warni, ditambah dengan sinar matahari pagi, akan membuatmu terpana ketika kamu berkunjung.

4. Cinque Terre, Italia

brightside.me

Cinque Terre adalah wilayah pesisir berbukit-bukit di Riviera Italia, yang merupakan bagian dari Liguria. Desa ini terletak di sebelah barat kota La Spezia dan terdiri dari lima desa lainnya, di antaranya: Monterosso al Mare, Vernazza, Corniglia, Manarola, dan Riomaggiore. Pemandangan pesisir pada desa ini sering kali menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara.

5. Penn, Skotlandia

brightside.me

Franklin County, Pennsylvania, Amerika Serikat, komunitas dari desa ini dinamai Skotlandia, rumah leluhur dari pemukim awal. Pada sensus 2010, tercatat populasi di wilayah ini hanya sebesar 1.395. Pemukiman desa yang tertutup tebing-tebing tinggi serta terletak di depan danau, membuat desa ini seakan-akan memberi kesan tenang dan damai dengan komunitasnya sendiri.

6. Shirakawa-go, Jepang

tsunagujapan.com

Shirakawa adalah nama sebuah desa yang terletak di Prefektur Gifu, Jepang. Desa ini sangat terkenal dengan adanya sebuah bagian desa kecil yang menjadi tempat berdirinya rumah-rumah tradisional Jepang yaitu gasshō-zukuri. Pemandangan paling indah hadir saat akhir tahun, yaitu ketika turunnya salju dan perayaan Natal.

7. Bibury, Inggris

brightside.me

Desa Bibury terletak di Gloucestrshire, provinsi South West England. Desa ini memiliki pemandangan indah khas Inggris dengan rumah pondok dan cottage batunya yang berasal dari abad ke-17. Jika kamu berwisata ke desa Bibury, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan deretan rumah batu dan pemandangan alamnya yang menawan.

8. Migdal, Greenland

brightside.me

Pada Januari 2020, Greenland memiliki 56.081 orang yang tinggal di sepanjang pantai dan banyak pulau. Di Greenland, ada dua jenis kawasan pemukiman yang dibedakan, yaitu illoqarfik untuk kota dan nunaqarfik untuk pemukiman. Migdal termasuk pada pemukiman yang menawarkan sejuta keindangan yang membekukan matamu.

9. Sintra, Portugal

brightside.me

Sintra merupakan tempat yang terletak di sebelah barat Portugal. Pusat bersejarah Vila de Sintra terkenal abad ke-19-nya dengan arsitektur romantisme-nya, perkebunan bersejarah dan villa, taman, serta istana kerajaan. Sehingga tidak heran jika tempat indah ini, diklasifikasi sebagai UNESCO World Heritage Site.

10. Kvivik, Kepulauan Faroe

brightside.me

Kvivik adalah sebuah desa di pantai barat dari Streymoy di Kepulauan Faroe, tepatnya di eponymous, kotamadya Kvívík. Desa Kvívík adalah salah satu pemukiman tertua. Rumah tertua di Kvívík yang masih ada saat ini dibangun pada abad ke-18. Kamu bisa menemukan keindahan yang terkandung dalam sejarah Kvivik kecil ini, saat berkeliling di sekitarnya.

11. Filzmoos, Austria

brightside.me

Filzmoos adalah sebuah desa di dalam distrik St.Johann im Pongau di negara bagian Salzburg, Austria. Penghasilan utamanya berasal dari pariwisata ski di musim dingin dan hiking di musim panas. Desa ini memiliki ketinggian sekitar 1 km di atas permukaan laut. Pemandangan terindah hadir saat matahari terbit di musim salju.

12. Portofino, Italia

brightside.me

Portofino adalah sebuah desa nelayan di Italia dan tujuan wisata yang dikenal akan pelabuhannya karena sering dikunjungi oleh selebriti dan artis. Portofino juga merupakan sebuah komunitas yang terletak di Genova, Riviera Italia.

13. Castellfollit de la Roca, Spanyol

brightside.me

Castellfollit de la Roca adalah sebuah komunitas pemukim di Comarca Garrotxa, Provinsi Girona, Catalonia, Spanyol. Desa ini dibatasi oleh pertemuan sungai-sungai Fluvià dan Toronell, dengan tebing basal menjulang tinggi. Keindahan alam di tengah-tengah pepohonan yang lebat, membuat wisatawan dari seluruh dunia tertarik mengunjunginya.

14. Wengen, Swiss

brightside.me

Inggris-Wengen adalah desa pegunungan di Bernese Oberland di Swiss tengah. Terletak di kanton Bern pada ketinggian 1.274 m di atas permukaan laut. Desa ini adalah bagian dari Jungfrauregion dan memiliki sekitar 1.300 penduduk sepanjang tahun. Namun, jumlah tersebut membesar menjadi 5.000 selama musim panas dan 10.000 di musim dingin, karena banyaknya pelancong yang berwisata di Desa Wangen.

15. Reine, Norwegia

brightside.me

Desa Reine adalah sebuah desa pemancingan indah di pusat administratif wilayah Moskenes di country Nordland, Norwegia. Desa ini terletak di pulau Moskenesøya di kepulauan Lofoten, di atas Lingkar Arktik, sekitar 300 kilometer barat daya kota Tromsø dan memiliki populasi hanya sekitar 307 orang.

Itulah 15 desa terindah bagaikan di negeri dongeng yang ada di beberapa bagian belahan dunia. Adakah yang ingin kamu tuju terlebih dahulu setelah pademi berakhir, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel