Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sebelum Berlibur ke Thailand, Ketahui 8 Hal Penting Ini!

Jangan lupa siapkan uang tunai

Cynthia Claudia

Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dengan beragam pilihan wisata yang populer, sekaligus kaya akan budaya. Selain pilihan wisata, kulinernya yang juga beragam, menjadi salah satu alasan utama mengapa Negeri Pagoda ini menjadi destinasi berlibur favorit.

Berlibur di luar negeri seperti Thailand memerlukan persiapan yang matang. Kamu perlu memerhatikan hal-hal penting yang berhubungan dengan budaya dan norma di negeri tersebut, untuk memastikan kamu menerima hormat dan wawasan baru.

Berikut ini telah Popbela rangkum seputar hal-hal penting yang perlu diketahui sebelum kamu berlibur ke Thailand.

1. Memilih penginapan yang tepat

youtube.com/BoyWilliam

Penginapan di Thailand dibanderol dengan biaya yang terjangkau, termasuk hotel bagus pun harganya masih tergolong murah. Namun, kamu bisa paling hemat banyak dengan menginap di hostel atau losmen.

Kamu bisa pakai aplikasi perusahaan travel untuk mencari losmen terbaik dengan harga yang terjangkau di Thailand.

2. Memilih transportasi yang tepat

renown-travel.com

Thailand menyediakan transportasi yang cukup beragam. Kamu disarankan untuk memilih yang tepat dan termurah.

Untuk perjalanan jarak dekat, kamu bisa naik tuk-tuk, menyewa sepeda motor, atau naik songtaew (truk pikap berwarna merah yang membawa beberapa penumpang sekaligus).

Untuk perjalanan jarak jauh, kamu bisa naik bus, minivan, kereta api, atau pesawat.

3. Memahami etika bertemu penduduk Thailand

Mad Monkey Hostel

Ketika bertemu penduduk setempat di Thailand, sapaannya adalah wai, yang artinya menundukkan kepala dengan hormat dengan kedua tangan disatukan di depan dada.

Hindari menjabat tangan kecuali orang lain yang memulai jabat tangan dahulu. Lepaskan sepatumu sebelum masuk ke rumah penduduk di Thailand, dan hindari mengarahkan telapak kakimu ke orang lain.

4. Berpakaian sopan

bloomberg.com

Perempuan dan pria Thailand biasanya terbiasa menghindari memakai pakaian yang cenderung terbuka. Terutama jika mengunjungi kuil, kamu wajib menggunakan pakaian tertutup minim yang menutupi bahu.

Namun, jika memang mengunjungi pantai, tidak masalah jika kamu ingin memakai baju renang.

5. Mayoritas warga Thailand beragama Buddha

youtube.com/tofuphotography

Menurut Lonely Planet, sekitar 95% penduduk Thailand beragama Buddha. Untuk menunjukkan rasa hormat yang pantas ketika mengunjungi kuil di Thailand, kamu sebaiknya melepaskan alas kaki sebelum masuk kuil dan memakai pakaian yang sopan.

Ada beberapa peraturan yang sebaiknya dipatuhi ketika mengunjungi kuil. Hindari mengarahkan telapak kaki Anda ke patung Buddha (atau biksu) mana pun, dan jangan menyentuh kepala patung Buddha.

Berikan jalan kepada para biksu dahulu saat berjalan di jalanan, dan jangan duduk di samping mereka ketika berada di transportasi umum. Juga seorang perempuan dilarang untuk menyentuh seorang biksu atau barang miliknya.

6. Menyiapkan uang tunai

Remitly Blog

Mata uang di Thailand adalah Baht Thailand. Ketika artikel ini ditulis, nilai tukarnya sekitar 1 THB untuk Rp438. Untuk menukarkan mata uang Thailand, kamu juga bisa mengunjungi money changer terdekat di bandara ketika kamu mengunjungi Thailand dengan pesawat. 

Namun jangan khawatir, juga banyak ATM di bandara dan sekitar kota sehingga kamu juga bisa tarik tunai Baht. 

7. Perhatikan cuaca di Thailand

Skift.com

Hal-hal yang peru diketahui selanjutnya sebelum berlibur ke Thailand adalah cuacanya. Musim hujan biasanya akan datang di bulan Juni -Oktober.

Hujan kemungkinan bisa lebat dan badai sering terjadi di Thailand bagian utara, tengah, dan barat daya. Jumlah pengunjung di tempat-tempat tertentu biasanya lebih sedikit di musim hujan, karena beberapa akomodasi banyak yang tutup. 

Kapal feri juga berhenti beroperasi untuk sementara waktu ketika musim hujan. Namun, ketika kamu mengunjungi Thailand di musim hujan, pastikan kamu menyiapkan jas hujan, payung, baju tebal.

8. Tidak mencampur makanan di restoran

Pixabay.com/Eak K.

Ketika kamu mencoba makanan Thailand, kamu akan menemukan seporsi makanan yang dibagi dari beberapa jenis. Masing-masing mangkuk atau piring akan terisi masakan dengan rempah-rempah yang berbeda, sekaligus semangkuk buah yang disajikan sebagai penutup.

Pastikan kamu tidak mencampurkan masakan-masakan tersebut menjadi satu dalam piring nasimu. Kita sebagai orang Indonesia mungkin terbiasa mencampurnya jadi satu dalam piring nasi, namun kebiasaan ini sebaiknya tidak dilakukan di Thailand.

Itulah deretan hal-hal penting yang perlu diketahui sebelum kamu berlibur ke Thailand, Bela. Jadi, kapan nih kamu mau ke Thailand? Apakah kamu sudah merencanakan liburanmu?

IDN Media Channels

Latest from Travel